Comscore Tracker

Ya Ampun Calon Penumpang Positif COVID-19 Nekat Masuk Bandara Semarang

Bandara Ahmad Yani nyaris kecolongan

Semarang, IDN Times - Sejumlah calon penumpang pesawat terbang nekat menerobos masuk Bandara Internasional Jenderal Ahmad Yani, Semarang dalam kondisi terkonfirmasi positif COVID-19.

Mereka yang tepergok petugas bandara melontarkan berbagai alasan agar tetap bisa melanjutkan penerbangannya dari Kota Semarang.

1. Sejumlah calon penumpang yang positif COVID-19 nyelonong masuk bandara

Ya Ampun Calon Penumpang Positif COVID-19 Nekat Masuk Bandara SemarangPetugas Bandara Ahmad Yani Semarang dibantu aparat TNI melakukan random check pasca bom bunuh diri di Makasaar. Dok Humas Bandara Ahmad Yani Semarang

General Manajer PT Angkasa Pura I, Bandara Internasional Jenderal Ahmad Yani Semarang, Hardi Ariyanto menyatakan, temuan itu terkuak ketika sejumlah petugas Bandara Ahmad Yani mengecek dokumen kesehatan para calon penumpang yang berpergian selama sebulan terakhir.

"Dalam kurun sebulan terakhir beberapa calon penumpang dengan hasil positif COVID-19 datang ke bandara. Otomatis ditolak dan tidak dapat melanjutkan perjalanan setelah verifikasi dokumen," , Minggu (29/8/2021).

Baca Juga: Bandara Ahmad Yani Wajibkan Penumpang Bawa Hasil Tes Swab PCR 

2. Pihak bandara klaim calon penumpang tidak paham hasil positif COVID-19

Ya Ampun Calon Penumpang Positif COVID-19 Nekat Masuk Bandara SemarangLokasi lobi tiket do Bandara Ahmad Yani Semarang. Dok Humas Ombudsman Jateng

Ketika dimintai keterangan, calon penumpang yang dirahasiakan namanya ini beralasan tidak mengerti hasil tes COVID-19 yang ada di dalam dokumen kesehatannya.

"Dan ada juga yang ngakunya gak baca hasilnya, namun langsung disimpan kemudian dibawa ke bandara. Jadi, kami imbau setiap calon penumpang pesawat supaya jeli memperhatikan hasil tes COVID-19. Kalau dinyatakan positif, jangan datang ke bandara. Isolasi mandiri dulu atau konsultasikan ke dokter. Karena ini punya risiko tinggi yang bisa menularkan virusnya kepada orang lain di bandara," kata Hardi. 

Diakuinya dari sosialisasi dilakukan pihaknya, para calon penumpang belum paham sepenuhnya mengenai aturan perjalanan udara selama masa pandemik. 

"Meskipun sudah disosialisasikan, tapi masih ada calon penumpang yang belum paham aturannya. Mereka juga kurang teliti melengkapi dokumen penerbangan yang memenuhi syarat. Makanya begitu ada calon penumpang yang positif COVID-19, kita koordinasi dengan Dinas Kesehatan Jateng dan Dinkes Semarang untuk membawa calon penumpang tersebut ke tempat isolasi," tuturnya. 

3. Petugas Bandara Ahmad Yani sterilkan semua sudut ruangan

Ya Ampun Calon Penumpang Positif COVID-19 Nekat Masuk Bandara SemarangTampak para calon penumpang pesawat mengantre jadwal keberangkatan dari Bandara Ahmad Yani Semarang. Dok Humas Bandara Ahmad Yani Semarang

Setelah itu, petugas bandara mensterilkan semua lokasi dengan menyemprotkan disinfektan terutama ruangan yang dilalui calon penumpang tersebut. 

Hardi berharap supaya kejadian tersebut jangan sampai terulang lagi, setiap fasilitas pelayanan kesehatan di Semarang supaya memberi pengertian kepada pasiennya jika muncul diagnosa positif COVID-19. 

"Jika ada pasien dengan hasil positif COVID-19 perlu diberi catatan khusus di dalam dokumen hasil kesehatan yang menyatakan tidak dapat melaksanakan perjalanan udara dan disarankan tidak datang ke bandara," tandasnya. 

Baca Juga: Vaksinasi COVID-19 di Semarang Sasar 6.000 Difabel, Ini Cara Daftarnya

Topic:

  • Bandot Arywono

Berita Terkini Lainnya