9 Pemain Chelsea yang Pindah ke Klub Prancis Sebelum Aubameyang

Kebanyakan karena sudah tidak dibutuhkan klub

Setelah menjalani musim yang buruk di Chelsea, Pierre-Emerick Aubameyang akhirnya hengkang ke Marseille pada musim panas 2023. Striker asal Gabon ini pindah ke  Prancis sebagai agen bebas. Mantan juru gedor Arsenal dan Barcelona tersebut diikat selama tiga tahun oleh Les Olympiens.

Aubameyang bukan pemain pertama Chelsea yang hengkang ke Prancis. Sebelumnya, ada sederet penggawa The Blues yang memutuskan melanjutkan karier di Negeri Anggur, dan kebanyakan hijrah karena sudah tidak terpakai lagi di Stamford Bridge. Ini deretan pesepak bola Chelsea yang diikat klub Prancis.

1. Cesc Fabregas

9 Pemain Chelsea yang Pindah ke Klub Prancis Sebelum AubameyangCesc Fabregas (twitter.com/ChelseaFC)

Cesc Fabregas bergabung dengan Chelsea pada 2014 setelah sukses bersama Barcelona. Di klub London Biru, ia akhirnya meraih titel Premier League yang sebelumnya gagal digapainya bareng Arsenal. Mengabdi di Stamford Bridge selama lima musim, gelandang asal Spanyol ini pindah ke AS Monaco pada Januari 2019.

2. Bertrand Traore

9 Pemain Chelsea yang Pindah ke Klub Prancis Sebelum AubameyangBertrand Traore (twitter.com/ChelseaFC)

Bertrand Traore adalah jebolan akademi Chelsea yang menembus tim utama pada 2014. Sayangnya, ia gagal tampil reguler bersama The Blues dan lebih sering dipinjamkan. Setelah cuma tiga musim bermain di Stamford Bridge, pemain asal Burkina Faso ini memutuskan pindah ke Lyon pada Juni 2017.

3. David Luiz

9 Pemain Chelsea yang Pindah ke Klub Prancis Sebelum AubameyangDavid Luiz (twitter.com/championsleague)

David Luiz diboyong Chelsea dari Benfica pada Januari 2011. Di musim perdana, ia langsung meraih trofi UEFA Champions League. Namun, bek asal Brazil ini dilego ke Paris Saint-Germain pada Juni 2014. Uniknya, dua tahun kemudian, ia kembali berseragam The Blues dan berhasil memenangkan Premier League musim 2016/2017.

4. Salomon Kalou

9 Pemain Chelsea yang Pindah ke Klub Prancis Sebelum AubameyangSalomon Kalou (chelseafc.com)

Salomon Kalou cukup lama membela Chelsea, mulai 2006 hingga 2012. Ia pun meraih banyak trofi, termasuk Premier League, FA Cup, dan UEFA Champions League. Sayangnya, walau tampil cukup oke dan masih dalam usia emas, The Blues tidak memperpanjang kontraknya dan Lille mendapatkan Kalou secara gratis pada Juli 2012.

Baca Juga: 7 Alumni Ajax yang Pernah Bermain di Manchester United, Ada Idolamu?

5. Alex

9 Pemain Chelsea yang Pindah ke Klub Prancis Sebelum AubameyangAlex (chelseafc.com)

Alex adalah bek berpaspor Brazil yang didatangkan Chelsea dari Santos pada 2004. Setelah menjalani peminjaman jangka panjang di PSV, ia turut membawa klub London Biru merebut double winners musim 2009/2010. Namun, pada Desember 2011, ia minta dijual dan akhirnya merapat ke Paris Saint-Germain pada Januari 2012.

6. Claude Makelele

9 Pemain Chelsea yang Pindah ke Klub Prancis Sebelum AubameyangClaude Makelele (twitter.com/premierleague)

Claude Makelele adalah salah seorang gelandang bertahan terbaik yang pernah dipunyai Chelsea. Bergabung pada 2003, ia memainkan 144 laga di Premier League dan dua kali menjuarai kompetisi domestik. Setelah merumput di Stamford Bridge selama lima musim, pemain asal Prancis ini hijrah ke Paris Saint-Germain sebagai agen bebas.

7. Tiago Mendes

9 Pemain Chelsea yang Pindah ke Klub Prancis Sebelum AubameyangTiago Mendes (twitter.com/TiagoCardosoMen)

Tiago Mendes termasuk gerbong pemain Portugal yang diboyong Jose Mourinho ke Chelsea pada awal musim 2004/2005 dan langsung memenangkan Premier League. Sayangnya, ia cuma bertahan setahun di Inggris dan dilego ke Lyon. Sempat merumput bersama Juventus, Tiago panen gelar saat membela Atletico Madrid dan pensiun di sana.

8. Frank Leboeuf

9 Pemain Chelsea yang Pindah ke Klub Prancis Sebelum AubameyangFrank Leboeuf (twitter.com/ChelseaFC)

Frank Leboeuf adalah pemain Prancis pertama yang membela Chelsea. Bergabung pada 1996, ia pernah memberikan titel FA Cup, UEFA Cup Winners' Cup, dan UEFA Super Cup untuk suporter The Blues. Setelah menghabiskan lima musim di Inggris, juara Piala Dunia 1998 ini kembali ke negaranya dan bergabung dengan Marseille.

9. Bernard Lambourde

9 Pemain Chelsea yang Pindah ke Klub Prancis Sebelum AubameyangBernard Lambourde (dua dari kanan) (chelseafc.com)

Nama Bernard Lambourde mungkin kurang begitu populer. Pasalnya, ia memang gagal tampil reguler untuk Chelsea sejak bergabung dengan klub asal London tersebut pada 1997. Sempat dipinjamkan ke Portsmouth, bek asal Prancis ini memutuskan pindah ke Bastia pada Juli 2001.

Selain nama-nama di atas, sebenarnya ada Tony Cascarino, pemain Chelsea yang juga memutuskan hengkang ke Prancis. Ia bergabung dengan The Blues dari Glasgow Celtic pada 1992. Cuma dua musim di London, mantan striker timnas Irlandia ini pindah ke Marseille sebagai agen bebas.

Baca Juga: 5 Pemain Muda Manchester City yang Dijual dengan Potensi Tinggi 

Binar Photo Community Writer Binar

Penggemar Radiohead dan kopi

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Dhana Kencana

Berita Terkini Lainnya