Ganjar Betah di Puri Gedeh Semarang Meski Ada Penampakan Makhluk Gaib

Istri Ganjar malah takut

Semarang, IDN Times - Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo mengaku tidak memiliki rumah pribadi di Kota Semarang. Sebagai orang nomor satu di Jateng, ia justru kerasan betah tinggal di rumah dinas Puri Gedeh, di Kawasan Candi Baru, Jalan Gajah Mungkur Semarang.

1. Puri Gedeh masuk bangunan cagar budaya

Ganjar Betah di Puri Gedeh Semarang Meski Ada Penampakan Makhluk GaibRumah Dinas Gubernur Jawa Tengah, Puri Gedeh di Semarang (Instagram.com/tukanggambarsolo)

Puri Gedeh menjadi salah satu bangunan peninggalan zaman kolonialisme Hindia Belanda yang ada di Semarang. Bangunan yang masuk daftar cagar budaya di Kota Semarang dengan nomor registrasi KB001850 di Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) itu menjadi rumah dinas Ganjar Pranowo

Puri Gedeh dibangun pada tahun 1925 pada masa penjajahan Belanda. Arsitek bangunan tersebut adalah T. TH Van Oyen sedangkan kontraktor sekaligus yang membangunnya adalah Liem Khoen Hwan (Liem Bwan Tjie). Nama keduanya,  ikut tertulis di salah satu sudut dinding di Puri Gede.

2. Puri Gedeh milik keluarga Liem

Ganjar Betah di Puri Gedeh Semarang Meski Ada Penampakan Makhluk GaibPuri Gedeh di Semarang saat zaman penjajahan Belanda (Dok. Prentenkabinet Leiden/ Geheugen van Nederland)

Luas lahan Puri Gedeh mencapai 400 meter persegi. Bangunan yang berada di sisi Barat Taman Gajah Mungkur itu  sebelumnya milik keluarga Liem. Lalu, Gubernur Jateng pertama yang tinggal di Puri Gedeh adalah Soepardjo Roestam dan diikuti oleh gubernur-gubernur selanjutnya, termasuk Ganjar Pranowo.

Liem merupakan arsitek asli Indonesia lulusan Sekolah Teknik Delft di Belanda. Ia juga pernah menempuh pendidikan di Ecole des Beaux Arts, sekolah seni dan arsitektur di Eropa. Ia menjadi salah satu pendiri Ikatan Arsitek Indonesia.

3. Makhluk gaib gak jahat

Ganjar Betah di Puri Gedeh Semarang Meski Ada Penampakan Makhluk GaibGubernur Jateng Ganjar Pranowo di rumah dinasnya Puri Gedeh Gajahmungkur Semarang. (IDN Times/Fariz Fardianto)

Meski menempati rumah bangunan tua, Ganjar merasa nyaman dan kerasan tinggal di Puri Gedeh. Ia tak menampik ada suasana mistis seperti penampakan mahkluk gaib di Puri Gedeh.

"Kata keponakan saya ada (penampakan). Jadi keponakan saya itu, Indigo. Jadi, kalau lihat (makhluk gaib) bilang, pakde-pakde yang di sana ada. Istri saya takut. Dia bilang, tapi gak jahat kok.  Bangunannya (ini) milik seorang Chinese kaya mungkin waktu itu. Terus kemudian ada, ini kayak rumah hadiah gitu. Arsiteknya orang Belanda, tempatnya juga bagus, saya senang, kerasan di rumah ini," kata Ganjar saat wawancara eksklusif dengan IDN Times di Puri Gedeh, Rabu (26/4/2023).

Baca Juga: Ada 8 Rumah dan Bangunan di LHKPN 2021, Ganjar: Cuma Punya Dua

Topik:

  • Dhana Kencana

Berita Terkini Lainnya