Comscore Tracker

10 Oleh-Oleh Khas Banjarnegara yang Unik, Purwaceng Hingga Carica

Ada kopi biji salak yang wajib kamu coba !

Banjarnegara, IDN Times - Banjarnegara merupakan salah satu kabupaten yang terletak di Jawa Tengah. Memiliki pesona Wisata alam yang menarik dan eksotis, sebagian wilayahnya merupakan Dataran tinggi sehingga menjadi daya tarik tersendiri untuk para wisatawan yang berkunjung ke daerah ini.Wilayah dengan kondisi Geografis didominasi oleh dataran tinggi membuat Kabupaten Banjarnegara sebagian besar lahannya digunakan pertanian. 

Maka tak heran daerah ini terkenal dengan hasil pertanian yang sangat berkualitas seperti sayuran dan kopi. Kopi arabika merupakan komoditas pertanian yang menjadi unggulan dan terkenal dari Banjarnegara tak heran sering diburu untuk dijadikan oleh-oleh khas dari daerah ini.

Selain Kopi, masih terdapat banyak oleh-oleh khas Banjarnegara yang tak kalah unik dan lezat. Berikut ulasan terkait oleh-oleh khas Banjarnegara yang bisa menjadi pilihan.

1. Jenang Salak

10 Oleh-Oleh Khas Banjarnegara yang Unik, Purwaceng Hingga CaricaJenang Salak (bisnisukm.com)

Jenang Salak atau yang biasa dikenal dengan Dodol, merupakan salah satu Makanan khas Banjarnegara yang memiliki cita rasa yang lezat, Proses pembuatannya juga tidak jauh berbeda dengan membuat dodol biasa.

Olahan yang berbahan dasar dari buah salak ini kerap dicari para wisatawan untuk dibawa sebagai oleh-oleh khas Banjarnegara.Harga jenang salak ini relatif murah, biasanya jenang salak cocok untuk dijadikan camilan dan dimakan dengan ditemani secangkir teh atau kopi. 

2. Carica

10 Oleh-Oleh Khas Banjarnegara yang Unik, Purwaceng Hingga CaricaCarica (carica.id)

Mendengar namanya saja sudah membuat penasaran, Carica adalah jenis pepaya yang mana hanya tumbuh di dataran tinggi Banjarnegara.

Bentuk buahnya juga terbilang kecil dari pepaya pada umumnya. Olahan dari buah carica dapat dijadikan beberapa makanan yang lezat seperti Manisan, Keripik dan sirup.

harganya yang terbilang memang menjadi incaran bagi wisatawan untuk dijadikan oleh-oleh. Olahan ini mudah dijumpai di Banjarnegara terlebih banyak supermarket atau pasar tradisional yang menjualnya.

3. Purwaceng

10 Oleh-Oleh Khas Banjarnegara yang Unik, Purwaceng Hingga CaricaPurwaceng (Ralali.com)

Purwaceng merupakan sejenis tumbuhan yang hanya ada di dataran tinggi dieng, Banjarnegara.

Tanaman ini banyak dimanfaatkan sebagai minuman herbal yang khasiatnya menambah stamina. maka tak heran purwaceng menjadi salah satu oleh-oleh yang paling dicari dari daerah Banjarnegara.

Namun, tidak semua bagian purwaceng bisa dijadikan olahan, hanya biji dan akarnya saja yang biasa diolah menjadi produk susu dan kopi, Olahan kopi purwaceng ini sangat cocok diminum saat cuaca dingin.

4. Kopi Biji Salak

10 Oleh-Oleh Khas Banjarnegara yang Unik, Purwaceng Hingga CaricaKopi Biji Salak (saguersculinarymanagementpartner.com)


Buah Salak dari Banjarnegara memang banyak dijadikan berbagai olahan yang unik dan menarik, salah satunya olahan Kopi Biji Salak.

Bahannya terbuat dari biji salak yang dihaluskan sehingga menjadi seperti bubuk kopi. selain Unik, cita rasa dari kopi ini sangat enak dan berbeda dengan kopi-kopi lainnya.

Harganya yang relatif murah dan mudah untuk ditemui di Banjarnegara, membuat olahan Kopi Biji Salak ini wajib untuk kamu bawa pulang kerumah.

5. Keripik Salak

10 Oleh-Oleh Khas Banjarnegara yang Unik, Purwaceng Hingga CaricaKeripik Salak (budparbanjarnegara.com)

Olahan buah salak dari Banjarnegara memang selalu menjadi pusat perhatian, salah satunya diolah menjadi makanan ringan yaitu keripik salak.

