Comscore Tracker

10 Oleh-oleh Khas yang Hanya Bisa Kamu Dapatkan di Blora! 

Semuanya keren dan unik, loh!

Blora, IDN Times - Blora merupakan salah satu kabupaten yang ada di Provinsi Jawa Tengah. Blora berbatasan secara langsung dengan Kabupaten Rembang, Jepon, Banjarejo, dan Kabupaten Tunjungan.

Kota Blora adalah salah satu kota yang menghasilkan kayu jati berkualitas tinggi di Jawa Tengah. Kota Blora menjadi tempat yang selalu dilewati bagi para pelancong yang ingin bepergian dari Jawa Tengah ke Jawa Timur, dan begitu sebaliknya.

Maka tak heran, Blora memiliki beragam tempat wisata, makanan tradisional, hingga oleh oleh khas dari Blora. Penasaran apa saja? Mari, kita simak artikel ini.

Baca Juga: Menengok Loji Kluntung, Rumah Anti Peluru dan Kamuflase Bom di Blora

1. Kue Gendu

10 Oleh-oleh Khas yang Hanya Bisa Kamu Dapatkan di Blora! Kue Gendu (babaganmblora.blogspot.com)

Kue khas dari Blora ini berbentuk seperti ulat pohon, karena memiliki garis-garis dan berbentuk lonjong serta panjang. Hal yang menarik dari kue kering satu ini adalah isian di dalam kue tersebut.

Biasanya kue akan diisi dengan selai nanas ataupun selai durian, loh. Durian yang dijadikan selai dari kue gendu ini, merupakan durian asli dari pohon dan sudah matang secara sempurna, sehingga memberikan rasa yang manis dan legit ketika dimakan. Kalian harus coba!

2. Manco

10 Oleh-oleh Khas yang Hanya Bisa Kamu Dapatkan di Blora! Manco makanan Khas Blora (trippers.id)

Manco ada yang disebut juga dengan peli kipu memiliki rasa gurih dan enak. Terbuat dari beras ketan yang ditaburi oleh wijen dan ada pula yang menggunakan karuk di bagian luarnya.

Karuk adalah nasi yang dikeringkan kemudian di goreng. Rasa dari kue manco ini yaitu gurih dan sedikit manis, dan umumnya kue manco ini dimakan bersamaan dengan secangkir kopi hangat yang cocok untuk menemani sore kamu.

3. Souvenir Barongan

10 Oleh-oleh Khas yang Hanya Bisa Kamu Dapatkan di Blora! Souvenir Barongan (infoblora.com)

Oleh oleh satu ini menggambarkan budaya barongan yang merupakan salah satu kesenian tradisional yang sering ditampilkan di Jawa Tengah.

Souvenir Barongan ini umumnya dijadikan sebagai gantungan kunci, dengan desain serta bentuk yang berbeda-beda. Nah, cocok sekali untuk kamu yang sedang mencari hiasan untuk gantungan kunci rumah kamu.

4. Dumbeg

10 Oleh-oleh Khas yang Hanya Bisa Kamu Dapatkan di Blora! Dumbeg (brisik.id)

Makanan ringan khas Blora satu ini terbuat dari tepung beras dan gula yang dibalut dengan daun lontar dari pohon siwalan. Makanan khas satu ini termasuk ke dalam jajanan pasar yang memiliki rasa manis legit dan memiliki sejarah tersendiri.

Bagi masyarakat setempat dumbeg merupakan lambang dari laki-laki, dan dalam tradisi Jawa Kuno pasangan dari dumbeg ini yaitu jadah atau ketan yang merupakan lambang dari perempuan. Keduanya melambangkan kesuburan, tonggak dari peradaban manusia.

5. Tape Sugihan

10 Oleh-oleh Khas yang Hanya Bisa Kamu Dapatkan di Blora! Tape Sugihan (perpus.jatengprov.go.id)

Blora memiliki tape khasnya sendiri yang diberi nama Tape Sugihan. Sugihan sendiri mengacu pada nama tempat dimana tape ini dibuat yang terletak di desa Mojowetan, Kecamatan Banjarejo.

Bahan baku dari Tape ini sama dengan tape pada umumnya yaitu singkong yang sudah difermentasi atau ketan yang memiliki rasa manis dan asam. Waktu yang dibutuhkan untuk fermentasi yaitu sekitar 51 jam, agar tape yang dihasilkan sempurna dan aromanya pekat.

