TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

Usai Teror Bom, Gibran Cek Lokasi G20 di Solo, Pengamanan Ketat

Polisi dalami motif pelaku yang menaruh benda diduga bom

Pelaksanaan TIIWG G20 di Kota Solo. (IDN Times/Larasati Rey)

Surakarta, IDN Times - Usai ditemukannya benda mencurigakan di trotoar pinggir Jalan Arifin, Kampung Baru, Pasar Kliwon, Solo, Wali Kota Surakarta, Gibran Rakabuming bertemu dengan Kapolresta Surakarta, Kombes Pol Ade Safri Simanjuntak. Mereka langsung meninjau lokasi utama event Trade Investment and Industry Working Group (TIIWG) G20 Presidensi Indonesia yang digelar di Alila Hotel Solo, Rabu (30/3/2022). 

Baca Juga: Benda Diduga Bom di Solo, Dikemas Plastik, Lengkap Ada Timer

1. Benda diduga bom tak memengaruhi acara G20

Pelaksanaan acara TIIWG G20 di Kota Solo. (IDN Times/Larasati Rey)

Saat ditanya mengenai kejadian tersebut, Gibran mengakui jika penemuan benda yang diduga bom tersebut cukup menggegerkan warga Solo. Namun, peristiwa tersebut tidak memengaruhi acara G20 yang tengah berlangsung. 

“Acara (G20) lancar semua, tenang saja ya, tetap on schedule (terjadwal) semua,” tegasnya usai pertemuan. 

Gibran juga meminta masyarakat untuk tidak panik dan takut dengan kejadian tersebut. 

“Untuk warga tidak usah takut, tenang saja, nggih (ya). Pengetatan pengamanan pasti, (semoga) semuanya lancar, kok,” ucapnya.

2. Pengamanan melibatkan TNI dan Pemkot Solo

Kapolresta Solo, Ade Safri Simanjuntak. (IDN Times/Larasati Rey)

Sementara itu, Kapolresta Solo, Kombes Pol Ade Safri Simanjuntak mengungkapkan, pertemuannya dengan Gibran berkaitan dengan beberapa kegiatan yang saat ini dilaksanakan di wilayahnya. Ia menegaskan, jika sejauh ini pelaksanaan event bertaraf internasional tersebut berjalan lancar, tertib aman, dan sehat.

Ade juga menegaskan, prosedur operasi standar (SOP) pengamanan maksimal dalam kegiatan G20 sudah dilakukan secara efektif oleh Polri bersama dengan TNI dan Pemerintah Kota (Pemkot) Solo. 

“Kita sudah lakukan setting personel pengamanan di semua spot yang menjadi tempat kegiatan para delegasi negara di event G20 (presidensi Indonesia),” tandasnya. 

Baca Juga: Ada G20 Presidensi di Solo, Polisi: Benda Diduga Bom Tidak Berbahaya

Berita Terkini Lainnya