Comscore Tracker

Ribuan UMKM Semarang Difasilitasi Bikin E-Katalog, Begini Caranya

Kemenkumham Jateng percepat pemulihan ekonomi

Semarang, IDN Times - Kantor Wilayah Kemenkumham Jawa Tengah memastikan akan memberi kemudahan bagi para pelaku usaha kecil mikro dan menengah (UMKM) untuk membuat e-Katalog. 

 

1. Ribuan UMKM bisa masuk e-Katalog Kemenkumham

Ribuan UMKM Semarang Difasilitasi Bikin E-Katalog, Begini CaranyaKepala Divisi Administrasi Kemenkumham Jateng, Jusman Ali. (IDN Times/Fariz Fardianto)

Setiap UMKM akan diberi fasilitas mempromosikan produk unggulannya melalui e-Katalog yang dikelola petugas Kemenkumham. 

"Dari data yang kita miliki, di Semarang aja kira-kira ada seribu lebih UMKM yang punya berbagai macam produk unggulan. Kita telah sediakan e-Katalog bagi mereka untuk promosikan produk-produknya. Kita kepengin sampai akhir bulan nanti ada ribuan UMKM yang masuk ke e-Katalog kita," kata Kepala Divisi Administrasi, Kemenkumham Jawa Tengah, Jusman Ali, Senin (15/8/2022). 

Baca Juga: Napi Korupsi Diberi Jatah Rekreasi, Kemenkumham Jateng: Biar Gak Bosan

2. Tindaklanjuti arahan Jokowi untuk pulihkan ekonomi daerah

Ribuan UMKM Semarang Difasilitasi Bikin E-Katalog, Begini CaranyaPelaku UMKM memamerkan produknya di pameran UMKM Gayeng 2022 di Mal Paragon Semarang, 19--24 April 2022. (IDN Times/Anggun Puspitoningrum)

Menurutnya setelah 2,5 tahun masa pandemik COVID-19, sudah saatnya setiap UMKM dikembangkan lagi untuk mempercepat pemulihan perekonomian nasional terutama di Jawa Tengah. 

Percepatan pemulihan ekonomi, katanya juga menjadi arahan Presiden Jokowi supaya kondisi masyarakat kembali bangkit dari keterpurukan.

"Kebetulan juga di Semarang kluster usaha mikronya sangat banyak dan beragam. Rata-rata pelaku usahanya bergerak di bidang kuliner, fesyen dan handycraft. Ini yang kita coba dorong terus agar ekonominya cepat pulih. Apalagi ini arahan dari bapak presiden untuk meningkatkan percepatan pemulihan ekonomi nasional," jelasnya. 

3. Kemenkumham Jateng pasang syarat bagi pelaku usaha UMKM

Ribuan UMKM Semarang Difasilitasi Bikin E-Katalog, Begini CaranyaKepala Divisi Administrasi Kemenkumham Jateng Jusman Ali ketika menemui seorang pelaku UMKM yang mendaftarkan produknya di loket layanan Kanwil Kemenkumham Jateng Jalan dr Cipto Semarang. (IDN Times/Fariz Fardianto)

Lebih lanjut, ia menyebut UMKM yang memenuhi syarat pembuatan e-Katalog ialah yang telah memiliki badan hukum. Kemenkumham juga telah memfasilitasi pembuatan badan hukum perseorangan bagi setiap pelaku usaha UMKM sehingga nantinya memiliki legalitas yang jelas ketika diberi akses permodalan. 

"Tentunya kita akan lihat bagaimana bentuk badan hukumnya. Sementara sudah ada ratusan UMKM yang sudah punya e-Katalog. Terbagi enam etalase. Jumlahnya akan terus bertambah sesuai dengan antusiasme warga tiap kecamatan dan kelurahan," ungkapnya. 

Terpisah, dalam pantauan di kantor Kemenkumham Jateng tampak sejumlah pelaku usaha UMKM yang berdatangan untuk mendaftarkan produknya ke e-Katalog. Pendaftaran e-Katalog dibuka dari pagi sampai sore hari. 

Baca Juga: Kemenkumham Jateng Minta ASN Kolaborasi dengan Pemda

Topic:

  • Bandot Arywono

Berita Terkini Lainnya