Menpora Targetkan 123 Emas di ASEAN Para Games 2023 

Persiapan pelatihan atlet sudah 95 persen

Surakarta, IDN Times - Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) RI, Dito Ariotedjo, meninjau kesiapan atlet Para Games di Kota Solo dan Sukoharjo pada Senin (8/5/2023). Ia ingin melihat kesiapan para altet Para Games Indonesia menuju ASEAN Para Games 2023.

1. Targetkan tetap juara umum

Menpora Targetkan 123 Emas di ASEAN Para Games 2023 Menpora Dito bertemu dengan atlet NPC Indonesia. (IDN Times/Larasati Rey)

Menpora menargetkan Indonesia ditargetkan meraih 123 medali emas dalam ajang ASEAN Para Games (APG) 2023 yang digelar di Kamboja, 3 Juni-- 9 Juli 2023 mendatang.

Dito mengatakan jija saat ini persiapan seluruh atlet Indonesia yang akan berlaga di ajang tersebut mencapai 95 persen.

"Secara umum persiapan amat sangat sudah mateng kita lihat sudah 95 persen dan 5 persennya lagi untuk keberangkatannya lagi. Jadi memang yang namanya NPC Indonesia," ujarnya usai melakukan peninjauan latihan di HTC, Sukoharjo, Senin (8/5/2023).

Lebih lanjut iya mengatakan jika target raihan medali emas tersebut untuk mempertahankan predikat juara umum seperti diraih Indonesia pada APG sebelumnya. Terkait hal itu, Kemenpora mendukung penuh kegiatan pelatnas APG 2023. 

Baca Juga: Ganjar Titip PR yang Perlu Diselesaikan Menpora Dito Ariotedjo 

2. Janji segera bangun training center

Menpora Targetkan 123 Emas di ASEAN Para Games 2023 Atlet Para Games 2023 di HTC Sukoharjo. (IDN Times/Larasati Rey)

Lebih lanjut, Menpora juga memberikan dukungan terus terhadap progres pembangunan training center untuk para atlet.

"Pembangunan training center untuk para atlet hambatan juga sedang kita koordinasikan. Semoga ini bisa cepat terealisasi biar kita bisa memiliki prestasi yang konsisten. Sudah saatnya para atlet ini kita dukung secara maksimal," ungkapnya.

Menpora juga berjanji dalam 3 bulan ke depan ada realisasi pembangunan training center.

Menpora juga menambahkan, hambatan dan kendala dari para atlet dalam persiapan APG 2023 ditampung untuk dicarikan solusi secepat mungkin.

"Untuk terus mendukung kiprah para atlet ini, kita turut pantau pembangunan training center. Insyaallah dalam waktu tiga bulan ke depan sudah ada realisasi memulai," katanya.

3. Cuaca panas jadi hambatan para atlet

Menpora Targetkan 123 Emas di ASEAN Para Games 2023 Pelatnas Paragames 2023 di Gor Sritex Arena, Solo. (IDN Times/Larasati Rey)

Sementara itu, Ketua NPC Indonesia, Senny Marbun mengakui, cuaca panas menjadi hambatan nyata yang harus dihadapi para atlet. 

"Tantangannya cuaca panas. Makanya kita akan adaptasi pelan-pelan. Pokoknya bagaimana caranya bisa menyesuaikan diri secepatnya. Kalau untuk lawan terberat ya semua berat, tapi yang perlu kita waspadai Malaysia dan Thailand. Namun kita tetap optimis juara umum," ungkapnya.

Perlu diketahui, pada penyelenggaraan terakhir di Kota Solo, 30 Juli-6 Agustus 2022 lalu, kontingen Indonesia menang menjadi juara umum dengan catatan 175 emas, 144 perak dan 107 perunggu.

Baca Juga: Tim Para Renang Indonesia Sabet 87 Medali di ASEAN Para Games 2022

Topik:

  • Dhana Kencana

Berita Terkini Lainnya