Antisipasi Virus Corona, RSUD Kudus Siapkan Ruang Isolasi Khusus

Lakukan simulasi untuk cek kesiapan

Kudus, IDN Times - Rumah sakit umum daerah (RSUD) dr. Loekmono Hadi Kabupaten Kudus menyiapkan ruang isolasi khusus pasien yang terpapar virus corona pada Sabtu (1/2). RSUD tersebut menjadi salah satu rumah sakit di Jawa Tengah dan Indonesia untuk menyediakan ruang tersebut.

Baca Juga: Hoax Virus Corona, Mahasiswa Cilacap Ceritakan Kondisi Sebenarnya

1. Siapkan ruang isolasi khusus bagi warga yang terpapar virus corona

Antisipasi Virus Corona, RSUD Kudus Siapkan Ruang Isolasi KhususIDN Times/Aji

Simulasi pun dilakukan dari pihak rumah sakit. Mulai dari kedatangan hingga perawatan di ruang tersebut.

Di ruang itu terdapat beberapa fasilitas penunjang untuk menangani virus tersebut. Di dalam ruang juga terdapat dua lapis pintu. Ini ketika ada masuk ke dalam ruang tenaga medis steril dan terhindari dari virus tersebut.

Selain itu juga, perawat dan dokter dilengkapi dengan penunjang alat pelindung diri. Mulai dari masker, kacamata, helm dan pakaian khusus.

2. Salah satu rumh sakit yang ditunjuk oleh Kementerian Kesehatan

Antisipasi Virus Corona, RSUD Kudus Siapkan Ruang Isolasi KhususNomor hotline untuk dihubungi soal virus Corona. (IDN Times/Arief Rahmat)

Direktur RSUD dr. Loekmono Hadi Kudus Abdul Aziz Azhyar mengatakan, rumah sakit ini merupakan satu dari 100 rumah sakit yang ditunjuk oleh Kementerian Kesehatan. RSUD ini diminta untuk antisipasi warga yang terpapar dengan virus corona.

"Mengingat kota Kudus juga merupakan kota industri banyak tenaga kerja yang berasal dari sejumlah negara termasuk dari China," kata dia kepada wartawan di Kudus.

Menurutnya, ruang isolasi ini untuk mengantisipasi warga yang terpapar virus corona. Di ruang isolasi itu juga telah disiapkan sebanyak dua tempat tidur bagi pasien.

3. Masyarakat diimbau selalu jaga dan cek kesehatan

Antisipasi Virus Corona, RSUD Kudus Siapkan Ruang Isolasi KhususGrafik Virus Corona (IDN Times/Arief Rahmat)

Menurutnya, ruang isolasi ini untuk mengantisipasi warga yang terpapar virus corona. Di ruang isolasi itu juga telah disiapkan sebanyak dua tempat tidur bagi pasien.

Oleh karenanya dia mengimbau kepada masyarakat untuk melakukan pengecekan diri jika mengalami gejala demam atau flu. Masyarakat pun diminta untuk segera memeriksa kesehatan.

Baca Juga: 7 Penyakit ini Gejalanya Sama dengan Virus Corona, Kenali Perbedaanya

Topik:

  • Bandot Arywono

Berita Terkini Lainnya