Comscore Tracker

4.960 Dosis Vaksin Tiba di Salatiga, Nakes Diminta Tidur yang Cukup

Wali Kota Salatiga dan sejumlah pejabat ikut divaksinasi

Salatiga, IDN Times - Kota Salatiga, Jawa Tengah menjadi satu dari 32 kabupaten/kota yang mendapat jatah vaksin Sinovac termin kedua. Dinas Kesehatan (Dinkes) Salatiga menyatakan terdapat 4.960 dosis vaksin buatan Tiongkok tersebut yang bakal diberikan untuk 2.480 tenaga kesehatan (nakes). 

"Saya minta bagi sasaran agar memperhatikan kondisinya untuk antisipasi Kejadian Ikutan Pasca Imunisasi atau KIPI," ujar Kepala Dinkes Salatiga, Siti Zuraida, Minggu (24/1/2021).

1. Dinkes Salatiga minta nakes untuk jaga kesehatan agar tetap fit

4.960 Dosis Vaksin Tiba di Salatiga, Nakes Diminta Tidur yang CukupInstagram.com/rumahsakitlapangan

Pihaknya pun mengingatkan kepada para nakes supaya bisa menyiapkan kondisi fisiknya yang prima. Sebab, vaksin Sinovac yang disuntikan bertujuan untuk menjaga menjaga kesehatan dan melindungi diri dari penularan COVID-19.

"Jangan ragu dan malam sebelumnya istirahat yang cukup. Stamina harus benar-benar fit," terangnya.

Baca Juga: Salatiga Zona Merah, Semua Kelurahan Telah Terpapar COVID-19

2. Pengiriman vaksin dijaga ketat polisi

4.960 Dosis Vaksin Tiba di Salatiga, Nakes Diminta Tidur yang CukupIDN Times/Helmi Shemi

Wali Kota Salatiga Yuliyanto, menyatakan proses pengiriman vaksin Sinovac ke daerahnya pada Sabtu (23/1/2021) dijaga ketat oleh aparat kepolisian.

Ia menyatakan proses vaksinasi sudah sesuai standar keamanan dari lembaga Emergency Use Authorization (EUA) dari Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM), serta sertifikasi halal yang dikeluarkan oleh Majelis Ulama Indonesia (MUI).

"Kedua lembaga tersebut telah mengkaji keamanan, serta kehalalan vaksin ini," tuturnya. 

3. Wali Kota Salatiga dan beberapa pejabat ikut divaksinasi

4.960 Dosis Vaksin Tiba di Salatiga, Nakes Diminta Tidur yang CukupWali Kota Salatiga saat bagikan masker usai upacara HUT RI Ke-75. Dok humas Pemkot Salatiga

Untuk proses vaksinasi sedianya dilakukan pada Senin (25/1/2021). Ia menyatakan siap disuntik bersama pejabat lingkungan Pemerintah Kota Salatiga. Pun demikian ia akan mendampingi nakes yang turut divaksinasi. 

Pihaknya menambahkan telah dilakukan simulasi untuk proses vaksinasi. Dalam simulasi itu, ditunjukkan proses pelaksanaan vaksinasi mulai dari pengawalan distribusi vaksin, penyimpanan vaksin hingga pemberian vaksin kepada warga masyarakat.

Baca Juga: Terbongkar! Klinik di Salatiga Patok Tarif Rapid Antigen Jutaan Rupiah

Topic:

  • Fariz Fardianto
  • Dhana Kencana

Berita Terkini Lainnya