Keripik salak terbuat dari salak yang berkualitas bagus. Proses pembuatannya tidak jauh berbeda dengan membuat keripik pada umumnya. Namun menggunakan bahan dasar salak yang membuat camilan ini memiliki aroma yang enak dan cita rasa yang gurih.

Tidak perlu bingung untuk mencari olahan ini karena banyak terdapat di pusat oleh-oleh wisata Banjarnegara.

6. Sirup Salak

10 Oleh-Oleh Khas Banjarnegara yang Unik, Purwaceng Hingga CaricaSirup Salak (news.koranbernas.id)

Sirup Salak merupakan salah satu olahan unik khas Banjarnegara yang banyak dicari wisatawan. berbahan dasar salak yang memiliki rasa manis dan tekstur buah yang gurih membuat aromanya harum dan enak.

Jangan khawatir karena olahan sirup ini aman dan tanpa bahan pengawet. Jadi tak usah takut jika kamu ingin menyimpan lebih lama sirup ini

cara penyajian sirup ini biasa digabungkan dengan es campur dan es cendol dan dapat dinikmati untuk menyegarkan saat cuaca terik.

7. Combro Kalipalet

10 Oleh-Oleh Khas Banjarnegara yang Unik, Purwaceng Hingga CaricaCombro Kalipalet (sipendik.com)

Combro Kalipalet merupakan makanan ringan khas Banjarnegara yang sudah banyak dikenal oleh wisatawan, proses pembuatannya terbilang tidak jauh beda dengan pembuatan combro pada umumnya.

Namun, Combro Kalipalet memiliki ciri khas yaitu ukurannya yang sedikit lebih besar daripada combro pada umumnya.

Harganya juga sangat terjangkau, combro ini mudah ditemui di pasar-pasar tradisional atau di pusat oleh-oleh di sekitar kawasan Banjarnegara.

8. Kopi Robusta

10 Oleh-Oleh Khas Banjarnegara yang Unik, Purwaceng Hingga CaricaKopi Robusta (rkb.id)

Terkenal dengan beberapa wilayah pertaniannya membuat Banjarnegara menjadi daerah yang terkenal dengan pertanian kopi.

salah satu hasil pertaniannya yaitu terkenal dengan nama kopi robusta, Kopi robusta biasanya dibudidayakan di daerah yang memiliki ketinggian dibawah 1.000 mdpl.

kopi khas Banjarnegara ini memang menjadi buruan bagi para wisatawan selain aromanya yang harum kopi ini terbilang beda dari kopi lainnya. Tidak lengkap rasanya jika pergi ke Banjarnegara namu tidak membeli kopi ini.

9. Keripik Kentang

10 Oleh-Oleh Khas Banjarnegara yang Unik, Purwaceng Hingga CaricaKeripik Kentang (galautraveler.my.id)

Keripik kentang merupakan salah satu olahan makanan ringan khas Banjarnegara yang cocok dijadikan oleh oleh.

Karena olahan kentang ini menjadi salah satu favorit makanan ringan yang paling dicari oleh wisatawan. olahan keripik kentang ini terbilang beda dengan olahan keripik kentang pada umumnya.

Kamu akan melihat perbedaan mulai dari warna keripik kentang kuning dan warna keripik kentang putih. Harga makanan ini terbilang murah dan mudah ditemukan pada rumah-rumah warga.

10. Dawet Ayu

10 Oleh-Oleh Khas Banjarnegara yang Unik, Purwaceng Hingga CaricaDawet Ayu (wiradesa.co)

Dawet ayu merupakan rekomendasi terakhir oleh-oleh khas dari Banjar negara yang memiliki cita rasa yang lezat, berbahan dasar tepung beras membuat cendolnya pun lebih kenyal dan nikmat.

Es dawet ayu ini cocok disajikan saat cuaca sedang terik sehingga dapat kembali menyegarkan tubuh

Es dawet ini juga sering dijumpai di pinggir-pinggir jalan sebagai salah satu jajanan yang murah meriah di Banjarnegara.

Itulah beberapa oleh-oleh khas Banjarnegara Jawa Tengah yang unik dan menarik, cocok banget buat dibagikan ke tetangga dirumah. udah siapin bujet untuk memborongnya?

Penulis : Raga Putra Wiwaha

Topic:

  • Bunga Semesta Int
  • Bandot Arywono

Berita Terkini Lainnya