Comscore Tracker

Indonesia Shopping Festival 2022, Pesta Diskon Hingga 77 Persen

Serentak di seluruh kota di Indonesia.

Surakarta, IDN Times - Asosiasi Pengelola Pusat Belanja Indonesia (APPBI) mengelar Indonesia Shopping Festival 2022. Kegiatan pesta belanja nasional tersebut berlangsung mulai tanggal 11 Agustus hingga 21 Agustus 2022.

Pesta belanja sendiri digelar diseluruh kota/kabupaten di Indonesia, acara ini sebagai upaya untuk mempercepat pertumbuhan ekonomi nasional khususnya industri retail.

1. Digelar serentak diseluruh Indonesia.

Indonesia Shopping Festival 2022, Pesta Diskon Hingga 77 PersenPembukaan Indonesia Shopping Festival 2022 di Solo Paragon Mall. (IDN Times/Larasati Rey)

Ketua Umum DPP APPBI, Alphonzus Wijaja mengatakan Indonesia Shopping Festival 2022 merupakan inovasi yang dilakukan oleh APPBI dari program Indonesia Great Sale yang sebelumnya diadakan sebelum pandemik COVID-19 dalam rangka merayakan Hari Ulang Tahun Republik Indonesia.

"Serempak diadakan di seluruh pusat belanja di Indonesia dalam rangka merayakan Hari Ulang Tahun Republik Indonesia ke-77 serta mempercepat pemulihan perekonomian nasional khususnya pada bidang retail," katanya dalam pembukaan Indonesia Shopping Festival 2022 di Solo Paragon Mall, Kamis (11/8/2022).

Kota Solo sendiri kali ini dipilih sebagai lokasi utama pembukaan Indonesia Shopping Festival 2022 yang berada di Solo Paragon Lifesyle Mall.

2. Pesta diskon hingga 77 persen.

Indonesia Shopping Festival 2022, Pesta Diskon Hingga 77 PersenPambukaan Indonesia Shopping Festival 2022 di Solo Paragon Mall. (IDN Times/Larasati Rey)

Lebih lanjut, Aphonzus mengatakan kegiatan Indonesia Shopping Festival sendiri didukung oleh Kementerian Perdagangan Indonesia, Indonesia Shopping Festival 2022 akan dimeriahkan dengan pesta diskon spesial hingga 77% sesuai dengan usia Republik Indonesia pada Agustus tahun ini.

Selain itu, akan hadir pameran produk dalam negeri dan UMKM di seluruh pusat perbelanjaan, festival kuliner khas nusantara sesuai daerah masing-masing, dimeriahkan dengan pertunjukan kesenian daerah dan kolaborasi event masing-masing pusat belanja pada periode Indonesia Shopping Festival 2022 berlangsung.

“Kami mendukung penuh kegiatan Indonesia Shopping Festival 2022, mengingat pada masa pandemi menuju endemi ini menjadi momen bagi kami untuk berkolaborasi dengan berbagai pihak, khususnya para pelaku usaha retail untuk mempercepat pemulihan perekonomian nasional," katanya.

"Melalui Indonesia Shopping Festival 2022 yang diadakan dalam rangka merayakan HUT RI ke-77, APPBI optimis turut berperan serta mempercepat pertumbuhan ekonomi nasional, khususnya industri retail yang mengalami dampak cukup besar selama pandemi Covid-19," imbuhnya.

3. Gibran berharap mall tak tutup lagi jika pandemi naik.

Indonesia Shopping Festival 2022, Pesta Diskon Hingga 77 PersenPameran Indonesia Shopping Festival 2022 di Solo Paragon Mall. (IDN Times/Larasati Rey)

Sementara itu, Walikota Solo Gibran Rakabuming Raka mengatakan akan mendukung segala bentuk pemulihan ekonomi, salah satunya ia akan tetap mengizinkan mall tetap beroperasi jika nanti pandemi Covid-19 naik kembali.

Menurutnya, kebijakan menutup pusat perbelanjaan bisa menghambat laju ekonomi dan lebih merugikan masyarakat.

"Nanti andaikata pandemi naik lagi, kalau ada aturan untuk harus menutup mal, di Solo kebijakannya lain. Saya ingin mal tetap buka. Pokoknya, pemulihan ekonomi prioritas nomor satu," ungkapnya.

Menurutnya, perputaran transaksi di mal sangat berpengaruh terhadap pertumbuhan ekonomi di Solo. Di samping banyak tenaga kerja yang menggantungkan hidupnya di mal. Alhasil, jika mal ditutup, bakal banyak tenaga kerja yang dirumahkan. Otomatis daya beli masyarakat kembali turun.

"Kasihan kalau mal tutup. Banyak pekerja di sana," pungkasnya.

Topic:

  • Bandot Arywono

Berita Terkini Lainnya