Preview Laga Satya Wacana vs Amartha Hangtuah di Pembukaan IBL 2020

Kedua tim duduk di dasar klasemen musim lalu

Semarang, IDN Times - Musim Reguler Indonesian Basketball League (IBL) 2020 akan mulai digelar mulai Jumat (10/1) sore hingga Minggu (12/1) di GOR Sahabat Semarang. Laga seri pertama itu menjadi awal sengitnya persaingan dan sarat gengsi antar tim-tim basket profesional di Indonesia. Salah satunya adalah pertemuan kembali Satya Wacana Salatiga dengan Amartha Hangtuah.

Baca Juga: Target Masuk Play-Off, Satya Wacana Salatiga Siap Bangkit di IBL 2020

1. Kompetisi IBL 2020 menggunakan kompetisi penuh

Preview Laga Satya Wacana vs Amartha Hangtuah di Pembukaan IBL 2020Pertandingan Satya Wacana vs Amartha Hangtuah di IBL 2020. Twitter.com/IBLindonesia

Pada musim lalu, Satya Wacana dan Amartha Hangtuah sama-sama menduduki juru kunci klasemen. Berbeda dengan musim sebelumnya, pada kompetisi IBL 2020 kali ini, keduanya bisa bertemu dua kali, karena sudah memakai sistem kompetisi penuh.

Bila menilik hasil musim lalu, duel kedua tim dimenangkan oleh Hangtuah. Kala itu, Jarad Scott mencetak 27 points dan Gary Jacobs Jr. menyumbang 16 points untuk Hangtuah.

Sementara Satya Wacana hanya ditopang oleh Madarious Gibbs dengan torehan 33 points.

2. Satya Wacana minta dukungan Ganjar

Preview Laga Satya Wacana vs Amartha Hangtuah di Pembukaan IBL 2020Dok. Humas Pemprov Jateng

Musim 2020, nama-nama tersebut tidak ada dalam roster kedua tim. Dengan kata lain, duel ini lebih segar dikarenakan menampilkan pemain-pemain asing yang baru dari masing-masing tim.

Basis pendukung Satya Wacana paling banyak ada di Semarang. Tak bisa dipungkiri, sebab Satya Wacana merupakan salah satu tim basket peserta IBL 2020 yang berasal dari Jawa Tengah.

Bahkan beberapa menjelang digulirkannya kompetisi, tim Satya Wacana menyempatkan untuk berkunjung ke Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo, guna meminta dukungan. Ganjar pun berjanji akan datang untuk menyaksikan Satya Wacana berlaga.

3. Pemain kedua tim adalah nama-nama baru

Preview Laga Satya Wacana vs Amartha Hangtuah di Pembukaan IBL 2020Tiga pemain asing Satya Wacana Salatiga di musim IBL 2020. iblindonesia.com

Kedua tim pada IBL 2020 kali ini sama-sama menggunakan pemain asing yang baru. Mereka tercatat tidak pernah berlaga di Indonesia sebelumnya.

Melansir laman resmi IBL Indonesia, Satya Wacana diperkuat oleh Leshirom Montrell Williams, Christopher Valante Sterling, dan Hal Shane Heyward. Sedangkan Hangtuah dibantu oleh Darnell Aaron Martin Jr., Laquavious Kashaka Cotton, serta Charles Jackson Jr..

Tak hanya para pemain asingnya, dua guard lokal mereka juga menjadi sorotan. Mereka adalah Andre Adrianno dari Satya Wacana dan Abraham Wenas di kubu Hangtuah.

4. IBL 2020 menjadi musim terakhir bagi Andre

Preview Laga Satya Wacana vs Amartha Hangtuah di Pembukaan IBL 2020Pemain Satya Wacana Salatiga, Andre Adrianno. iblindonesia.com

Andre musim lalu menjadi pendulang poin terbanyak untuk pemain lokal. Dalam 18 pertandingan, ia sukses mencetak 11,3 Points Per Game (PPG).

Peran Andre sangat vital di skuat Satya Wacana. Keberadaan Andre musim patut diwaspadai oleh lawan-lawannya karena ia bertekad membawa Satya Wacana lolos Play-Off. Mengingat IBL 2020 menjadi musim terakhir baginya di Satya Wacana.

5. Abraham ingin buktikan kualitas dan semangatnya

Preview Laga Satya Wacana vs Amartha Hangtuah di Pembukaan IBL 2020Pemain Amartha Hangtuah, Abraham Wenas. iblindonesia.com

Sebaliknya, Abraham Wenas bakal menjadi sorotan juga. Pada musim lalu, dia tampil cemerlang dengan raihan 11,2 PPG. Jumlah perolehan poinnya tepat di bawah dua pemain asing.

Abraham juga dinobatkan sebagai Rookie of The Year IBL 2017-2018. Prestasi itu akan menjadi motivasi tersendiri baginya. Apalagi musim ini, Hangtuah membuka kompetisi dengan manis. Mereka sukses menjadi Runner-Up Piala Presiden 2019 di Solo beberapa waktu lalu.

Big Match hari pertama antara Satya Wacana melawan Hangtuah ini diprediksi bakal berlangsung sengit. Satya Wacana butuh pendukung untuk memastikan mereka mempunyai stok semangat yang cukup untuk menahan gempuran Hangtuah. Sebaliknya, Hangtuah bakal membuktikan bahwa mereka adalah tim yang tidak boleh dipandang remeh lagi.

Baca Juga: Jelang Laga IBL 2020, Satya Wacana Minta Restu dan Dukungan Ganjar

Topik:

  • Dhana Kencana
  • Bandot Arywono

Berita Terkini Lainnya