Comscore Tracker

Rawan Kerumunan, BI Jateng Tidak Setop Layanan Penukaran Uang Lebaran

Bank diminta menerapkan protokol COVID-19

Semarang, IDN Times - Penukaran uang pecahan baru untuk Lebaran 2020 atau pada bulan Ramadan kali ini tidak digelar oleh Kantor Perwakilan Bank Indonesia (BI) Provinsi Jawa Tengah. BI Jateng tak membuka layanan penukaran di kantornya, Jalan Imam Barjo Semarang maupun secara bersama-sama perbankan di beberapa tempat publik.

1. Layanan kas keliling kepada masyarakat dihentikan

Rawan Kerumunan, BI Jateng Tidak Setop Layanan Penukaran Uang LebaranDok. BI Jateng

Penukaran bersama uang pecahan baru yang kerap dilakukan setiap tahunnya oleh BI, kali ini tidak diselenggarakan. Hal itu dikarenakan adanya pandemik virus corona.

"Penukaran (uang pecahan) bersama tidak ada. Penukaran tidak diselenggarakan pada Ramadan tahun ini. BI juga menghentikan layanan kas keliling kepada masyarakat. Karena memang kondisinya (pandemik virus corona) saat ini," jelas Kepala Kantor Kpw BI Jateng, Soekowardojo dalam konferensi pers yang digelar secara virtual, Kamis (23/4).

Baca Juga: Perhiasan Emas Sumbang Inflasi di Jateng, Cumi-Cumi Sokong Deflasi

2. Layanan penukaran uang bisa dilakukan di loket bank

Rawan Kerumunan, BI Jateng Tidak Setop Layanan Penukaran Uang LebaranIDN Times/Gregorius Aryodamar P

Meski demikian, imbuh Soeko, bagi masyarakat yang masih berkeinginan untuk menukarkan uang, masih bisa dilakukan melalui loket penukaran di beberapa bank, yang membuka layanan tersebut.

"Masyarakat masih bisa mendapatkan penukaran melalui loket. BI akan melayani dan bekerjasama dengan rekan perbankan untuk penukaran (uang pecahan). Baik untuk nasabah maupun yang non nasabah," katanya.

3. BI Jateng tak meniadakan kegiatan penukaran uang kartal

Rawan Kerumunan, BI Jateng Tidak Setop Layanan Penukaran Uang LebaranDok. BI Jateng

Ihwal kemungkinan adanya kerumunan-kerumunan di beberapa bank saat proses penukaran, Soeko belum secara tegas menyatakan meniadakan layanan tersebut secara keseluruhan.

"Belum tahu (akan) ditiadakan. Karena masyarakat masih membutuhkan uang karta. Ada pandemik COVID-19 akan mengubah budaya kita, tapi tidak sampai menghilangkan. Tetapi ini (soal penukaran uang) kita belum tahu (apakah akan ditiadakan seluruhnya atau tidak)," jelasnya.

4. BI Jateng imbau bank menerapkan protokol COVID-19

Rawan Kerumunan, BI Jateng Tidak Setop Layanan Penukaran Uang LebaranDok. Bank BRI

Soeko mengimbau kepada perbankan yang menyediakan loket penukaran uang kartal baru agar menerapkan dan menjalan kan protokol COVID-19. Baik protokol kesehatan serta keamanannya.

"Tetap (para penukar uang) akan diukur suhunya. Bank menyediakan hand sanitizer. Jarak duduknya diatur, jarak antrinya diatur. Kalau itu diberlakukan bisa memitigasi atau mengurangi risiko penularan virus corona," pungkas Soeko.

Baca Juga: Ekonomi Jateng Triwulan I Diprediksi Turun, Terkoreksi Hingga 4 Persen

Topic:

  • Dhana Kencana

Berita Terkini Lainnya