Comscore Tracker

Kaesang dan Presiden Persebaya Serukan KLB PSSI, Minta Liga Main Lagi

Banyak klub yang terganggu keuangannya karena ketidakjelasan

Surakarta, IDN Times - Presiden Persebaya, Azrul Ananda dan Pemilik Persis Solo, Kaesang Pangarep menemui Wali Kota Solo, Gibran Rakabuming Raka, di balai kota, Senin (24/10/2022). Kedatangan kedua bos klub sepak bola peserta Liga 1 itu untuk membicarakan berbagai hal mengenai perkembangan sepak bola Tanah Air.

1. Serukan KLB dan minta kompetisi digelar lagi

Kaesang dan Presiden Persebaya Serukan KLB PSSI, Minta Liga Main LagiLogo PSSI / Twitter @pssi

Usai pertemuan, Azrul mengatakan kedatangan mereka bertujuan untuk menyatuan visi guna perbaikan sepak bola Indonesia ke depan. Salah satunya menuntut mengadakan Kongres Luar Biasa (KLB) untuk PSSI.

"Kita sama-sama sepakat, ingin ada perbaikan di sepak bola Indonesia. Dalam waktu dekat kita akan sama sama mengeluarkan surat dan statement tentang concern kita terhadap sepak bola Indonesia. Termasuk KLB. Kita mendukung kebaikan sepak bola Indonesia. Kalau harus KLB, ya KLB. Dan yang lebih penting yang lebih urgent menurut kami adalah keberlangsungan kompetisi liga," ujar Azrul.

Azrul juga meminta kepada PSSI untuk segera menyelenggarakan kembali kompetisi sepak bola di Indonesia. Hal itu menyangkut pemain dan klub, baik di Liga 1, Liga 2 maupun Liga 3. Pasalnya saat ini, menurutnya, tak sedikit manajemen klub yang merugi lantaran tidak adanya kejelasan kapan kompetisi akan berlanjut.

"Penyelenggaraan kembali kompetisi dan KLB dua duanya sama sama urgent. Karena saling berhubungan. PT LIB (Liga Indonesia Baru) itu kan perusahaan, ketika pengurusnya tersangkut hukum, klub-klub sebagai pemegang saham harus memikirkan ke depannya seperti apa. Minimal membicarakan itu dan ranahnya itu di tingkat klub," ucapnya.

Baca Juga: Bocoran dari Exco PSSI soal Kapan Kompetisi BRI Liga 1 2022 Main Lagi

2. Kaesang dan klub lain gelar KLB

Kaesang dan Presiden Persebaya Serukan KLB PSSI, Minta Liga Main LagiPertemuan Petinggi Persis Solo dan Persebaya di Balaikota Solo. (IDN Times/ Larasati Rey)

Sementara itu, Pemilik Persis Solo, Kaesang Pangarep mengaku sudah berkoordinasi dengan sejumlah klub untuk ikut menyuarakan KLB dan permintaan dibukanya kembali kompetisi. Ia sudah berkoordinasi antara lain dengan Persebaya Surabaya, Bali United, Rans FC, dan beberapa klub lain.

"Ajaken (ajaklah) Semarang sana. Apa PSIS Semarang, coba diajak. Ada beberapa yan sudah kita ajak, salah satunya Persebaya. Kalau saya Bali sudah, Rans sudah, terus Barito Putera sudah," katanya.

Putra bungsu Presiden Joko "Jokowi" Widodo tersebut khawatir terhadap nasib para pemain jika kompetisi tidak segera dijalankan. Terlebih dalam surat PSSI, disebutkan bahwa penundaan liga berlangsung waktu yang belum ditemukan.

"Kalau kita yang masih punya duit ya bisa bayar gaji pemain. Liga 2 sudah teriak-teriak, Liga 3 apalagi," tegasnya.

3. Gibran ikut suarakan protes

Kaesang dan Presiden Persebaya Serukan KLB PSSI, Minta Liga Main LagiPutra sulung Presiden Jokowi, Gibran Rakabuming Raka. (IDN Times/Larasati Rey)

Di kesempatan yang sama, Wali Kota Solo, Gibran Rakabuming meminta kepada pihak yang berwenang untuk segera kembali menyelenggarakan kompetisi sepak bola di Indonesia. Menurutnya sepak bola sudah menjadi hiburan bagi masyarakat.

"Saya tidak menyatakan mendukung KLB, tapi saya protes saja, gak ada hiburan lagi," ujarnya

Sebelumnya, Gibran juga suarakan protes terhadap jam tayang pertandingan yang dinilai terlalu malam, yakni pukul 20.30 WIB.

Baca Juga: Netizen Kira Instagram Kena Hack, Kaesang: Gak Ada Apa-apa, Baik-baik

Topic:

  • Dhana Kencana

Berita Terkini Lainnya