6. Abon Lele

10 Oleh-oleh Khas yang Hanya Bisa Kamu Dapatkan di Blora! Abon Lele (mail.perpus.jatengprov.go.id)

Oleh oleh khas Blora satu ini berbahan dasar dari lele. Ternyata lele tak hanya enak digoreng saja, namun cocok juga untuk dijadikan Abon, seperti makanan satu ini yaitu Abon Lele yang merupakan salah satu oleh oleh khas dari Blora.

Proses pembuatannya sama seperti abon lainnya yang menggunakan daging. Daging lele yang digunakan dalam abon ini, dihaluskan lalu dikeringkan agar bisa bertahan lama. Rasa dari abon lele ini tentu saja nikmat dan gurih, dan cocok sekali dijadikan camilan maupun dimakan dengan nasi hangat beserta lauk pauknya.

7. Gembol Jati

10 Oleh-oleh Khas yang Hanya Bisa Kamu Dapatkan di Blora! Gembol Jati (twitter.com/info_blora)

Gembol Jati merupakan jenis kerajinan yang memiliki nilai yang sangat tinggi. Jati yang digunakan untuk kerajinan ini yaitu berasal dari gembol akar jati, dari pohon jati yang sudah ditebang.

Ratusan gembol jati ini dibuat menjadi berbagai macam kerajinan seperti ukiran, furniture, patung, sampai ornamen untuk menghias dinding. Karena kualitasnya yang terkenal sampai mancanegara, maka tak heran bahwa oleh oleh satu ini tentunya memiliki harga yang cukup mahal.

8. Kaos Samin

10 Oleh-oleh Khas yang Hanya Bisa Kamu Dapatkan di Blora! Kaos Samin (twitter.com/info_blora)

Kaos yang memiliki gambar wajah dari pahlawan Samin Surosentiko ini, dibuat untuk mengenang jasa dari beliau pada masa penjajahan dulu di Blora. Kaos satu ini memiliki sejarah dan juga filosofi yang cukup kental, seperti warna hitam dari kaos ini menggambarkan kesetaraan di antara manusia.

Bahkan pemerintah setempat mewajibkan ASN mereka untuk menggunakan kaos ini pada setiap hari kamis di minggu keempat, setiap bulannya.

9. Egg Roll

10 Oleh-oleh Khas yang Hanya Bisa Kamu Dapatkan di Blora! Egg Roll (foodnesia.net)

Oleh oleh khas Blora satu ini wajib untuk kamu beli. Egg roll adalah semacam biskuit yang memiliki bentuk panjang dan teksturnya yang renyah serta empuk. Egg roll khas blora satu ini dibuat dengan berbahan dasar telur dan umumnya ditambah dengan waluh atau labu kuning dalam proses pembuatannya.

Kamu dapat dengan mudah menemukan oleh oleh khas satu ini, di toko-toko yang ada di Blora. Sebab masyarakat setempat memproduksi egg roll ini setiap hari, kok.

10. Batik Blora

10 Oleh-oleh Khas yang Hanya Bisa Kamu Dapatkan di Blora! Batik Blora (semarangpos.com)

Oleh oleh terakhir yaitu Batik Blora. Jawa Tengah memang memiliki berbagai daerah yang memproduksi batiknya sendiri, motif serta harganya pun berbeda-beda setiap daerahnya. Begitu juga dengan Blora, daerah yang ada di Kabupaten Blora, Provinsi Jawa Tengah ini memiliki batik khasnya sendiri.

Batik Blora atau yang biasa disebut dengan Batik Mbloro merupakan salah satu batik yang cukup banyak diminati oleh para pecinta batik, loh.

Salah satu hal menarik dari Batik Mbloro ini yaitu motif budaya yang unik yang dipadukan dengan motif khas dari Blora yang melambangkan ciri khas ikon dari kota tersebut.

Itulah 10 oleh oleh khas yang bisa kamu dapatkan hanya ketika kamu berkunjung ke Blora. Semuanya bagus dan sangat unik-unik banget, deh. Kira-kira kamu ingin membeli yang mana dulu, nih?

 

Penulis: Geraldy Valentino Tjahjana

Baca Juga: 5 Kuliner Unik ini Cuma Bisa Ditemukan di Blora, Maknyus Lur!

Topic:

  • Bunga Semesta Int
  • Bandot Arywono

Berita Terkini Lainnya