Buka PKKMB Unnes, Ini Pesan Mendikbud Nadiem Makarim ke 10.359 Maba

Mahasiswa Unnes diajak ikut Kampus Merdeka

Semarang, IDN Times - Menteri Pendidikan Kebudayaan, Riset dan Teknologi (Mendikbud Ristek), Nadiem Anwar Makarim mengatakan bakal memberikan sikap kemerdekaan yang lebih luas bagi para mahasiswa Universitas Negeri Semarang (Unnes). 

Menurutnya kemerdekaan yang luas bisa diperoleh mahasiswa jika turut berpartisipasi dalam program Kamus Merdeka Belajar yang ia gulirkan selama ini.

"Kami berkomitmen memerdekakan pendidikan tinggi tidak akan membuahkan hasil tanpa partisipasi teman-teman dalam program Kampus Merdeka. Manfaatkan masa kuliah kalian untuk mengenal diri kalian, membangun jembatan untuk meraih mimpi, dan berkontribusi untuk negeri," kata Nadiem tatkala membuka kegiatan Pengenalan Kehidupan Kampus Mahasiswa Baru (PKKMB) 2021 di Unnes secara virtual, Rabu (18/8/2021).

1. Nadiem minta mahasiswa Unnes ikut terlibat di program Kampus Merdeka

Buka PKKMB Unnes, Ini Pesan Mendikbud Nadiem Makarim ke 10.359 MabaIDN Times/Ileny Rizky

Nadiem pun meminta seluruh mahasiswa termasuk di Unnes guna bersama-sama berkontribusi untuk kemajuan negeri melalui partisipasi aktif dalam program Kampus Merdeka. 

Lebih jauh, Nadiem menyatakan lewat serangkaian kegiatan Kampus Merdeka, maka setidaknya mampu memberikan kesempatan kepada seluruh mahasiswa Indonesia untuk belajar di luar prodinya.

Baca Juga: 21 Mahasiswa USM Lolos Merdeka Belajar Mendikbud

2. Nadiem: Jadi mahasiswa berarti kalian punya kemerdekaan yang luas

Buka PKKMB Unnes, Ini Pesan Mendikbud Nadiem Makarim ke 10.359 MabaKunjungan Kerja Mendikbud Nadiem Anwar Makarim ke Kota Palu, Sulawesi Tengah pada 4 November 2020 (Dok. BKHumas Kemendikbud)

Nadiem mengaku Kampus Merdeka memang dirancang untuk mengakomodir minat para mahasiswa agar punya kesempatan lebih luas memasuki sektor perekonomian yang beraneka ragam.

"Menjadi mahasiswa berarti kalian memiliki kemerdekaan yang lebih luas untuk menentukan arah masa depan," jelasnya.

3. Bamsoet minta mahasiswa Unnes cepat tanggap hadapi perkembangan zaman

Buka PKKMB Unnes, Ini Pesan Mendikbud Nadiem Makarim ke 10.359 MabaIDN Times/Marisa Safitri

Sedangkan, Ketua MPR Bambang Soesatyo menekankan kalau kehidupan kampus sangat berbeda dengan sektor lainnya. Di dalam kampus, setiap mahasiswa tak cuma butuh modal kemampuan kognitif dan keterampilan akademis. Melainkan juga butuh sebuah ketahanan mental. 

"Seorang mahasiswa mesti cepat dan tanggap dalam beradaptasi dengan perkembangan dinamika zaman yang pesat," ujar pria yang akrab disapa Bamsoet tersebut.

Ia berpendapat ajang PPKMB Unnes perlu dijadikan kegiatan untuk menguatkan nilai-nilai pancasila dan semangat kebhinekaan. Ia menaruh harapan pada Rektor Unnes supaya menjadi motor dalam mengimplementasikan nilai kebangsaan di tengah kehidupan generasi muda.

4. Ada sebanyak 10.359 maba Unnes ikut PKKMB empat hari

Buka PKKMB Unnes, Ini Pesan Mendikbud Nadiem Makarim ke 10.359 MabaRektor Unnes Prof Fathur Rokhman di Gedung Auditorium Unnes Sekaran Gunungpati. Dok Humas Unnes

Sementara itu, Rektor Unnes Prof Fathur Rokhman menuturkan total mahasiswa baru yang mengikuti PKKMB tahun ini sebanyak 10.359 orang. Jumlah tersebut terdiri dari Program S1, Diploma, Pascasarjana, dan program pertukaran mahasiswa asing.

PKKMB Unnes, katanya berlangsung mulai hari ini, Rabu (18/8/2021) hingga Sabtu (21/8/2021). Ia mengimbau kepada mahasiswanya supaya terus berkreasi dan saling berkolaborasi pada era kenormalan baru. 

Baca Juga: Daftar 15 Prodi Unnes yang Digandrungi Millennial saat Seleksi Mandiri

Topik:

  • Bandot Arywono

Berita Terkini Lainnya