Comscore Tracker

Gerilya UMKM usAHA di Jateng, Ngelarisi Dagangan PKL

Komunitas binaan Airlangga Hartarto

Semarang, IDN Times - UMKM usAHA sebuah komunitas UMKM yang dibina oleh Ketum Partai Golkar, Airlangga Hartanto mendatangi sejumlah daerah di Jateng dan Yogyakarta untuk meningkatkan perekonomian para PKL dan pedagang warung.

 

1. Sebanyak 830 UMKM sudah bergabung dengan komunitas binaan Airlangga Hartanto

Gerilya UMKM usAHA di Jateng, Ngelarisi Dagangan PKLSeorang pedagang memberi salam tinju kepada relawan Komunitas usAHA binaan Airlangga Hartanto. (Dok Komunitas usAHA)

Ongki Vernanda, Koordinator UMKM usAHA Kota Semarang mengaku ada lima daerah yang didatangi mulai Kota Semarang, Kabupaten Semarang, Salatiga, Kota Solo dan Yogyakarta. Di Kota Semarang Kota Semarang sudah ada 830 UMKM yang bergabung dengan pihaknya.

"Kita akan berhenti di satu titik berkumpulnya PKL, lalu memborong dagangannya untuk dibagikan secara gratis," ujarnya dalam keterangan kepada IDN Times, Rabu (12/1/2022).

Baca Juga: Golkar Usung Airlangga di Pilpres 2024 karena Jokowi Gak Nyalon Lagi

2. UMKM usAHA gelar aksi di dua lokasi Kota Semarang

Gerilya UMKM usAHA di Jateng, Ngelarisi Dagangan PKLPelaku UMKM terdampak wabah COVID-19 (ANTARA FOTO/Syaiful Arif)

Ongki menyebut apa yang ia lalukan adalah berusaha membangkitkan ekonomi PKL dengan menginisiasi gerakan usAHA Borong Usaha. 

Di Semarang, aksinya digelar di Taman Tirto Agung, Pedalangan serta depan Gedung GRIS, Jalan Demah, Pedurungan, Semarang. "Kita bantu sekaligus kampanye ayo belanja di warung-warung UMKM. Selain bermanfaat, warga juga bisa nyicipin gratis dagangan PKL. Siapa tahu kedepannya jadi langganan," jelasnya.

3. Warga anggap usAHA bisa tolong pedagang kecil

Gerilya UMKM usAHA di Jateng, Ngelarisi Dagangan PKLIDN Times/Helmi Shemi

Sementara itu, seorang warga bernama Bagus Utama mengaku dirinya sudah mendengar soal komunitas UMKM usAHA. Bagus mengatakan UMKM usAHA bermanfaat bagi pedagang kecil, terlebih di tengah situasi pandemik. 

"Ya ini bagus dan bermanfaat banget, karena bantu pedagang kecil. Terus masyarakat tahu kalau Pak Airlangga punya program khusus untuk meningkatkan UMKM. Di sisi lain, kan masih kondisi pandemik, jadi bisa menolong pedagang kecil," akunya.

Baca Juga: Kecam Ulah PDIP dan Golkar, Puluhan PRT Gembok Tubuhnya di DPRD Jateng

Topic:

  • Bandot Arywono

Berita Terkini Lainnya