Comscore Tracker

7 Titik Rawan Banjir Semarang Dipasang EWS, Waspada Bencana!

Sarpras mitigasi bencana disiapkan

Semarang, IDN Times - Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Semarang mewaspadai terjadinya potensi bencana saat memasuki musim penghujan. Pemantauan bencana dini dilakukan melalui pemasangan early warning system (EWS) di tujuh titik rawan banjir. 

1. EWS dipasang di sejumlah sungai di Semarang

7 Titik Rawan Banjir Semarang Dipasang EWS, Waspada Bencana!Karyawan membantu sejumlah penumpang menembus banjir untuk keluar dari Stasiun Tawang yang terendam banjir di Semarang, Jawa Tengah, Sabtu (6/2/2021). Akibat banjir setinggi hingga 70 cm tersebut, PT KAI (Persero) DAOP 4 Semarang mengalihkan sejumlah rute perjalanan kereta api (ANTARA FOTO/Aji Styawan)

Sekretaris BPBD Kota Semarang, Winarsono mengatakan, pihaknya telah memasang tujuh EWS yang sudah dilengkapi CCTV di sejumlah sungai yang ada di Ibu Kota Jawa Tengah. 

‘’EWS yang kami pasang sudah dilengkapi CCTV agar mudah pemantauannya. Adapun, kami pasang di sungai agar berfungsi untuk mendeteksi kemungkinan bencana banjir terutama yang akan terjadi di Daerah Aliran Sungai (DAS) di Kota Semarang,’’ ungkapnya saat dikonfirmasi, Senin (13/9/2021). 

Tujuh EWS itu tersebar di sejumlah lokasi seperti, ada dua EWS yang ditempatkan di Sungai Plumbon, tiga di Sungai Beringin, satu di Sungai Pengkol dan satu di Sungai Babon. Selain itu, EWS ini juga akan dipasang di Banjir Kanal Barat dan Banjir Kanal Timur.

Baca Juga: 4 Penyebab Banjir Melanda Semarang, Salah Satunya DAS Bringin Terkikis

2. EWS akan memantau debit air secara realtime

7 Titik Rawan Banjir Semarang Dipasang EWS, Waspada Bencana!Ilustrasi banjir di Jalan Pemuda Kota Semarang. Dok. MIK Semarang

Winarsono menuturkan, khusus di daerah longsor pihaknya juga memasang satu EWS bantuan dari BNPB di Kelurahan Sukorejo Gunungpati.

"Alat ini berfungsi untuk memantau debit air secara realtime. Harapannya, bisa segera mengambil langkah antisipasi sebelum banjir bandang tiba. Kami juga terus melakukan monitoring debit air secara realtime di DAS yang rawan seperti Sungai Plumbon dan Beringin," jelasnya.

3. Warga diminta membersihkan sungai dan saluran air

7 Titik Rawan Banjir Semarang Dipasang EWS, Waspada Bencana!Banjir di pemukiman Tlogo Timun Tlogosari Semarang. Dok. Twitter Radio Idola FM

Dalam mengantisipasi bencana banjir yang menjadi langganan di Kota Semarang, BPBD juga terus melakukan koordinasi dengan stakeholder terkait untuk meningkatkan kewaspadaan kebencanaan. Sedangkan untuk mengantisipasi bencana, warga bisa melakukan pembersihan sungai ataupun saluran air agar ketika hujan nanti bisa mengalir dengan lancar. 

"Sarana dan prasarana mitigasi bencana seperti perahu karet, genset dan dapur umum sudah kami siapkan. SDM serta logistik, bantuan untuk warga terdampak bencana juga disiapkan dengan baik," tandasnya.

Baca Juga: Kawasan Industri dan Perumahan di DAS Picu Banjir di Semarang 

Topic:

  • Bandot Arywono

Berita Terkini Lainnya