Comscore Tracker

7 Gunung Favorit Para Pendaki di Jawa Tengah, Pemandangannya Eksotis 

Ada gunung berapi hingga gunung mistis

Semarang, IDN Times - Indonesia memiliki banyak gunung di setiap daerahnya. Salah satu daerah yang memiliki gunung paling banyak dan menjadi favorit untuk pendakian yakni Jawa Tengah. Provinsi Jateng memiliki banyak pesona dengan gunung-gunung yang menghiasi setiap sudut kota di Jawa Tengah.

Berbagai macam gunung terdapat di Jawa Tengah dan menyimpan ceritanya masing-masing. Gunung Berapi, Gunung dengan kisah misterius, dan Gunung-gunung favorit para pendaki untuk dijelajahi.

Jika anda merupakan pendaki, maka rasanya tak afdol bila belum menjelajah ke gunung-gunung terkenal di Jawa Tengah. Berikut dibawah nama-nama Gunung Terfavorit Pendaki di Jawa Tengah.Check this out

Baca Juga: Info Pendakian Gunung Merbabu via Selo Boyolali, Rute dan Biaya

1. Gunung Selamet

7 Gunung Favorit Para Pendaki di Jawa Tengah, Pemandangannya Eksotis commons.wikimedia.org

Gunung terfavorit pertama para pendaki di Jawa Tengah adalah Gunung Slamet. Terletak diantara 5 kabupaten di Jawa Tengah yaitu Kabupaten Brebes, Kabupaten Banyumas, Kabupaten Purbalingga, Kabupaten Tegal, dan Kabupaten Pemalang.

Gunung Slamet memiliki ketinggian 3.428 mdpl merupakan gunung tertinggi di Jawa Tengah. Gunung slamet adalah gunung berapi yang memiliki bentuk kerucut. Pada tahun 2009 terdapat kawah yang masih aktif sampai sekarang yaitu hingga level siaga di kawah IV.

Jika anda merupakan seorang pendaki gunung, maka tak akan akan asing mendengar nama Gunung Slamet. Karena Gunung Slamet merupakan gunung yang sangat populer karena berada di kawasan wisata Baturaden.

Kemudahan aksesnya yaitu hanya sekitar 15 KM dari Purwokerto membuat Gunung Slamet menjadi langganan untuk para pendaki walaupun medannya yang sangat sulit.

2. Gunung Sindoro

7 Gunung Favorit Para Pendaki di Jawa Tengah, Pemandangannya Eksotis instagram.com/sindorosumbingmountain

Salah satu gunung terfavorit pendaki di Jawa Tengah lainnya adalah Gunung Sindoro. Gunung Sindoro terletak di Kota Temanggung, dengan ketinggian 3.152 mdpl. Gunung Sindoro merupakan salah satu gunung di Jawa Tengah, yang selalu dipadati para pendaki di jalur pendakian Gunung Sindoro.

Bagi para pendaki Gunung Sindoro merupakan gunung terfavorit mereka sebab di jalur panjang pendakian, para pendaki dapat merasakan tantangan. Untuk merasakan suasana yang sejuk dan damai anda disarankan mendaki pada jam 6 pagi.

Daya tarik lain dari Gunung Sindoro adalah kawasannya yang terletak dengan tempat wisata lainnya misal tempat wisata Dieng. Anda dapat berjalan dari titik masuk Gunung Sindoro ke Dieng hanya beberapa menit saja.

Jika anda merupakan pendaki pemula. Gunung Sindoro juga merupakan gunung dengan jalur pendakian yang ramah dan bersahabat. Gunung ini dapat dijelajahi selama 24 jam dengan biaya masuk sekitar 10-30rb.

3. Gunung Sumbing

7 Gunung Favorit Para Pendaki di Jawa Tengah, Pemandangannya Eksotis unsplash.com/Carolus abi

Gunung sumbing memiliki tinggi 3.371 Mdpl, merupakan gunung tertinggi di Jawa Tengah yang terletak di 3 wilayah kabupaten Jawa Tengah yaitu, Kabupaten Magelang, Kabupaten Wonosobo, dan Kabupaten Temanggung.

Gunung Sumbing dengan Gunung Sindoro memiliki bentang alam kembar, berupa celah antara gunung jika dilihat dari arah jalan provinsi Kota Temanggung dan Koto Wonosobo. Nama jalan yang dapat melihat keindahan Gunung Sumbing ini diberi nama Kledung Pass.

Bagi para pendaki gunung sumbing merupakan gunung terfavorit para pendaki. Jalur yang paling pendaki sukai adalah melalui desa di kaki gunung Sumbing bagian Utara jalur pendakian ini disebut dengan nama Garung.

