71 Atlet asal Unnes Semarang Ikut PON XX Papua, Tersebar di 23 Cabor

Unnes berangkatkan atlet dan mahasiswanya

Semarang, IDN Times - Sebanyak 71 atlet binaan Universitas Negeri Semarang (Unnes) ikut berlaga dalam ajang Pekan Olahraga Nasional (PON) XX di Papua pada 2 Oktober 2021 nanti. Mereka dilepas oleh Rektor Unnes, Prof Fathur Rokhman secara daring.

1. Rektor Unnes berharap atlet bisa angkat pamor kampus

71 Atlet asal Unnes Semarang Ikut PON XX Papua, Tersebar di 23 CaborRektor Unnes Fatur Rokhman berbicara dalam seminar Hari Lahir Pancasila. Dok Humas Unnes

Prof Fathur Rokhman menyarankan kepada seluruh atletnya untuk memaksimalkan kemampuannya saat bertanding di PON Papua. Ia berharap setiap atlet bisa menorehkan prestasi cermelang sehingga bisa mengangkat nama kampusnya sekaligus Jawa Tengah.

"Kita ikut ambil bagian dalam PON. Kali ini Unnes mengirimkan 71 atlet pada PON Papua. Semoga prestasi olahraga terus diraih di tingkat nasional maupun international," kata Fathur, Rabu (22/9/2021).

2. Para atlet diminta kompak saat tampil di PON Papua

71 Atlet asal Unnes Semarang Ikut PON XX Papua, Tersebar di 23 CaborPengguna jasa bandara melintas di dekat media promosi Pekan Olahraga Nasional (PON) XX Papua di Terminal Domestik Bandara Internasional I Gusti Ngurah Rai, Badung, Bali, Kamis (1/7/2021). (ANTARA FOTO/Fikri Yusuf)

Fathur menuturkan sebuah cabang olahraga harus mampu membangun sportivitas sekaligus merekatkan rasa persaudaraan antar suku dan ras di Indonesia. 

Dirinya juga menekankan bahwa ini menjadi hal penting agar membawa dampak postif untuk bangsa Indonesia "Untuk itu selain prestasi kita juga memiliki visi dalam merekatkan kekompakan dan kebersamaan untuk mencapai hasil maksimal," jelasnya.

3. Atlet Unnes ikut 23 cabor

71 Atlet asal Unnes Semarang Ikut PON XX Papua, Tersebar di 23 CaborIlustrasi Sepak Bola (IDN Times/Mardya Shakti)

Dekan Fakultas Ilmu Keolaharagaan (FIK) Unnes, Prof Tandiyo Rahayu mengaku pada perhelatan PON Papua nanti, para atlet dari Unnes bakal berlaga untuk 23 cabang olahraga (cabor). Mulai dari anggar, angkat besi, atletik, bola tangan, basket, gulat, sepakbola, softball, tarung drajat, senam, hoki, pencak silat, wushu, muaythai, panahan, taekwondo, renang, selam, sepatu roda, karate, tinju, menembak serta catur.

Ia mengklaim jika peran serta kampusnya dalam ajang PON Papua cukup tinggi. Sebab, selain ada 71 atlet, juga ada satu asisten pelatih, dua ofisial tiga staf KONI, empat mahasiswa panpel lima dosen pelatih dan asisten hingga sejumlah panpel dan wasit.

Untuk 71 atlet tersebut berasal dari Fakultas Ilmu Keolahragaan ada 66 orang, Fakultas Ilmu Pendidikan ada satu orang, Fakultas Bahasa dan Seni ada 1 orag, Fakultas Hukum ada 1 orang, dan Pasca Sarjana ada dua orang.

"Secara keseluruhan kita memberangkatkan 127 orang yang terdiri 71 atlet, dan 46 dosen,  mahasiswa dan tenaga kependidikan yang menjadi pelatih, asisten pelatih, official dan panitia pelaksana," bebernya.

Baca Juga: Raih IPK Tertinggi di FE Unnes Semarang Berkat Usaha Ubi Jalar

Topik:

  • Dhana Kencana

Berita Terkini Lainnya