5 Pemain Spanyol Terakhir yang Membela Chelsea sebelum Robert Sanchez

Beberapa gagal memenuhi ekspektasi

Chelsea resmi mengumumkan perekrutan Robert Sanchez dari Brighton & Hove Albion pada Agustus 2023. Biaya sebesar 25 juta euro atau Rp416 miliar mesti dikeluarkan Chelsea untuk kiper pemilik dua caps Timnas Spanyol itu.

Kehadiran Sanchez akan menambah daftar panjang pemain asal Spanyol yang pernah membela Chelsea. Beberapa di antara mereka sanggup mempersembahkan berbagai gelar bergengsi bagi klub asal Kota London tersebut.

Inilah lima pemain Spanyol terakhir yang membela Chelsea sebelum Robert Sanchez!

1. Marcos Alonso (2016-2022)

5 Pemain Spanyol Terakhir yang Membela Chelsea sebelum Robert SanchezMarcos Alonso sukses mempersembahkan banyak gelar selama membela Chelsea. (instagram.com/marcosalonso28)

Marcos Alonso resmi bergabung dengan Chelsea dari klub Serie A Italia, Fiorentina, pada Agustus 2016. Biaya sebesar 23 juta euro atau Rp383 miliar harus dikeluarkan Chelsea untuk memboyong pemain asal Spanyol tersebut. Alonso lantas dipercaya menjadi bek kiri andalan mereka.

Selama berseragam The Blues, Alonso sukses mencatatkan 212 penampilan selama 6 musim. Ia dikenal salah satu pemain dengan kemampuan bola mati yang mengesankan. Tak heran Alonso akhirnya mampu mencetak 29 gol serta 23 assist.

Bersama Chelsea, Alonso sukses meraih berbagai gelar. Beberapa yang paling dikenang ialah gelar juara Liga Eropa 2018/2019, Liga Champions Eropa 2020/2021, hingga Piala Dunia Antarklub 2021. Pada September 2022, Alonso memutuskan hijrah ke Barcelona usai sepakat mengakhiri kerja samanya dengan klub yang telah 6 tahun ia bela itu.

2. Alvaro Morata (2017-2019)

5 Pemain Spanyol Terakhir yang Membela Chelsea sebelum Robert SanchezPenampilan Alvaro Morata tidak terlalu mengesankan selama berseragam Chelsea. (twitter.com/ChelseaFC)

Setelah sukses bersama Real Madrid, Alvaro Morata memutuskan hengkang ke Chelsea pada Juli 2019. Dirinya direkrut The Blues dengan biaya mencapai 66 juta euro atau Rp1,1 triliun. Morata didatangkan untuk menggantikan posisi Diego Costa yang akan hengkang setelah dipastikan tidak masuk skema pelatih Chelsea saat itu, Antonio Conte.

Sayang musim perdana Morata tidak terlalu berkesan. Striker asal Spanyol tersebut hanya mampu mencatatkan 15 gol dalam 48 laga di semua ajang. Sebuah catatan yang tidak sebanding dengan statusnya sebagai seorang striker berbanderol mahal.

Morata pun akhirnya dipinjamkan ke Atletico Madrid pada Januari 2019. Ia lantas dipermanenkan klub yang bermarkas di Estadio Metropolitano tersebut dengan harga 35 juta euro atau Rp584 miliar pada Juli 2020. Selama membela The Blues, Morata berhasil menjuarai Piala FA 2017/2018 dan Liga Eropa 2018/2019.

Baca Juga: 5 Pemain yang Meninggalkan Leicester City Musim 2023/2024

3. Kepa Arrizabalaga (2018-sekarang)

5 Pemain Spanyol Terakhir yang Membela Chelsea sebelum Robert SanchezKepa Arrizabalaga mengalami performa yang pasang surut bersama Chelsea. (twitter.com/ChelseaFC)

Kepa Arrizabalaga datang ke Stamford Bridge pada awal 2018/2019 dengan menyandang status kiper termahal sepanjang sejarah. Ia direkrut Chelsea dengan biaya 80 juta euro atau Rp1,33 triliun, memecahkan rekor transfer Alisson Becker ke Liverpool pada musim yang sama. Di Chelsea, Kepa diproyeksikan sebagai pengganti Thibaut Cortouis yang akan segera hengkang ke Real Madrid.

