TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

Umrah Dibuka, Penerbangan ke Arab Saudi Hanya Dilayani 5 Bandara

Solo tidak dipilih jadi pusat penerbangan umrah

Ilustrasi jemaah umrah di Masjidil Haram, Makkah sebelum pandemik virus corona (IDN Times/Mela Hapsari)

Solo, IDN Times - Berdasarkan rapat Rancangan Keputusan Menteri Agama dalam penyelenggaraan umrah masa pandemi, bersama Kemenkes, Kemenhub, Kemenlu, BNPB, dan Imigrasi menyebut Kota Solo kini bukanlah kota yang dijadikan sebagai tempat penerbangan umrah langsung ke tanah suci.

Pemerintah RI hanya menunjuk lima bandara internasional untuk penerbangan langsung ke Arab Saudi. Yakni, Bandara Sukarno-Hatta Jakarta, Bandara Juanda Surabaya, Bandara Hasanudin Makassar, Bandara Kualanamu Medan, dan Bandara Ngurah Rai Bali.

Pembukaan kembali penerbangan umrah tersebut guna menyikapi atuaran baru Pemerintah Arab Saudi yang mulai membuka ibadah umrah bagi umat muslim di berbagai penjuru dunia secara terbatas, mulai Bulan Oktober tahun ini.

Baca Juga: Siap-siap, Saudi Umumkan Syarat-syarat bagi Calon Jemaah Umrah 

1. Patuh terhadap regulasi

Bandara Soekarno Hatta atau Soetta/ Dok. Angkasa Pura II

Menyikapi hal tersebut, Sekretaris Amphuri Jawa Tengah, Retno Anugerah Andriyani mengatakan akan mengikuti perkembangan dari pemerinta, terkait peraturan umrah terbaru dari Kementerian Agama maupun dari Kedutaan Arab Saudi.

Kendati demikian ia menyakini jika regulasi yang ditetapkan masih dalam tahap rancangan dan belum ada regulasi yang sudah disahkan.

"Apa pun nanti keputusaan dari pemegang regulasi, kami tunduk dan patuh, mengikuti, serta berharap umrah kembali normal seperti sebelumnya sehingga penerbangan bisa langsung dari Solo lagi," katanya, Senin (19/10/20).

2. Tak ingin kecewakan jamaah

Jemaah umrah Indonesia (Dok. Indonesia)

Lebih lanjut, wanita yang juga menjabat sebagai Direktur utama PT Hajar Aswad mengatakan tak ingin mengecewakan para calon jamaahnya. Ia memilih untuk menunggu keputusan yang pasti terkait penerbangan umrah.

Kami tidak mau memberi harapan pada para jamaah, tapi ternyata nanti ada perubahan lagi dan pasti itu akan membuat jamaah kecewa," jelasnya.

Baca Juga: Visa Umrah Disetop, Biro Travel Umrah di Solo Rugi Rp2 miliar Per Grup

Berita Terkini Lainnya