TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

Duh! 770 Berkas Pendaftar CPNS Solo Tak Pehuhi Syarat.

Total ada 9.127 pelamar

(Ilustrasi CPNS) setkab.go.id

Solo, IDN Times - Berdasarkan data dari Badan Kepegawaian, Pendidikan dan Pelatihan Daerah (BKPPD) Pemkot Solo, hingga akhir pendaftaran CPNS, Selasa (26/11) lalu tercatat 9.127 pelamar. Dari jumlah tersebut semanyak 770 pelamar dinyatakan tidak memenuhi syarat (TMS).

Baca Juga: Buruan Daftar! Formasi CPNS 2019 di Instansi ini Masih Sepi Peminat

1. Sebanyak 68 berkas pelamar masih berstatus ragu-ragu

IDN Times/Larasati Rey

Kabid Pengadaan Pemberhentian dan Informasi BKPPD Kota Solo, Lisino Soares mengatakan total pelamar yang mengisi formulir di Pemkot Solo sebanyak 9.322 pelamar, sedangkan hanya 9.127 pelamar yang merampungkan proses pendaftaran. Dari jumlah tersebut, sebanyak 8.289 berkas pelamar dinyatakan memenuhi syarat. Sedangkan 770 berkas pelamar saat ini dinyatakan tidak memenuhi syarat (TMS).

"Yang betul-betul melakukan pendaftaran ada 9.127
, memenuhi syarat ada 8.289, dan yang tidak memenuhi syarat ada 770. Sedangan masih dalam status ragu-ragu ada 68," ujarnya saat ditemui di kantor BKPPD Kota Solo, Rabu (27/11).

Lisino menjelaskan adanya 68 berkas yang dinyatakan masih ragu tersebut nantinya akan dirapatkan oleh tim seleksi. Berkas tersebut dinyatakan masih ragu karena beberapa faktor diantaranya kualifikasi pendidikan dari universitas yang menyerupai, dan dokumen yang di unggah tidak jelas. Menurut Lisino, ke 68 berkas pelamar tersebut bisa masuk kualifikasi MS dan TMS.


"Adanya keraguan ini karena faktor ketidak cermatan pelamar, dimana dokumen kabur dan mempertibangkan faktor tersebut. Dan ada jurusan yang sangkut paut dengan formasi CPNS, seperti kita membutuhkan formasi D3 Keuangan, tapi ada pelamar yang mendaftar dari jurusan D3 keuangan dan perbankan, atau juga sebaliknya D3 perbankan dan keuangan. Dari sini kita lebih melihat soal kualifikasi pendidikan, kita lihat mata pelajaran mana yang lebih banyak di transkrip nilai, soal keuangan atau perbankan," jelas Lisino.

2. Berkas TMS masih punya kesempatan

IDN Times/Maulana

Lisino menambahkan akan kembali melakukan verifikasi ulang pada 770 berkas pelamar yang sebelumnya dinyatakan tidak memenuhi syarat atau TMS. Verifikasi ulang tersebut untuk mengkoreksi berkas yang kemungkinan adanya kesalahan human eror dari petugas.

"Berkas TMS yang sudah dieksekusi akan kami review lagi, review akan dilakukan setelah memutuskan 68 berkas pelamar yang maih ragu-ragu tadi, ada peluang TMS yang masuk MS," jelasnya.

Baca Juga: Pendaftar Membludak Pemkot Solo Tak Perpanjang Pendaftaran CPNS 2019

Berita Terkini Lainnya