Ganjar Pranowo Diminta Keluarkan Jurus Menangkan Debat Capres Kedua

Pengusaha transportasi dukung Ganjar-Mahfud 

Semarang, IDN Times - Calon presiden (capres) bernomor urut 3, Ganjar Pranowo diminta mematangkan strategi agar dapat menguasai maksimal materi debat capres tahap kedua.

Sebab, sejumlah relawan pendukung Ganjar-Mahfud yang tergabung dalam Masyarakat Transportasi (Matra) Jawa Tengah menilai penampilan Ganjar pada debat pertama menjadi modal yang penting untuk memenangkan pertarungan di bursa Pilpres 2024.

"Dengan adanya debat pertama beberapa waktu lalu, kami berharap saat ajang debat kedua sampai kelima, Pak Ganjar sebagai idola kami bisa menguasai materi debat dan memenangkan tahapan tersebut untuk memikat hati masyarakat Indonesia. Karena dari situlah akan jadi momentum rakyat Indonesia memilih Pak Ganjar sebagai presiden," ungkap Ketua Matra Jateng, Bambang Pranoto Purnomo, Minggu (17/12/2023). 

1. Ratusan ribu pengusaha transportasi putuskan dukung Ganjar-Mahfud

Ganjar Pranowo Diminta Keluarkan Jurus Menangkan Debat Capres KeduaKetua Relawan Masyarakat Transportasi (Matra) Jawa Tengah Bambang Pranoto bersama Yatmin selaku bendahara dan jajarannya saat konferensi pers untuk menyatakan soliditasnya mendukung pencapresan paslon Ganjar-Mahfud. (IDN Times/Fariz Fardianto)

Secara keseluruhan, pihaknya mengaku kemampuan Ganjar dalam memainkan peran saat debat capres relatif cukup mumpuni. Ganjar, menurutnya mampu menguasai keadaan dengan memberi jawaban yang tepat dan cerdas. 

Lebih lanjut, ia berkata kini ada 300.000 pengusaha transportasi darat dan pelaku usaha angkutan penumpang yang memutuskan mendukung penuh Ganjar-Mahfud pada kontestasi Pilpres. 

Keberadaan mereka tersebar di 35 kabupaten/kota dengan membentuk korwil masing-masing wilayah. "Para pengusaha transportasi yang mendukung pak ganjar ada 300.000 yang terdiri dari sektor angkutan barang dan angkutan penumpang," tuturnya. 

Baca Juga: Berani Lawan Pungli, Ganjar Pranowo Didukung Penuh Pengusaha Transportasi Jateng

2. Ganjar dianggap mampu menelurkan transportasi massal

Ganjar Pranowo Diminta Keluarkan Jurus Menangkan Debat Capres KeduaPeresmian Bus Rapid Trans koridor 7. (Dok/Humas Pemprov.jateng)

Diakuinya bila proses pemberian dukungan kepada Ganjar Pranowo tak mudah. Apalagi masing-masing pengusaha transportasi memiliki basis ideologi politik yang beragam. 

Namun, setelah melihat rekam jejak Ganjar yang mampu menelurkan program Bus Trans Jateng sebagai moda transportasi massal di Jawa Tengah, Bambang bilang hampir semua pengusaha transportasi bertekad mendukung pencapresan politikus PDIP tersebut. 

"Memang tidak mudah untuk menjatuhkan pilihan ke Pak Ganjar. Mengingat setiap pengusaha memiliki ideologi politik yang bermacam-macam. Tetapi dari rekam jejaknya sebagai Gubernur Jateng dua periode dengan menelurkan Bus Trans Jateng dan menjadi transportasi yang mempermudah akses warga, akhirnya hal itu yang bikin kita berikan dukungan moriil buat beliau," terangnya. 

3. Akan gencarkan bagikan cinderamata khas Ganjar-Mahfud

Ganjar Pranowo Diminta Keluarkan Jurus Menangkan Debat Capres KeduaBaliho sejumlah peserta Pemilu 2024 di Jalan AP Pettarani Makassar, Sulawesi Selatan, Rabu (29/11/2023). IDN Times/Dahrul Amri Lobubun

Mulai 1 Januari 2024 nanti pihaknya juga mulai bergerak secara masif untuk gencar menyosialisasikan visi misi Ganjar-Mahfud. Lokasi sekretariat Matra Jateng di Jalan Polaman Mijen Semarang akan beroperasi penuh sebagai basis utama untuk meraup kemenangan Ganjar-Mahfud di kawasan pinggiran. 

"Kami bagikan brosur brosur dan bagikan cinderamata berupa mangkok dan kaos Ganjar-Mahfud setiap hari. Kami buka full 1 Januari sampai tanggal 10 Februari 2024 hari terakhir berkampanye. Teman-teman 35 kabupaten kota juga melakukan hal yang sama bergantian setiap Sabtu dan Minggu. Akan bersosialisasi dengan masyarakat di dekat korwil Matra Jateng," cetusnya. 

4. Diharapkan Ganjar-Mahfud tidak salah ambil kebijakan

Ganjar Pranowo Diminta Keluarkan Jurus Menangkan Debat Capres KeduaGanjar Pranowo berkampanye di Kabupaten Bekasi, Jawa Barat, pada Kamis (14/12/2023) (IDN Times/Istimewa)

Terpisah, Suyatmin, Bendahara Matra Jateng. menganggap keputusan Ganjar-Mahfud yang kerap blusukan menjadi cara yang manjur untuk menyerap aspirasi masyarakat Indonesia. 

"Dengan adanya kegiatan Mas Ganjar yang sering turun ke bawah menyerap aspirasi mulai dari NTT dan Pak Mahfud di Aceh harapannya bisa merasakan keluhan masyarakat. Bila terpilih tidak salah untuk membuat keputusan nasional. Kami optimistis bahwa Ganjar akan menjadi pemenang dan pantas memimpin Negara Kesatuan Republik Indonesia," ujar Suyatmin. 

Baca Juga: Ganjar Pranowo Unggul Menurut Survei Roy Morgan

Topik:

  • Bandot Arywono

Berita Terkini Lainnya