Comscore Tracker

6 Kebun Binatang di Jawa Tengah yang Wajib Dikunjungi saat Liburan

Wisata edukatif mengenal satwa lebih dekat

Wisata edukatif yang ramah anak saat ini semakin banyak dicari. Terlebih, saat libur panjang di pertengahan tahun atau akhir tahun.

Selain museum, kebun binatang seringkali dijadikan alternatif untuk memperkenalkan berbagai satwa liar yang dilindungi. Nah, buat lamu yang kebetulan berlibur ke Jawa Tengah, berikut ini 6 kebun binatang yang wajib kamu kunjungi.

1. Taman Margasatwa Semarang

6 Kebun Binatang di Jawa Tengah yang Wajib Dikunjungi saat LiburanIlustrasi kebun binatang (IDN Times/Reynaldy Wiranata)

Taman Margasatwa Semarang ini terkenal juga dengan nama Kebun Binatang Mangkang. Taman margasatwa ini bisa memberikan pengalaman yang berbeda jika dibandingkan dengan kebun binatang pada umumnya.

Sebab, kebun binatang dengan luas 10 hektare ini tidak hanya menawarkan koleksi binatang yang cukup lengkap. Namun juga ada ada museum satwa, museum pesawat, waterboom, arena outbond hingga gedung sinema satwa.

Selain fasilitas yang lengkap, kamu juga bisa berswafoto dengan beberapa hewan, seperti ular piton dan burung beo. Pihak pengelola menyediakan latar belakang (background) yang keren buat kamu yang ingin berfoto bersama binatang tersebut. Cukup dengan biaya Rp10 ribu, kamu bisa mendpaatkan berukuran 5R.

2. Kebun Binatang Jurug Solo

6 Kebun Binatang di Jawa Tengah yang Wajib Dikunjungi saat Liburantwitter.com/kominfo_jtg

Kebun Binatang Jurug Solo menjadi destinasi wisata favorit di Kota Solo. Tempat ini terkenal dengan koleksi fauna yang lengkap, seperti keluarga burung, hingga harimau Sumatera yang menjadi primadona.

Kebun binatang ini juga mempunyai taman lampion yang bernama Taman Pelangi. Seperti namanya taman berisikan berbagai lampion yang mempunyai bentuk beraneka macam, yang bisa kamu jadikan tempat berfoto untuk memperbarui feed Instagrammu.

Taman pelangi juga mempunyai pertunjukan air mancur menari yang berada di tengah danau, lengkap dengan water screen sehingga bisa memberikan suasana seru kepada anak-anak.

Baca Juga: Main Tubing Sepuasnya di Desa Wisata Lembah Singorojo Kendal 

3. Taman Wisata Purbasari Pancuran Mas

6 Kebun Binatang di Jawa Tengah yang Wajib Dikunjungi saat LiburanIDN Times/Galih Persiana

Kebun binatang yang berikutnya adalah ikon wisata yang ada di Kota Purbalingga. Yang membuat kebun binatang ini menarik adalah adanya akuarium raksasa yang bisa kamu temukan setelah memasuki loket tiket.

Ada berbagai jenis ikan yang ditempatkan pada akuarium berbagai ukuran. Mulai dari Arapaima gigas hingga ikan air tawar raksasa yang berasal dari sungai Amazon, menjadi primadona tempat ini.

4. Objek Wisata Air Cahaya Langgeng

6 Kebun Binatang di Jawa Tengah yang Wajib Dikunjungi saat LiburanIlustrasi anak-anak bermain di wisata air. (ANTARA FOTO/Abriawan Abhe)

Bagi kamu yang sedang berkunjung ke Temanggung, tidak ada salahnya untuk mengunjungi Objek Wisata Air Cahaya Langgeng yang berada di Dusun Wonosroyo, Desa Bojonegoro, Kedu, Kabupaten Temanggung. Selain menawarkan objek wisata pemandian, destinasi wisata ini dilengkapi dengan kebun binatang mini yang mempunyai puluhan koleksi binatang langka dan hampir punah.

Adapun, beberapa koleksinya seperti ulat, burung unta, merak hijau, iguana, rusa, biawak dan juga penyu. Selain mengenalkan koleksi binatang yang ada di wisata pemandian tersebut, kamu juga bisa memberikan makan binatang tersebut secara langsung.

5. Purbasari Pancuran Mas

6 Kebun Binatang di Jawa Tengah yang Wajib Dikunjungi saat LiburanWisata Purbasari Pancuran Mas (tripadvisor.nl)

Jika kamu pengin lihat kehidupan binatang di Malam hari, ada baiknya berkunjung ke Purbasari Nuansa Malam (Purnama), yang menjadi salah satu bagian dari objek wisata Purbasari Purnama Mas. Di sana, kamu bisa menyaksikan tingkah laku hewan ketika Malam hari.

Ada dua paket yang bisa kamu nikmati saat berkunjung ke sana. Yaitu Merak Package (untuk burung merak) dan Arapaima Package ( untuk ikan arapaima). Selain kedua binatang tersebut, nilai tawar lain dari objek wisata Malam ini adalah Nusantara and Toyoshuka Planet Aquarium, Istana Burung, Atraksi pakan ikan dan juga Aquarium Exotic.

6. Taman Satwa Gajah Mungkur

6 Kebun Binatang di Jawa Tengah yang Wajib Dikunjungi saat LiburanIlustrasi satwa Harimau Sumatera di kebun binatang. (IDN Times/Reynaldy Wiranata)

Kebun binatang mini ini berada di objek wisata Waduk Gajah Mungkur Wonogiri. Di sana ada beberapa koleksi binatang, seperti rusa buaya, gajah, monyet dan berbagai jenis burung.

Setelah membayar tiket masuk ke waduk Gajah Mungkur, kamu tidak perlu lagi membayar lagi untuk bisa melihat berbagai koleksi kebun binatang mini tersebut.

Nah, itu dia 6 kebun binatang di Jawa Tengah yang harus kamu kunjungi selama berlibur di salah satu kota di Jawa Tengah. Dari keenam kebun binatang tersebut, yang sudah masuk list kamu, yang mana, nih?

Baca Juga: 10 Tempat Penginapan di Bukit Sikunir Dieng Wonosobo, Mulai 100 Ribuan

Topic:

  • Dhana Kencana

Berita Terkini Lainnya