Comscore Tracker

Keren! Elon Musk Ekspansi ke Jateng, Bangun Pabrik Tesla di Batang

Kabarnya sedang proses diskusi dengan Pemerintah RI

Batang, IDN Times - Perusahaan manufaktur yang memproduksi mobil listrik dunia, Tesla akan melakukan ekspansi bisnis ke Indonesia. Adapun, Pemerintah RI sedang mengarahkan perusahaan milik Elon Musk itu untuk membangun pabrik di Kabupaten Batang, Jawa Tengah. 

1. Rencana pembangunan pabrik baterai sedang dalam diskusi dengan pemerintah

Keren! Elon Musk Ekspansi ke Jateng, Bangun Pabrik Tesla di BatangMenteri Perindustrian Agus Gumiwang. IDN Times/Hana Adi Perdana

Pembangunan pabrik baterai itu sesuai rencana akan dilakukan di kawasan industri terpadu di Batang yang sedang dibangun pemerintah. 

Melansir tayangan Power Lunch Di CNBC Indonesia TV, Selasa (20/10/2020), Menteri Perindustrian (Menperin), Agus Gumiwang membenarkan soal rencana Tesla tersebut. ‘’On going discussion, arahnya ke sana (Batang)," kata Agus.

Baca Juga: Baterai Tesla Bisa Tempuh Jarak Hingga 1,6 Juta Kilometer!

2. Luhut mengklaim sudah dihubungi oleh manajemen Tesla

Keren! Elon Musk Ekspansi ke Jateng, Bangun Pabrik Tesla di BatangCEO Tesla, Elon Musk (www.instagram.com/@elonmusk)

Disampaikan, saat ini proses diskusi antara pemerintah Indonesia dengan Tesla masih berlangsung. Bahkan, Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi, Jenderal TNI (Purn) Luhut Binsar Pandjaitan mengklaim sudah dihubungi pihak Tesla. 

Menurut Luhut, manajemen Tesla tertarik menanamkan modal karena Indonesia memiliki cadangan nikel di dunia.

3. Kawasan industri terpadu di Batang memiliki luas 450 hektar

Keren! Elon Musk Ekspansi ke Jateng, Bangun Pabrik Tesla di BatangIlustrasi kawasan industri. pulauintan.com

Untuk diketahui, Kawasan Industri Terpadu di Kabupaten Batang itu menjadi andalan pemerintah karena memiliki luas 450 hektar dan merupakan satu kepemilikan di bawah PTPN IX. Sehingga, kedepan tidak ada lagi isu relokasi rumah warga yang mandeg karena perizinan. 

Sementara itu, Jawa Tengah juga digadang-gadang sebagai pusat industri manufaktur. Hal ini lantaran kawasan tersebut memiliki kelebihan seperti terintegrasi dengan jalan tol Trans Jawa.

Selain itu, ada juga perusahaan negara yang mendukung antara lain PLN serta Pertamina yang siap menyediakan fasilitas energi. Kondisi itu akan semakin mewujudkan mimpi raja baterai listrik secara global. 

Baca Juga: UU Omnibus Law Disahkan, Para Investor Masuk ke Batang Pada 2021

Topic:

  • Dhana Kencana

Berita Terkini Lainnya