TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

Permudah Sedekah, Gibran Luncurkan Kode Barcode ZIS

QRIS zakat, infak, sedekah

Peluncuran Solo Berzakat di Kantor Balaikota Solo, Jumat (25/03/2022). (Dok/Humas KPw BI Cabang Solo)

Surakarta, IDN Times - Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Kota Surakarta bersama Pemkot Surakarta dan Bank Indonesia Solo meluncurkam gerakan Solo Berzakat. Gerakan tersebut ditandai dengan peluncuran QRIS atau kode barcode pembayaran bersama.

QRIS tersebut nantinya akan memperbudah masyarakat untuk melakukan pembayaran zakat, infaq, dan sedekah (ZIS) secara non tunai.

Baca Juga: Tepis Isu Pernikahan Idayati dan Ketua MK, Gibran Siap Jadi Panitia

1. Ajak generasi muda berzakat.

Walikota Solo, Gibran Rakabuming. (IDN Times/Larasati Rey)

Gerakan Solo Berzakat diluncurkan secara langsung oleh Walikota Surakarta pada Jumat (25/03/2022) di kantor Balaikota Surakarta. Peluncuran ditandai dengan dengan simbolisasi pembayaran zakat melalui QRIS Baznas Kota Surakarta, bersama dengan Ketua Baznas Kota Surakarta, Kepala Perwakilan Bank Indonesia Solo, serta FORKOPIMDA.

Wali Kota Solo, Gibran Rakabuming Raka mengatakan kode barcode QRIS tersebut nantinya bisa diakses dimana saja, baik melalui kode barcode di setiap masjid atau melalui website Baznas. Tak hanya itu, peluncuran QRIS inj juga menyasar pada anak muda yang notabene sudah terbiasa menggunakan cashless sebagai alat pembayaran.

"Ini kan masih kick off habis ini nanti kita masifkan, kita harus belajar banyak dari Baznas Karanganyar itu kan capaiannya tinggi sekali dan itu kan juga dikembalikan ke warga masyarakat, dan harapannya ini partisipasi masyarakat dan anak-anak muda tentunya itu kan udah ada QRIS nya itu, moga-moga partisipasinya lebih tinggi," kata Gibran, saat ditemui di usai acara peluncuran Solo Berzakat, di Balaikota Solo, Jumat (25/03/2022).

2. Mencegah penyelewengan.

Peluncuran Solo Berzakat di Kantor Balaikota Solo, Jumat (25/03/2022). (Dok/Humas KPw BI Cabang Solo)

Lebih lanjut, Gibran mengatakan dengan diluncurkannya QRIS tersebut sekaligus mencegah tindak penyelewengan terhadap dana zakat, infak, san sedekah.

"Jadi biar lebih transparan dan kalau cash less ini kan apa-apa bisa kita telusuri, jadi lebih nyaman dan lebih mudah," jelas Gibran.

Zakat, Infaq, Sedekah (ZIS) dan dana sosial keagamaan lainnya juga memiliki peran besar dalam mengurangi dampak pandemi khususnya bagi masyarakat yang memiliki keterbatasan ekonomi. ZIS sebagai instrumen pendistribusian kesejahteraan umat merupakan salah satu potensi penggerak ekonomi yang dapat mendorong peningkatan kesejahteraan masyarakat.

Baca Juga: ASN Dilarang Bukber dan Open House, Gibran Siapkan Sanksi Tegas

Berita Terkini Lainnya