TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

Update Corona di Solo, Jumlah ODP Menjadi 2.795 Orang

Sebanyak 19 pasien PDP dalam perawatan

(Ilustrasi virus corona) IDN Times/Arief Rahmat

Solo, IDN Times - Selama ditetapkan sebagai status kejadian luar biasa (KLB) virus corona atau COVID-19, Dinas Kesehatan Kota (DKK) Solo mencatat hingga saat ini jumlah orang dalam pengawasan (ODP) mencapai 2.795 orang.

Baca Juga: RSUD di Solo Sukses Bikin APD Sendiri, Cuma Rp50 Ribu, Murah Banget!

1. Pasien gejala batuk dan flu dikatagorikan ODP

pixabay/nastya_gepp

Kepala DKK Solo, Siti Wahyuningsih mengatakan pasein berstatus ODP didapat setelah melakukan pemeriksaan di Puskesmas dan RSUD Solo, mereka yang tergolong memiliki penyakit batuk dan flu sudah dikategorikan sebagai pasien ODP.

“ODP kita 2.795 itu, jadi ODP itu orang batuk pilek, kemudian tidak ada sesak,” ujar wanita yang akrab disapa Ning tersebut, Senin (23/3).

2. Diminta untuk melakukan karantina mandiri

IDN Times / Larasati Rey

Kendati belum mendapatkam hasil test virus corona, namun DKK Solo meminta kepada pasien ODP untuk tetap tinggal di rumah atau melakukan karantina secara mandiri. Hal ini untuk bertujuan untuk melakukan pemutusan rantai penyebaran virus corona.

“Ya karantina mandiri Kalau rantai penularan kita putus, lebih cepat terkendali. Intinya sekarang kasus diobati, jangan sampai rantainya tambah panjang. Inti penanganan seperti itu sebetulnya,” ungkap ning.

Selain diwajibkan untuk karantina mandiri, pasien ODP tersebut juga diminta untuk lapor secara rutin tentang perkembangan kondisi kesehatannya.

Baca Juga: RSUD Dr Moewardi Solo Larang Pasien Dibesuk

Berita Terkini Lainnya