Comscore Tracker

6 Anggota DPRD Solo Positif COVID-19 Meski Sudah Vaksinasi

Tiga diantaranya terpapar saat pelantikan Gibran-Teguh

Solo, IDN Times - Sebanyak enam anggota DPRD Kota Solo, Jawa Tengah terkonfirmasi positif COVID-19. Enam anggota DPRD Solo yang positif Covid tersebut merupakan anggota dewan Komisi III.

Tiga dari enam anggota dewan yang dinyatakan positif setelah menghadiri pelantikan Wali Kota dan Wakil Wali Kota Solo, Gibran Rakabuming Raka dan Teguh Prakosa, di Gedung DPRD Solo, Jumat (26/2/21) lalu. Sedangkan tiga anggota dewan lainnya sudah dinyatakan positif sebelum pelantikan.

Baca Juga: RS Darurat COVID-19 di Solo Resmi Beroperasi, Layani Vaksinasi Massal

1. Terpapar saat moment pelantikan Wali Kota dan Wakil Wali Kota

6 Anggota DPRD Solo Positif COVID-19 Meski Sudah VaksinasiPelantikan Wali Kota dam Wakil Wali Kota Solo di gedung paripurna DPRD Kota Solo. Istimewa

Menurut Ketua DPRD Kota Solo, Budi Prasetyo, tiga anggota dewan yang dinyatakan positif setelah menghadiri pelantikan tersebut, melakukan tes swab pada Sabtu (27/2/21) dan hasilnya baru keluar Senin (1/3/21).

"Tiga anggota dewan yang positif itu hasil tracing dari Pak Paulus (anggota DPRD-Paulus Haryoto) yang sebelumnya sudah positif Covid. Dari penelusuran tiga anggota dewan dan satu orang notulis Komisi III hasilnya positif," ucapnya, Selasa (3/3/21).

Tiga anggota DPRD yang dinyatakan positif setelah acara pelantikan tersebut adalah Janjang Sumaryono Aji, Roy Saputro, dan Suwanto. Dan satu staf Komisi III adalah Elvy Wahyu Purwaningrum. Sedangkan tiga anggota dewan yang terpapar Covid menjelang pelantikan adalah Suharsono, YF Sukasno dan Paulus Haryoto.

"Mereka sudah divaksin dosis pertama tanggal 23 Februari lalu kecuali Pak Kasno. Karena dinyatakan positif sebelum jadwal vaksinasi," jelasnya.

2. Anggota dewan sudah terima vaksin dosis pertama

6 Anggota DPRD Solo Positif COVID-19 Meski Sudah VaksinasiWali Kota Solo, Gibran Rakabuming Raka tinjau pelaksanaan vaksin. Istimewa

Budi mengatakan lima dari enam anggota DPRD yang positif COVID-19 tersebut sebelumnya sudah menerima vaksin dosis pertama.

Saat ini, anggota dewan yang dinyataka positif COVID-19 menjalani karantina mandiri di rumah. Sedangkan satu anggota dewan harus menjalani isolasi di rumah sakit karena bergejala.

"Selanjutnya anggota dewan melakukan tes swab massal di RSUD Bung Karno sudah ada yang mulai hari ini hingga Jumat (5/3/21)," jelas Budi.

3. Kantor DPRD disterilkan

6 Anggota DPRD Solo Positif COVID-19 Meski Sudah VaksinasiGedung paripurna DPRD Kota Solo. IDNTimes/Larasati Rey

Menindaklanjuti kasus tersebut saat ini ruangan Komisi III ditutup sementara. Selain itu beberapa ruangan di gedung DPRD juga akan disterilisasi.

"Semua anggota dewan yang pernah melakukan kontak erat dengan ketiga anggota dewam dan staf di komisi III masuk dalam tracing dan akan dilakukan swab," pungkasnya.

Baca Juga: Isi Pidato Gibran Saat Pelantikan Wali Kota Solo, Kebut Vaksinasi

Topic:

  • Larasati Rey
  • Bandot Arywono

Berita Terkini Lainnya