Tinjau Gudang Bulog Cilacap, Jokowi Janjikan Beri Bansos Beras 3 Bulan

Jokowi kunjungi Cilacap

Cilacap, IDN Times - Presiden Joko "Jokowi" Widodo mengatakan, pada tahun 2024 akan ada penyaluran bantuan sosial (bansos) beras yang menggunakan alokasi anggaran APBN. Bansos beras diberikan mulai Februari 2024.

"Bantuan ini untuk periode Januari. Kalau nanti APBN mencukupi, bantuan untuk Februari, Maret, dan April 2024 akan berlanjut," kata Jokowi saat meninjau gudang Bulog Gumilir di Kabupaten Cilacap, Selasa (2/1/2024).

Baca Juga: 2 Hari Pencarian, Satu Anak yang Terseret Ombak Pantai Jetis Cilacap Ditemukan

1. Jokowi salurkan bansos berisi beras, gula, teh dan roti

Tinjau Gudang Bulog Cilacap, Jokowi Janjikan Beri Bansos Beras 3 BulanPj Gubernur Jateng Nana Sudjana mendampingi Jokowi di Cilacap. (IDN Times/Dok Humas Pemprov Jateng)

Selain mengecek stok beras yang ada di gudang, Jokowi juga menyapa dan berdialog dengan warga para penerima bantuan.

Bantuan cadangan pangan pemerintah berupa paket sembako berisi beras 10 kilogram, gula pasir, minyak goreng, teh, roti, dan bahan pangan lainnya.

2. Diberikan bagi 1.000 KPM

Tinjau Gudang Bulog Cilacap, Jokowi Janjikan Beri Bansos Beras 3 Bulanilustrasi Juru Bayar Pos Indonesia menyalurkan bansos dan bantuan sosial (bansos) sembako dan Program Keluarga Harapan (PKH) di daerah 3T (dok. Pos Indonesia)

Bantuan itu diberikan kepada sekitar 1.000 keluarga pemerima manfaat (KPM) dari berbagai kecamatan wilayah Cilacap.

Pj Gubernur Jawa Tengah, Nana Sudjana juga turut mendampingi Jokowi melakukan kunjungan kerja ke Kabupaten Cilacap.

3. Warga Gumilir juga diberi hadiah oleh Jokowi

Tinjau Gudang Bulog Cilacap, Jokowi Janjikan Beri Bansos Beras 3 BulanSeorang warga Gumilir saat berbincang dengan Presiden Jokowi. (IDN Times/Dok Humas Pemprov Jateng (

Menurut seorang warga Desa Gumilir, Rokhimah dirinya senang mendapat bantuan beras dan bahan pangan lainnya dari pemerintah.

Di samping memperoleh sembako, Rokhimah juga membawa pulang sepeda hadiah dari Jokowi karena bisa menghafal Pancasila.

"Saya sangat senang sampai tubuh gemeteran. Alhamdulillah dapat paket sembako dari pemerintah dan sepeda dari Pak Presiden Jokowi," ujar Rokhimah.

Ia berharap, bantuan paket sembako dari pemerintah terus berlanjut untuk membantu meringankan beban rumah tangga. Sebab, bagi warga tidak mampu, bantuan tersebut dinilai membantu untuk kebutuhan sehari-hari.

"Suami saya sehari-hari sebagai nelayan. Sekarang tidak berangkat melaut karena gelombang sedang tinggi. Jadi bantuan ini sangat membantu keluarga kami," ucapnya.

Baca Juga: Berisiko Picu Konflik, Kapolda Jateng Diperintahkan Kawal 5 Proyek Ini

Topik:

  • Dhana Kencana

Berita Terkini Lainnya