Comscore Tracker

Jarang Diketahui, 10 Fakta Unik Soto, Kuliner Akulturasi Tionghoa dan Indonesia

Setiap daerah punya ukuran mangkuk soto berbeda-beda

Semarang, IDN Times - Jika ada yang bertanya kuliner apa yang paling populer di Indonesia? Maka, soto bisa menjadi jawabannya. Sebab, hidangan berkuah panas dan disajikan di dalam mangkuk mempunyai komposisi gizi yang lengkap mulai karbohidrat, serat, rempah-rempah hingga protein hewani ini selalu ada di setiap daerah.

Menelisik tentang soto dari sejarah hingga ragamnya memang tidak ada habisnya. Demi menjaga kuliner Indonesia, ini yang perlu kalian ketahui tentang fakta soto.

1. Kuliner asli Tiongkok yang terakulturasi dengan nusantara

Jarang Diketahui, 10 Fakta Unik Soto, Kuliner Akulturasi Tionghoa dan Indonesiainstagram.com/sotoafung

Soto sebenarnya kuliner dari Tiongkok yang terakulturasi di Indonesia. Dalam buku yang ditulis Dennys Lombard berjudul Nusa Jawa : Silang Budaya, asal mula soto adalah makanan Tiongkok bernama Caudo yang artinya jeroan dan rempah-rempah.

2. Pertama kali dijajakan pada abad 19 masehi

Jarang Diketahui, 10 Fakta Unik Soto, Kuliner Akulturasi Tionghoa dan Indonesiainstagram.com/kulinerkita.idn

Kuliner soto pertama kali dijajakan pada abad ke-19 masehi di Pesisir Pantai Utara Jawa, salah satunya di Semarang.

Baca Juga: 5 Warung Soto Enak dan Legendaris di Semarang, Seporsi Gak Cukup Deh!

3. Awalnya dijual orang Tionghoa dengan dipikul dan juga gerobak

Jarang Diketahui, 10 Fakta Unik Soto, Kuliner Akulturasi Tionghoa dan IndonesiaPenjual soto pada masa lampau. Sumber : khsblog

Pada mulanya soto dijual oleh orang-orang Tionghoa dan peranakan dengan gerobak atau pikulan, hingga membuka warung dan restoran. Pengaruh tersebut dapat dilihat dari penggunaan sendok bebek saat menikmati soto.

4. Pakai jeroan sapi karena dulu harga daging sapi mahal

Jarang Diketahui, 10 Fakta Unik Soto, Kuliner Akulturasi Tionghoa dan Indonesiainstagram.com/gitoeste

Menurut sejarahwan Universitas Padjajaran Bandung, Fadly Rahman mengatakan, jeroan sapi digunakan sebagai bahan pembuat soto, karena pada masa lampau pasokan daging sapi sangat minim dan harganya mahal.

5. Awalnya orang Tionghoa menjual soto dengan menggunakan daging babi lalu diganti ayam dan sapi

Jarang Diketahui, 10 Fakta Unik Soto, Kuliner Akulturasi Tionghoa dan IndonesiaPenjual soto di Boyolali Jawa Tengah. IDN Times/Anggun Puspitoningrum

Awalnya orang Tionghoa menjual soto dengan menggunakan daging babi. Namun, karena penduduk Indonesia banyak yang memeluk agama Islam, daging babi diganti dengan daging ayam, bebek, sapi, hingga kerbau.

Baca Juga: 6 Resep Soto Khas Daerah di Indonesia, Suguhkan Rasa Istimewa

6. Perpaduan dari berbagai budaya mulai dari Tionghoa, Indonesia hingga India

Jarang Diketahui, 10 Fakta Unik Soto, Kuliner Akulturasi Tionghoa dan IndonesiaIlustrasi soto dan beragam lauk pauk pendamping di Jawa Tengah. IDN Times/Anggun Puspitoningrum

Semangkuk soto merupakan percampuran dari berbagai budaya dan tradisi baik lokal maupun warga pendatang dari luar Indonesia. Seperti, mie atau soun dari Tiongkok, rempah-rempah pala dan lada dari Indonesia, bahkan ada kunyit dan kari dari India.

7. Setiap daerah memiliki kekhasan masing-masing

Jarang Diketahui, 10 Fakta Unik Soto, Kuliner Akulturasi Tionghoa dan Indonesiainstagram.com/deena_hp

Antropolog Universitas Gadjah Mada Yogyakarta, Dr Lono Simatupang mengatakan, kuliner soto menyebar ke seluruh Indonesia seiring dengan penyebaran manusia. Sehingga, setiap daerah memiliki khas olahan bumbu soto sendiri.

8. Ragam jenis soto disajaikan dalam berbagai ukuran mangkok di tiap daerah yang ada di nusantara

Jarang Diketahui, 10 Fakta Unik Soto, Kuliner Akulturasi Tionghoa dan IndonesiaIlustrasi mangkuk soto nusantara. IDN Times/Anggun Puspitoningrum

Tidak hanya rasa dan isinya yang berbeda, kekhasan soto di setiap daerah di nusantara dapat dilihat dari ukuran mangkuknya. Penulis buku 100 Maknyuss Jalur Mudik bersama pakar kuliner Bondan Winarno dan Lidia Tanod pada acara Telusurasa Online yang diselenggarakan komunitas kuliner PartiGastronomi mengungkapkan, ada tiga ukuran diameter mangkuk untuk menyajikan soto mulai 12 centimeter (cm), 16-18 cm, sampai 20 cm.

9. Ternyata ada 75 jenis soto yang ada di 22 daerah di nusantara

Jarang Diketahui, 10 Fakta Unik Soto, Kuliner Akulturasi Tionghoa dan IndonesiaIlustrasi Soto Ayam khas Boyolali Jawa Tengah. IDN Times/Anggun Puspitoningrum

Dalam penelitian pakar kuliner tradisional Universitas Gadjah Mada Yogyakarta, Murdijati Gardjito berjudul ‘Profil Soto Indonesia : Fakta Pendukung Soto dalam Representasi Kuliner Indonesia’ terungkap setidaknya ada 75 jenis soto yang ada di 22 daerah di nusantara dengan total ada 48 jenis bumbu yang digunakan untuk memasak kuliner itu.

10. Mesti terdiri dari berbagai jenis empat bumbu ini mesti ada di setiap masakan soto

Jarang Diketahui, 10 Fakta Unik Soto, Kuliner Akulturasi Tionghoa dan IndonesiaYummy.co.id

Secara umum, bumbu wajib soto di antaranya bawang merah, bawang putih, jahe dan lada/merica. Namun, setiap daerah kemudian mengembangkan resep soto sesuai potensi di sana.

Dari fakta-fakta di atas, soto apa yang paling khas di daerahmu? Coba jawab di kolom komentar

Memperingati HUT ke-75 tahun Kemerdekaan Republik Indonesia, IDN Times meluncurkan kampanye #MenjagaIndonesia. Kampanye ini didasarkan atas pengalamanan unik dan bersejarah bahwa sebagai bangsa, kita merayakan Hari Ulang Tahun Kemerdekaan RI dalam situasi pandemik COVID-19, di saat mana kita bersama-sama harus membentengi diri dari serangan virus berbahaya. Di saat yang sama, banyak hal yang perlu kita jaga sebagai warga bangsa, agar tujuan proklamasi kemerdekaan RI, bisa dicapai.

Baca Juga: Resep Membuat Soto Kudus yang Bikin Badan Langsung Hangat

Topic:

  • Anggun Puspitoningrum
  • Bandot Arywono

Berita Terkini Lainnya