Di desa Garung tersebut para pendaki akan melakukan keberangkatan secara bersamaan melalui jalur garung tersebut atau dapat memulai perjalanan mereka dari basecamp.

Gunung sumbing memiliki jalur pendakian yang lebih sulit dibandingkan Gunung sindoro. Walaupun terlihat kembar gunung tersebut memiliki kondisi alam yang jauh berbeda.

4. Gunung Merapi

7 Gunung Favorit Para Pendaki di Jawa Tengah, Pemandangannya Eksotis ANTARA FOTO/Aloysius Jarot Nugroho

Gunung Merapi merupakan gunung terfavorit pendakian walaupun gunung yang memiliki tingkat kebencanaan yang tinggi. Sejak tahun 1548 gunung Merapi meletuskan dirinya sebanyak 68 kali.

Letak gunung Merapi terletak pada kabupaten Sleman , Yogyakarta, Magelang, Boyolali, dan Klaten. Gunung Merapi memiliki ketinggian 2.930 mdpl dihitung pada 2010.

Puncak Gunung Merapi dijadikan kawasan Taman Nasional sejak tahun 2004. Uniknya di ketinggian 1700 meter dan empat kilometer dari puncak gunung merapi masih terdapat permukiman padat penduduk.

Karena kepadatan permukiman di sekitaran puncak gunung Merapi . Gunung Merapi masuk dalam proyek Gunung Api Dekade dari 16 gunung api di Dunia.

5. Gunung Lawu

7 Gunung Favorit Para Pendaki di Jawa Tengah, Pemandangannya Eksotis https://www.instagram.com/lawumountain

Gunung Lawu memiliki nama lainnya bernama Gunung Mahendra, yang terletak diperbatasan Provinsi Jawa Tengah dan Jawa Timur. Memiliki ketinggian 3.265 mpdl.

Memiliki banyak tempat wisata popular di lereng puncaknya menjadikan Gunung Lawu ini merupakan Gunung terfavorit pendaki di Jawa Tengah.

Di lereng Gunung Lawu terdapat kepundan kecil yang mengeluarkan uap air dan belerang. Gunung lawu juga memiliki tiga puncak yaitu Puncak Hargo Dumilah, Hargo Dumiling, dan yang tertinggi adalah puncak Hargo Dumilah.

Biasanya Gunung Lawu memiliki padat pengunjung pada malam 1 Suro. Karena tingkat kepopuleran dan tempat para favorit para pendaki di atas gunung Lawu terdapat para pedagang minuman dan makanan.

Jalur pendakian tercepat dapat dilewatkan dari jalur Cemoro Sewu, sebab jalur pendakian memiliki jalan yang ditata cukup baik, dan jalanan di jalur ini terbuat dari batu-batuan yang disusun dengan rata sehingga memudahkan akses jalan.

6. Gunung Ungaran

7 Gunung Favorit Para Pendaki di Jawa Tengah, Pemandangannya Eksotis saksara.xyz

Gunung terfavorit para pendaki selanjutnya adalah Gunung Ungaran yang memiliki ketinggian 2.050 mdpl.

Gunung Ungaran memiliki sumber air panas yang terdapat di kaki gunungnya. Lokasi sumber air panas tersebut terletak di Candi Gedong Songo, Gonoharjo, dan Limbangan Kendal.

Alasan utama mengapa gunung ungaran menjadi gunung favorit pendakian adalah letaknya yang berada pasa wisata Bandungan, yang terdapat banyak situs peninggalan purbakala seperti Candi Gedong Songo.

7. Gunung Merbabu

7 Gunung Favorit Para Pendaki di Jawa Tengah, Pemandangannya Eksotis Gunung Merbabu di Selo, Boyolali, Jawa Tengah (ANTARA /Aloysius Jarot Nugroho)

Gunung Merbabu sering dikatakan kembaran gunung Merapi. Sebab kedua gunung ini berjejeran dan membuat sebuah bentang dua gunung seakan kedua gunung ini kembar.

Terletak pada tiga kabupaten di Jawa Tengah yaitu Magelang, Boyolali, dan Semarang. Memiliki tinggi mencapai 3.145 mdpl yang merupakan gunung berapi.

Gunung Merbabu memiliki keindahan alam yang luar biasa indah dan sangat menakjubkan. Maka tak heran bila gunung Merbabu merupakan gunung terfavorit pendaki di Jawa Tengah.

Baca Juga: Ritual Berusaha Ambil Bunga Mistis, 3 Pria Hilang di Gunung Ungaran

Topic:

  • Bandot Arywono

Berita Terkini Lainnya