Tugas Nataru, Masinis dan Kondektur KA di Semarang Dites Narkoba

KAI pastikan para petugas bebas narkoba

Semarang, IDN Times - Para masinis dan kondektur kereta api yang bertugas di wilayah Daop 4 Semarang menjalani tes urine untuk mengantisipasi penggunaan narkoba selama perjalanan momen libur panjang Natal dan Tahun Baru 2024.

Selain masinis, para polsuska dan frontliner yang tergabung dalam awak sarana perkeretaapian juga turut dicek kesehatannya. 

Baca Juga: Mendekati Nataru 2023, Tiket KA Rute Semarang Sudah Terjual 40 Persen

1. Tes urine di tiga stasiun

Tugas Nataru, Masinis dan Kondektur KA di Semarang Dites NarkobaUji sampel, barang bukti yang dibawa positif narkoba. (IDN Times/Teri).

Informasi dari Daop 4 Semarang menyebutkan tes urine yang dijalani para masinis dan petugas lainnya dilakukan di tiga stasiun.

Masing-masing Stasiun Semarang Tawang, Stasiun Tegal dan Stasiun Cepu. Jumlah yang menjalani tes urine sebanyak 85 orang. 

2. Daop 4 kepengin pastikan petugas bebas narkoba

Tugas Nataru, Masinis dan Kondektur KA di Semarang Dites NarkobaSejumlah petugas saat menyaksikan tahapan tes urine. (IDN Times/Dok Humas Daop 4 Semarang)

Manager Humas KAI Daop 4 Semarang, Franoto Wibowo menyampaikan pemeriksaan kali ini jadi langkah untuk menunjukan komitmen melayani perjalanan Nataru dengan selamat, aman dan nyaman. 

"Daop 4 Semarang telah memastikan bahwa seluruh pegawai yang berdinas bebas dari narkoba, dalam kondisi prima, baik secara fisik maupun mental untuk mengantarkan seluruh pelanggan kereta api untuk berlibur," tuturnya, Jumat (22/12/2023). 

3. Juga berikan penyuluhan bahaya narkoba

Tugas Nataru, Masinis dan Kondektur KA di Semarang Dites NarkobaPara petugas KAI Daop 4 Semarang saat menunjukkan lokasi tes urine di salah satu stasiun besar. (IDN Times/Dok Humas Daop 4 Semarang)

Tak cuma itu saja, pihaknya pun selalu rutin menggelar medical check up (MCU) setiap tahunnya untuk mengetahui kondisi kesehatan dari seluruh petugas yang berdinas. 

"KAI Daop 4 Semarang berkomitmen untuk mewujudkan perjalanan KA yang aman dan liburan nyaman bagi para pelanggan. bahwa pegawai yang sedang berdinas betul-betul dalam kondisi sehat dan dalam performa terbaiknya untuk melayani pelanggan," ujar Franoto. 

Baca Juga: Pj Gubernur Jateng Ingatkan ASN Tak Boleh Hadir Kampanye, Acara Parpol

Topik:

  • Dhana Kencana

Berita Terkini Lainnya