5 Pemain Top Eropa yang Masih Mengganggur pada Bursa Musim Dingin 2023

David de Gea hingga Jerome Boateng

Bursa transfer musim dingin 2024 telah resmi dibuka. Tentunya sejumlah klub top Eropa mengincar pemain berkualitas untuk bergabung ke dalam skuadnya. Hal tersebut untuk melakukan peningkatan kedalaman kualitas skuadnya. 

Uniknya, ada sejumlah pemain yang berstatus free agent pada musim dingin 2023. Hal ini dikarenakan mereka tidak mendapatkan klub baru usai meninggalkan klub lamanya. Setidaknya, ada lima pemain top Eropa yang berstatus menganggur pada musim dingin 2023. Siapa saja?

Baca Juga: 6 Pemain Baru Nottingham Forest 2023, Ada Wonderkid Chelsea!

1. Usai meninggalkan Manchester United, David de Gea belum mendapatkan klub baru

5 Pemain Top Eropa yang Masih Mengganggur pada Bursa Musim Dingin 2023David De Gea (manutd.com)

David de Gea membela Manchester United cukup lama. Pemain berkebangsaan Spanyol ini bergabung pada musim panas 2011 dari Atletico Madrid. Pemain berposisi penjaga gawang ini sukses tampil apik dan menjadi kiper andalan di Manchester United. 

Namun, pengabdiannya di Manchester United berakhir pada musim panas 2023. Sang pemain diputus kontraknya oleh Manchester United.

Sayangnya, ia tak kunjung mendapatkan klub baru. Pemain berusia 33 tahun ini masih bisa digaet dengan status free agent usai bursa transfer musim dingin 2024 dibuka. 

2. Jesse Lingard menganggur usai meninggalkan Nottingham Forest

5 Pemain Top Eropa yang Masih Mengganggur pada Bursa Musim Dingin 2023Jesse Lingard (nottinghamforest.co.uk)

Jesse Lingard sejatinya pemain yang pernah menimba ilmu di akademi Manchester United. Bahkan, ia sempat jadi andalan di tim senior Manchester United. Sayangnya, performanya mulai menurun dan posisinya tergantikan oleh pemain lain. 

Alhasil, sang pemain memutuskan pindah ke Nottingham Forest pada musim panas 2022. Ia didatangkan secara gratis dari Manchester United.

Namun, ia hanya bertahan selama semusim di Nottingham Forest. Pada musim panas 2023, ia dilepas Nottingham Forest dan belum mendapatkan klub baru hingga musim dingin 2024. 

3. Douglas Costa diputus kontraknya oleh klub Amerika Serikat, Los Angeles

5 Pemain Top Eropa yang Masih Mengganggur pada Bursa Musim Dingin 2023Douglas Costa (bundesliga.com)

Douglas Costa merupakan salah satu winger apik yang pernah membela sejumlah klub besar. Ia pernah jadi andalan di lini depan Juventus dan Bayern Munich. Sayangnya, performanya kian menurun lantaran usia. 

Pada musim panas 2022, Douglas Costa melanjutkan kariernya dengan bergabung ke klub Amerika Serikat, Los Angeles secara gratis dari Juventus.

Namun, ia hanya bertahan selama semusim di klub tersebut. Pada Oktober 2023, kontraknya diputus oleh Los Angeles. Hingga musim dingin 2024, ia masih belum mendapatkan klub baru. 

4. Arturo Vidal dapat dikontrak dengan status free agent pada musim dingin 2024

5 Pemain Top Eropa yang Masih Mengganggur pada Bursa Musim Dingin 2023Arturo Vidal (instagram.com/kingarturo23oficial)

Arturo Vidal merupakan pesepak bola asal Chile yang kerap berkelana di Eropa. Pemain yang berposisi gelandang tengah ini sempat membela sejumlah klub besar di Eropa. Ia pernah bergabung ke Juventus, Bayern Munich, Barcelona, dan Inter. 

Pada musim panas 2022, ia meninggalkan Inter Milan dan bergabung ke klub Brasil, Flamengo.

Hanya bertahan semusim, ia pindah ke Athletico-PR pada musim panas 2023. Sayangnya, kiprahnya tak berlangsung lama. Kontraknya diputus dan ia berstatus free agent pada musim dingin 2024. 

5. Jerome Boateng cukup kesulitan mendapatkan klub baru usai meninggalkan Olympique Lyon

5 Pemain Top Eropa yang Masih Mengganggur pada Bursa Musim Dingin 2023Jerome Boateng (instagram.com/jeromeboateng)

Jerome Boateng merupakan salah satu bek tangguh yang pernah membela sejumlah klub top Eropa. Puncak kariernya terjadi ketika pemain asal Jerman ini membela Bayern Munich. Sejumlah trofi bergengsi berhasil ia raih bersama Bayern Munich. 

Pada musim panas 2021, Jerome Boateng mengakhiri kariernya di Bayern Munich dan pindah ke Olympique Lyon. Ia hanya bertahan selama dua musim di klub Prancis tersebut. Pada musim panas 2023, kontraknya habis dan ia tak kunjung mendapatkan klub baru. Sang pemain dapat dikontrak gratis pada musim dingin 2024. 

Lima pemain di atas berpeluang mendapatkan klub baru pada bursa transfer musim dingin 2024. Mereka bisa menjadi opsi jangka pendek untuk sebuah klub. Terlebih lagi, mereka telah memiliki segudang pengalaman. 

Baca Juga: 10 Fakta Rico Lewis, Wonderkid Manchester City yang 'Mendepak' Cancelo

Ainur Rizki Photo Community Writer Ainur Rizki

jangan lupa istirahat dan selalu senyum setiap saat :)

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Bandot Arywono

Berita Terkini Lainnya