4.552 Pelari Pesta di Borobudur Marathon, Bangkitkan Wisata Olahraga

Warga sambut dan semangati para pelari

Magelang, IDN Times - Sebanyak 4.552 pelari dari berbagai wilayah di Indonesia berpesta dalam gelaran Borobudur Marathon Bank Jateng Tilik Candi, Minggu (13/11/2022). Mereka tidak hanya membangkitkan wisata olahraga tetapi juga melebur bersama warga untuk menikmati budaya lokal di Kabupaten Magelang, Jawa Tengah.

1. Pelari menempuh jarak 21.097 kilometer

4.552 Pelari Pesta di Borobudur Marathon, Bangkitkan Wisata OlahragaPara pelari mengikuti gelaran Borobudur Marathon 2022 di Kabupaten Magelang, Minggu (13/11/2022). (dok. Borobudur Marathon)

Kompetisi lari itu menempuh jarak 21.097 kilometer (km) atau setengah maraton. Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo melepas para pelari pukul 05.00 WIB di Taman Lumbini, Borobudur. Ganjar sendiri lantas bergabung dengan para pelari untuk menuntaskan setengah maraton.

Pelari pertama yang berhasil mencapai garis finis adalah Khairullah dengan catatan waktu 1 jam 18 menit 2 detik. Berikutnya menyusul Irwandi Fokatea dengan 1 jam 19 menit 29 detik dan Wartono dengan 1 jam 20 menit 23 detik. Mereka menempati tiga podium kategori putra.

Sementara di kategori putri, Ai Kusniati berhasil menjadi yang tercepat dengan catatan waktu 1 jam 30 menit 5 detik. Catatan waktu itu melampaui pemenang pertama Tilik Candi 2021, Chandra Dewi, yang menyelesaikan setengah maraton dalam waktu 1 jam 49 menit. 

“Saya menikmati berlari di Borobudur Marathon, rutenya menyenangkan dan steril dari kendaraan. Soal tanjakan atau turunan, saya sudah biasa karena saya berasal dari Pengalengan, daerah pegunungan, jadi tahu cara menyikapinya,” ujar Ai yang juga merasa disemangati dengan panduan sorak (cheering) di sepanjang rute.

Baca Juga: Lomba Lari Sambil Wisata Sejarah Semarang 10K 2022 Kembali Digelar 

2. Ai Kusniati raih hadiah utama Tilik Candi

4.552 Pelari Pesta di Borobudur Marathon, Bangkitkan Wisata OlahragaPara pelari mengikuti gelaran Borobudur Marathon 2022 di Kabupaten Magelang, Minggu (13/11/2022). (dok. Borobudur Marathon)

Sebelumnya, Komite Borobudur Marathon yang terdiri atas Pemerintah Provinsi Jawa Tengah, Bank Jateng, Harian Kompas, dan Yayasan Borobudur Marathon menjanjikan tambahan hadiah Rp27 juta bagi pemenang yang berhasil memecahkan rekor kecepatan pemenang Tilik Candi tahun 2021 lalu. Dengan begitu, Ai mendapatkan hadiah utama Tilik Candi Rp 15 juta, ditambah dengan bonus.

Sementara itu, pada podium kedua dan ketiga Tilik Candi putri berdiri Yulia yang mampu merampungkan setengah maratonnya dalam 1 jam 40 menit 54 detik dan Risa dengan catatan waktu 1 jam 42 menit 43 detik.

Selain pesta para pelari, yang begitu khas dari perhelatan Borobudur Marathon adalah keterlibatan warga yang aktif dalam menyambut peserta lomba lari tersebut. Pada rute Tilik Candi, peserta memang mulai berlari dari Taman Lumbini, lantas melewati sejumlah desa untuk kembali finish di Taman Lumbini.

3. Sambutan hangat warga lokal

4.552 Pelari Pesta di Borobudur Marathon, Bangkitkan Wisata OlahragaPara pelari mengikuti gelaran Borobudur Marathon 2022 di Kabupaten Magelang, Minggu (13/11/2022). (dok. Borobudur Marathon)

Sepanjang rute, banyak warga berdiri di pinggir jalur berlari untuk meneriakkan kata-kata semangat. Ribuan anak-anak dan remaja yang datang dari beragam sekolah secara kreatif menampilkan panduan sorak untuk memeriahkan suasana dan mendorong pelari untuk dengan gembira mencapai finis.

“Semangat, Mas!” pekik Istiqomah (54) dari bangku yang sengaja diangkutnya ke pinggir jalan untuk menonton Tilik Candi. Pelari-pelari itu sedang melintasi desanya, Desa Ngroto. 

“Saya pernah dua kali ikut Borobudur Marathon waktu lomba ini diadakan awal-awal dulu, tahun 1990-an. Saya lari 10 kilometer dari Blondo ke Borobudur. Makanya sekarang juga saya senang sekali melihat para pelari ini,” tutur Istiqomah.

Suasana meriah mewarnai rute, terutama karena adanya panduan sorak dari warga desa maupun sekolah-sekolah. Mereka menyanyi, menari, memainkan musik, dan mengenakan kostum-kostum bernapaskan adat daerah untuk menjaga energi para pelari. Ketulusan dan kehangatan warga serta budaya yang ditampilkan untuk para pelari. 

Sementara, pada gelaran tahun ini, Borobudur Marathon 2022 bekerja sama dengan Dinas Kehutanan Provinsi Jawa Tengah juga berinisiatif melakukan penanaman 5.000 pohon di daerah Kabupaten Magelang, Kota Magelang, dan Kabupaten Temanggung. Bibit pohon damar secara simbolis diserahkan Gubernur Jawa Tengah kepada Iwan Fals. 

Langkah itu mencerminkan upaya Borobudur Marathon untuk menyebarkan semangat bagi Indonesia untuk bangkit, bertumbuh lebih sehat dan kuat. Di samping itu, menjadi dukungan kepada Borobudur Marathon untuk lingkungan yang lebih berkelanjutan.

Baca Juga: Menpora Bakal Hadiri Ajang USM-SM Run 10K, Hadiah Total Rp35 Juta

Topik:

  • Dhana Kencana

Berita Terkini Lainnya