Comscore Tracker

Tertutup, Jenazah Ibunda Jokowi Dimakamkan di Samping Sang Suami

Gibran bawa foto Eyang Noto sepanjang jalan

Karanganyar, IDN Times - Prosesi pemakaman Ibunda Presiden Joko "Jokowi" Widodo, almarhumah Sujiatmi Notomiharjo berlangsung secara tertutup pada Kamis (26/3) pukul 13.00 WIB. Eyang Noto, sapaan akrab Sujiatmi, dimakamkan di kompleks pemakaman keluarga di Mundu, Selokaton, Gondangrejo, Karanganyar, Jawa Tengah.

1. Pemakaman mendapat pengawalan ketat TNI

Tertutup, Jenazah Ibunda Jokowi Dimakamkan di Samping Sang SuamiGibran Rakabuming Raka mengiringi jenazah Sujiatmi Notomiharjo. Dok. Humas Pemkot Solo

Jenazah almarhumah Sujiatmi Notomiharjo dimakamkan tepat disamping suaminya, almarhum Widjiatno Notomiharjo yang telah meninggal terlebih dulu.

Proses pemakaman sendiri digelar secara internal di dalam tenda putih yang telah disiapkan sebelumnya. Peti jenazah dibawa oleh pasukan protokoler paspampres, sejak keluar dari rumah duka hingga menuju ke lokasi pemakaman. Tidak ada upacara pemakaman kenegaraan disana.

Baca Juga: Karangan Bunga untuk Ibunda Jokowi Memenuhi Jalanan di Solo

2. Jumlah pelayat dibatasi 500 orang

Tertutup, Jenazah Ibunda Jokowi Dimakamkan di Samping Sang SuamiPresiden Jokowi tiba di lokasi pemakaman di Gondangrejo, Karanganyar. IDN Times/Larasati Rey

Untuk menjaga suasana tetap kondusif dan tidak ada kerumunan massa, jumlah pelayat di lokasi pemakaman keluarga dibatasi.

Hanya 500 orang yang diperbolehkan masuk, yaitu para pelayat dari pihak keluarga dan tamu undangan.

3. Para tamu disemprot cairan disinfektan

Tertutup, Jenazah Ibunda Jokowi Dimakamkan di Samping Sang SuamiProses pemberangkatan jenazah Sujiatmi Notomiharjo. Dok Humas Pemkot Solo

Standar pencegahan dan penyebaran virus corona (COVID-19) juga diterapkan di lokasi pemakaman. Seluruh tamu undangan dan keluarga diwajibkan melewati proses pemeriksaan. Mulai dari penyemprotan cairan disinfektan dan pemakaian masker.

Hal itu dilakukan mengingat Kota Solo menjadi salah satu zona merah pandemi COVID-19.

Untuk diketahui, Ibunda Presiden Jokowi, Sujiatmi Notomihardjo, meninggal dunia di Solo, Jawa Tengah pada Rabu, 25 Maret 2020, pukul 16.45 WIB, di usia 77 tahun. Sebelumnya almarhumah mendapat perawatan di Rumah Sakit TNI (RST) Tingkat III Slamet Riyadi, Surakarta, Jawa Tengah.

Sujiatmi memiliki 4 anak, 9 cucu, dan 4 cicit.

Baca Juga: Gibran Ungkapkan Kesedihan Ditinggal Sang Nenek Lewat Karikatur

Topic:

  • Larasati Rey
  • Dhana Kencana

Berita Terkini Lainnya