Cegah Rel Tertimbun Longsor, Petugas KAI Menanam Akar Wangi

KAI Daop 4 gencarkan penanaman akar wangi

Semarang, IDN Times - Sebagai upaya dalam memitigasi longsor, PT Kereta Api Indonesia (Persero) Daerah Operasi 4 Semarang melaksanakan penanaman rumput akar wangi atau vetiver di sepanjang jalur kereta api yang memiliki potensi tanah longsor.

Baca Juga: 5 Fakta Menarik Akar Wangi, Bisa Cegah Erosi

1. Petugas tanam akar wangi seluas 1.380 meter persegi

Cegah Rel Tertimbun Longsor, Petugas KAI Menanam Akar WangiDua petugas KAI Daop 4 Semarang memanggul rumput akar wangi untuk selanjutnya ditanam di ruas jalur perlintasan kereta api yang rawan longsor di rel petak Kaliwungu. (IDN Times/Dok Humas KAI Daop 4 Semarang)

Manager Humas KAI Daop 4 Semarang Franoto Wibowo menyampaikan bahwa penanaman rumput akar wangi tersebut merupakan upaya KAI dalam penanganan longsor pada lereng dengan memanfaatkan tanaman. 

"Saat ini telah melakukan penanaman rumput akar wangi seluas 1.380 meter persegi atau sebanyak 450 polybag yang berlokasi di Kaliwungu dan Batang,” ungkapnya, Rabu (13/12/2023). 

2. Akar wangi dianggap manjur mengatasi erosi lereng

Cegah Rel Tertimbun Longsor, Petugas KAI Menanam Akar WangiTampak tiga petugas KAI Daop 4 Semarang bergantian menanam akar wangi di lokasi lereng tanah dengan kemiringan yang tajam. (IDN Times/Dok Humas Daop 4 Semarang)

Rumput akar wangi merupakan tanaman ekologis dengan sistem perakarannya yang unik. Tanaman ini memiliki akar serabut yang tumbuh lurus dan bukan menyamping seperti tumbuhan rumput pada umumnya.

Akar yang lurus berfungsi untuk stabilitas tanah sedangkan akar dengan susunan yang tebal dan rapat berfungsi untuk menyebarkan air, menahan sedimen dan sangat tahan terhadap bermacam-macam bahan kimiawi untuk rehabilitasi lahan.

Akar rumput akar wangi diperkirakan bisa menembus lapisan setebal 15 cm yang sangat keras dan di daerah lereng-lereng yang keras dan berbatu. 

Ujung-ujung akar vetiver mampu masuk dan menembus dan menjadi semacam jangkar yang kuat sehingga mempunyai kemampuan mencegah erosi lereng.

“Mempertimbangkan berbagai manfaat dari rumput akar wangi tersebut, pada awal musim penghujan ini merupakan momen tepat untuk KAI mulai bertanam, serta sebagai upaya dalam memitigasi bencana terutama bencana longsor pada musim penghujan,” bebernya. 

3. Tercatat ada 131 lokasi rawan longsor di tujuh daerah

Cegah Rel Tertimbun Longsor, Petugas KAI Menanam Akar WangiSejumlah warga bantaran rel kereta api bersama para petugas KAI Daop 4 Semarang saat menanam akar wangi di pinggir rel kereta api yang terdapat rendaman air. (IDN Times/Dok Humas KAI Daop 4 Semarang)

Pihaknya juga akan menanam 10.000 polybag rumput akar wangi yang akan disebar di sepanjang jalur kereta api yang memiliki potensi tanah longsor. 

Adapun daerah rawan longsor maupun daerah yang memiliki tebing tinggi yang berada di wilayah Daop 4 Semarang sebanyak 131 lokasi yang tersebar dari Tegal, Pemalang, Pekalongan, Batang, Semarang, Grobogan hingga Blora dengan program penanaman seluas 93.110 meter persegi.

4. Daop 4 juga bersihkan eceng gondok di jalur rel

Cegah Rel Tertimbun Longsor, Petugas KAI Menanam Akar WangiSejumlah warga bersama dua petugas KAI Daop 4 Semarang masuk ke dalam air sambil menanam akar wangi di pinggir rel kereta api. (IDN Times/Dok Humas KAI Daop 4 Semarang)

Selain penanaman rumput akar wangi, Daop 4 Semarang bersama pemda juga melaksanakan upaya penanganan musim hujan lainnya dengan pembersihan sampah dan normalisasi sungai dan saluran air dari endapan lumpur maupun gulma eceng gondok di sepanjang jalur kereta api.

“KAI terus proaktif berupaya dalam menyiapkan segala aspek khususnya dalam menghadapi musim hujan serta mengantisipasi longsor dan gangguan lainnya untuk terwujudnya kelancaran dan keselamatan perjalanan kereta api,” tutup Franoto.

Baca Juga: Cerita Kelompok Wanita Tani Anggrek di Semarang, Dari Hobi Jadi Bisnis

Topik:

  • Bandot Arywono

Berita Terkini Lainnya