Resmikan Training Ground di Boyolali, Persiapkan Pemain Muda Perkuat Nusantara United

Pengembangan para pemain muda

Boyolali, IDN Times - Nusantara FC tengah berbenah mempersiapkan tim untuk menatap Liga II. Satu diantara upaya yang dilakukan yakni seleksi para pemain muda yang nantinya bakal memperkuat Nusantara United FC.

Sebagai bagian dari project membangun skuat yang tangguh untuk tim utama, Nusantara United FC resmi mendirikan akademi sepak bola bagi anak-anak muda. Nusantara United Football Academy (NUFA) berpusat di Nusantara United Training Ground Boyolali, Jawa Tengah.

Jumat (5/5/2023) dilangsungkan syukuran peresmian Training Ground Nusantara United dan nonton bareng laga uji coba Nusantara United Youth vs PSB Banyudono, di Lapangan Banyudono, Boyolali yang berakhir dengan skor imbang 1-1.

Baca Juga: Stadion Kebo Giro Boyolali Jadi Kandang Nusantara United FC di Liga 2 

1. Persiapkan para pemain muda untuk bisa memperkuat NUFC

Resmikan Training Ground di Boyolali, Persiapkan Pemain Muda Perkuat Nusantara UnitedGamma Thohir dalam Sesi "Break the Myth in Sports Industries" IMGS 2022 pada Jumat (30/9/2022). (IDN Times/Tata Firza & Reynaldy)

Komisaris Utama Nusantara United Gamma Thohir yang hadir pada syukuran peresmian training ground Nusantara United mengatakan training ground ini bertujuan mengembangkan bakat dan kemampuan para pemain-pemain muda.

Para pemain muda ini ada yang masuk seleksi lewat kelompok umur, ada juga yang lewat jalur prestasi dan juga beasiswa yang kemudian diseleksi untuk bisa masuk tim inti NUFC. "Dari usia 13-17 tahun, Ada juga pemain yang kita beri beasiswa lewat jalur prestasi itu memang yang kita temui dalam perjalanan musim lalu," katanya.

Training ground di Boyolali ini menurutnya yang pertama dan yang mempelopori pembentukan training ground lainnya di Indonesia, ini sebagai salah satu upaya seleksi dan pembibitan para pemain muda yang dipersiapkan bisa memperkuat NUFC.

"Tujuannya adalah menghasilkan secepat mungkin pemain yang bisa masuk ke tim senior, tapi ya semua bertahap kita lihat hasilnya sembari jalan, kalau memang ada pemain yang cukup layak untuk tim senior dan siap kita juga bersedia turunkan di Liga 2 nanti," kata Gamma.

2. Musim depan NUFC bermarkas di Boyolali untuk jalani laga kandang

Resmikan Training Ground di Boyolali, Persiapkan Pemain Muda Perkuat Nusantara UnitedPertandingan Nusantara United FC melawan Persijap Jepara di Liga 2 2022 di Stadion Gelora Bumi Kartini, Sabtu (10/9/2022). (dok. Nusantara United FC)

Dipilihnya Boyolali sebagai lokasi pertama pengembangan para pemain muda karena Boyolali dipilih sebagai kandang Nusantara United di Liga II musim depan. "Kenapa Boyolali duluan karena memang dari manajemen telah memutuskan musim ini Boyolali akan menjadi home base NUFC sembari menunggu persiapan IKN," katanya.

Musim 2022/2023 lalu NUFC sempat bermarkas di Stadion Moch Subroto, Magelang sebelum akhirnya memutuskan pindah ke Stadion Kebogiro di Boyolali. NUFC sendiri merupakan klub yang ke depannya diproyeksikan menjadi wakil Ibu Kota Negara (IKN) di kancah sepak bola Indonesia.

"NUFC bukan sekadar seperti klub-klub lain yang terpatok pada daerah, karena IKN juga akan menjadi kota yang baru dibentuk klub ini juga akan berbeda, ini klub bagi seluruh masyarakat Indonesia yang home basenya nanti di IKN, " katanya.

3. Bakal ada perubahan dan pembenahan skuat

Resmikan Training Ground di Boyolali, Persiapkan Pemain Muda Perkuat Nusantara UnitedPara pemain muda belajar sepak bola di Nusantara United Football Academy (NUFA). (dok. NUFC)

Sementara itu mengarungi Liga II musim depan Gamma mengatakan timnya terus melakukan persiapan dan pembenahan-pembenahan, melihat hasil di musim sebelumnya Gamma menginginkan adanya perubahan dan pembenahan di sisi skuat.

"Yang pasti masih akan ada nama-nama yang tidak asing lagi dan juga ada nama-nama baru, yang pasti kita kita sudah dalam pertengahan persiapan untuk musim depan," katanya.

Satu diantara para untuk mencari pemain berkualitas yang siap memperkuat NUFC yakni dengan adanya Nusantara United Footbal Academy (NUFA) akademi sepak bola bagi anak-anak muda potensial yang ingin menjadi pesepak bola yang berpusat di Nusantara United Training Ground Boyolali, Jawa Tengah.

Baca Juga: Nusantara United FC Dirikan Akademi Sepak Bola, Anak Muda Daftar Yuk! 

Topik:

  • Bandot Arywono

Berita Terkini Lainnya