Comscore Tracker

Jateng di Rumah Saja, Usulan Ganjar Tekan COVID-19, Kalian Setuju?

Kepingin selama dua hari Jawa Tengah sepi

Semarang, IDN Times - Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo menawarkan kepada warga untuk berdiam di rumah selama dua hari guna menekan penularan virus Corona. Ia bilang nantinya akan ada gerakan Jateng di Rumah Saja dengan memberlakukan aturannya setiap akhir pekan. 

1. Ganjar: Saya kepengin lihat Jateng sepi dua hari

Jateng di Rumah Saja, Usulan Ganjar Tekan COVID-19, Kalian Setuju?Wilayah Jawa Tengah (Google Map)

Menurutnya dengan berdiam diri di rumah, paling tidak bisa menyadarkan warganya supaya dapat menekan penularan virus tersebut. 

"Saya ingin mengusulkan, bisa tidak masyarakat menahan diri di rumah secara serentak. Namanya program Jateng di Rumah Saja," ungkapnya dalam keterangan yang didapat IDN Times, Senin (1/2/2021).

"Kebijakan ini sedang kita siapkan, syukur-syukur akhir pekan kita di rumah semuanya. Jadi, saya pengin melihat Jawa Tengah sepi, minimal dua hari saja," tambahnya. 

Baca Juga: Evaluasi PPKM, Kasus COVID-19 di Semarang, Jepara dan Solo Melonjak

2. Kalau warga dua hari di rumah diyakini bisa menekan kerumunan

Jateng di Rumah Saja, Usulan Ganjar Tekan COVID-19, Kalian Setuju?utahhome.me

Lebih lanjut, ia menganggap aturan tersebut layak dicoba mengingat peningkatan kasus COVID-19 selama tetap terjadi. Bahkan, akibat kasus ini, sudah banyak orang meninggal dunia, termasuk tenaga kesehatan, romo, kyai, tokoh agama dan tokoh masyarakat. 

Ganjar yakin gerakan Jateng di Rumah Saja bisa mengurangi mobilitas masyarakat di luar rumah. Ia juga telah memerintahkan kepada seluruh bupati dan wali kota untuk menindaklanjuti tawarannya.  

Walau demikian, teknis pelaksanaan gerakan tersebut bukan buat menakut-nakuti masyarakat. Melainkan untuk membangun kesadaran seluruh pihak. 

"Apakah kita tidak bisa membangun kesadaran itu. Kalau dua hari saja kita menjaga diri dan menahan diri untuk tidak keluar rumah, maka nanti dilihat efektif gak. Dengan cara itu, maka potensi terjadinya kerumunan pasti tidak terjadi. Juga aktivitas yang menimbulkan keramaian juga pasti tidak ada. Dengan cara itu, kita bisa menyetop penyebaran COVID-19," ujarnya. 

3. Sekda diminta sosialisasikan ke seluruh daerah

Jateng di Rumah Saja, Usulan Ganjar Tekan COVID-19, Kalian Setuju?Ilustrasi Work From Home (IDN Times/Arief Rahmat)

Ia mengatakan saat ini butuh persiapan dan kajian yang mendalam. Ia akan mengukur, apakah penerapan kebijakan itu bisa efektif. "Untuk kapan pelaksanannya, nanti akan kami rapatkan. Maka tadi saya minta pak sekda bicara dengan seluruh kabupaten kota untuk disosialisasikan," bebernya. 

Wakil Ketua DPRD Jateng, Sukirman menyambut program itu agar layak dicoba. "Ini terobosan bagus untuk penindakan tegas. Saya kira dua hari tidak keluar rumah itu langkah yang sangat bagus," katanya.

Baca Juga: 5 Cara Menghemat Budget Kuota Internet Bulanan saat WFH, Anti Boros! 

Topic:

  • Bandot Arywono

Berita Terkini Lainnya