Pada musim perdananya bersama The Blues, Kepa mampu menyajikan penampilan mengesankan. Ia tampil gemilang hingga sukses membawa Chelsea menjuarai Liga Eropa 2018/2019. Sayangnya pada 2019/2020, performa Kepa kian menurun dan sering melakukan kesalahan sehingga kehadirannya di bawah mistar gawang Chelsea mulai diragukan. Puncaknya, kiper asal Spanyol tersebut mulai terpinggirkan usai kedatangan Edouard Mendy sebagai kiper baru Chelsea pada 2020/2021

Namun, Kepa kembali mendapat kesempatan untuk membuktikan kualitasnya pada 2022/2023. Penampilan buruk Mendy usai kembali dari cedera membuat Kepa mampu merebut posisi kiper utama. Kini Kepa telah bermain dalam total 163 laga bersama Chelsea. Namun, posisi Kepa pada 2023/2024 akan kembali terusik usai Chelsea resmi mendatangkan Robert Sanchez dari Brighton & Hove Albion. Dirinya pun harus bisa menunjukkan penampilan terbaiknya jika tidak mau kalah bersaing.

4. Saul Niguez (2021-2022)

5 Pemain Spanyol Terakhir yang Membela Chelsea sebelum Robert SanchezSaul Niguez gagal memenuhi ekspektasi selama dipinjamkan ke Chelsea. (twitter.com/ChelseaFC)

Chelsea tak disangka-sangka berhasil mendatangkan pemain andalan Atletico Madrid, Saul Niguez, sebagai pemain pinjaman (dengan opsi pembelian sebesar 30 juta euro atau Rp568 miliar), menjelang penutupan transfer musim panas 2022. Saul sebelumnya menjadi salah satu pemain penting Atletico Madrid dalam meraih gelar juara La Liga Spanyol 2020/2021. Tak ayal ekspektasi tinggi diberikan kepada pemilik 19 caps Timnas Spanyol itu.

Sayang, Saul gagal menunjukkan permainan terbaiknya selama di Stamford Bridge. Penampilannya tak terlalu mengesankan dan minim kontribusi untuk Chelsea. Ia hanya bermain dalam total 23 laga bersama Chelsea dengan catatan sebiji gol. Saul akhirnya dikembalikan ke Atletico Madrid pada akhir 2021/2022 alih-alih opsi pembeliannya diaktifkan oleh Chelsea.

5. Marc Cucurella (2022-sekarang)

5 Pemain Spanyol Terakhir yang Membela Chelsea sebelum Robert SanchezMarc Cucurella bergabung dengan Chelsea pada awal 2022/2023. (instagram.com/cucurella3)

Marc Cucurella, bek kiri Brighton and Hove Albion, resmi dipinang Chelsea dengan mahar 65,3 juta atau Rp1,09 triliun pada awal 2022/2023. Angka yang cukup fantastis mengingat Cucurella baru semusim bermain di Premier League bersama Brighton. Alasan perekrutan Cucurella sendiri ialah untuk menambah kedalaman bek Chelsea serta memberikan persaingan bagi Ben Chilwell, bek kiri andalan mereka.

Musim perdana Cucurella dihabiskannya dengan bermain pada 33 laga di semua ajang. Pemain asal Spanyol tersebut memang tampil cukup baik, tetapi hal tersebut tak cukup untuk mendongkrak performa Chelsea. Alhasil, Cucurella dan Chelsea hanya mampu mengakhiri 2022/2023 di posisi ke-12 dan gagal bermain di kompetisi Eropa musim berikutnya.

Robert Sanchez akan menjadi pemain Spanyol kesekian di Chelsea. Ia sendiri didatangkan untuk memberikan persaingan kepada Kepa Arrizabalaga selaku kiper utama klub. Bersama The Blues, apakah Sanchez dapat tampil meyakinkan hingga menjadi pemain Spanyol selanjutnya yang mampu mempersembahkan trofi?

Baca Juga: 9 Pemain Chelsea yang Pindah ke Klub Prancis Sebelum Aubameyang

Gilang Rama W. Photo Community Writer Gilang Rama W.

Tertarik dengan sepak bola, hiburan, sains, serta isu sosial dan lingkungan.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Dhana Kencana

Berita Terkini Lainnya