TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

WNI Asal Semarang yang Tewas Tertembak di Texas Bukan Pekerja Migran

Disnaker siap bantu urus kepulangan jenazah ke Semarang

Neon box bertuliskan TEXAS (unsplash.com/Enrique Macias)

Semarang, IDN Times - Badan Perlindungan Pekerja Migran Indonesia (BP2MI) Jawa Tengah memastikan Novita Kurnia Putri, seorang WNI yang meninggal dunia akibat tertembak di rumahnya Texas Amerika Serikat, bukan seorang pekerja migran. 

Meski begitu, pihak BP2MI masih menelusuri status alamat Novita yang dikabarkan merupakan WNI asal Semarang. 

Baca Juga: WNI di Texas Tewas Usai Diberondong Peluru Nyasar 

1. BP2MI tunggu informasi lanjutan

Ilustrasi jenazah. (IDN Times/Mardya Shakti)

Rondi, Sub Koordinator Perlindungan dan Pemberdayaan BP3MI Jateng mengatakan masih menunggu kabar resmi dari Kementerian Luar Negeri (Kemenlu) dan Kementerian Tenaga Kerja (Kemenaker) mengenai apakah Novita benar-benar WNI yang beralamat di Semarang atau tidak. 

"Kemenlu dan Kemenaker belum ada informasi lanjutan. Itu kejadiannya kan di Texas. Nah, seperti apa statusnya kan belum jelas. Ini sedang kami cari alamat lengkapnya. Saya masih menelusuri," kata Rondi kepada IDN Times via telepon, Senin (10/10/2022).

2. Alamat Novita masih ditelusuri

(Ilustrasi ditembak) IDN Times/Sukma Shakti

Pihaknya saat ini sedang menelusuri alamat Novita di Semarang. Ketika dikonfirmasi ke Dinas Tenaga Kerja (Disnaker) Kota Semarang, katanya juga belum mengetahui secara pasti. 

"Disnaker kota juga belum tahu. Kalau alamatnya jelas kita akan meluncur ke situ. Sekarang informasi lebih lanjut sedang kita gali," terangnya. 

3. Novita bukan seorang pekerja migran

Ilustrasi - Sejumlah Tenaga Kerja Indonesia (TKI) dari Malaysia mengantre saat tiba di Bandara Internasional Kualanamu Kabupaten Deliserdang, Sumatera Utara, Kamis (9/4)(ANTARA FOTO/Septianda Perdana)

Lebih lanjut, pihaknya telah mengkroscek ulang data pekerja migran yang bekerja di Amerika Serikat.

Hasil sinkronisasi data yang ia lakukan, nama Novita yang meninggal karena tertembak di Texas tidak tercatat pada daftar Sisko BP2MI. 

"Hasil penelusuran kami bahwa Novita Kurnia Putri tidak tercatat pada Sisko-BP2MI. Sehingga patut diduga bukan sebagai Pekerja Migran Indonesia (PMI). Untuk informasi dari KJRI Houston yang bersangkutan bersuamikan WN Amerika," jelasnya. 

Baca Juga: Keluarga Proses Jenazah WNI Korban Penembakan di AS Pulang ke Semarang

Berita Terkini Lainnya