Comscore Tracker

7 Produk Juara eKuliner Awards 2021, Kreatif dan Inovatif

Dukung UMKM kuliner online Indonesia

Dalam mendukung UMKM Kuliner Online Indonesia Paxel menggelar ajang penghargaan bergengsi “eKuliner Awards 2021 Musim Lebaran” yang didukung oleh Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Republik Indonesia (Kemenparekraf).

Ajang penghargaan perdana Paxel ini telah sukses digelar dengan disiarkan secara langsung melalui Youtube Paxelco_ pada 30 Juli 2021 kemarin.

Terdapat 15 UMKM Kuliner Online dari berbagai kategori di 13 Kota di Indonesia yang mencatatkan jumlah transaksi penjualan terbesar selama periode Lebaran 2021. Kuliner dari berbagai kategori yaitu Kuliner Online Favorit Dari Kota, Kuliner Online Luar Kota Favorit Masyarakat Jabodetabek, Kuliner Online Luar Kota Favorit Masyarakat Bandung.

Jajanan tersebut lalu masuk dalam nominasi, dari kota Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang, Bekasi, Bandung, Semarang, Yogyakarta, Solo, Surabaya, Malang, Denpasar, dan Makassar.

"eKuliner ini adalah model baru di FnB bisnis untuk memberikan apresiasi bisnis ke pelaku kuliner yang telah kreatif, inovatif, dan konsisten dalam menghadapi pandemik," kata Co-Founder Paxel Zaldy Ilham Masita, Jumat (30/7/2021).

Mau tahu kuliner apa saja yang berhasil memenangi penghargaan, berikut daftar UMKM Kuliner Online pemenang penghargaan “eKuliner Awards 2021 Musim Lebaran” tujuh diantaranya IDN Times ulas untuk kalian.

Baca Juga: Survei Paxel: 52 Persen UKM Banting Stir di Tengah Pandemik COVID-19 

1. Kuliner Online Favorit Dari Kota Semarang - Asla Birdnest Tangerang

7 Produk Juara eKuliner Awards 2021, Kreatif dan InovatifAsla Birdnest (Dok. Istimewa/Paxel)

Produk minuman sarang burung walet ini dimulai sejak tahun 2019, penjualan terbanyak di luar kota seperti Jabodetabek dan Surabaya.

Penjualan meningkat di masa pandemi karena produk Asla Birdnest termasuk kategori suplemen kesehatan. Impian ke depan dapat ekspansi penjualan ke seluruh Indonesia.

2. Kuliner Online Favorit Dari Kota Solo - Ayam Bebek Pio

7 Produk Juara eKuliner Awards 2021, Kreatif dan InovatifAyam Penyet Pio. (Dok. Istimewa/Paxel)

Memulai usaha di tahun 2019, dengan total 600 porsi per hari untuk makan di tempat dan juga pemesanan online. Semenjak pandemi memulai versi frozen agar bisa dikirimkan ke luar kota bahkan keluar negeri mulai dari Singapore hingga ke Amerika, penjualan pun meningkat hingga 2000 hingga 3000 ekor ayam dan bebek per hari. Pesan untuk rekan pelaku usaha kuliner harus terus inovatif dan tekun menambah variant.

3. Kuliner Online Favorit Dari Kota Yogyakarta - Delicia Bakery

7 Produk Juara eKuliner Awards 2021, Kreatif dan InovatifDelicia Bakery (Dok. Istimewa/Paxel)

Berdiri sejak tahun 1989 dan memiliki mimpi agar penjualan online dapat lebih meningkat lagi.

Delicia Bakery percaya akan pentingnya menjaga kualitas produk, konsisten promosi produk, dan juga memberikan solusi ke konsumen di luar agar konsumen bahagia dan menjadi pelanggan setia.

4. Kuliner Online Favorit Dari Kota Surabaya - Bakwan Sowan

7 Produk Juara eKuliner Awards 2021, Kreatif dan InovatifBakwan Sowan (Dok. Istimewa/Paxel)

Bapak Albert memulai Bakwan Sowan sebagai project iseng-iseng di tahun 2016, dan mulai menjadi bisnis serius di tahun 2019. Dari awal sudah fokus ke penjualan online dan memiliki harapan 5 tahun ke depan agar cakupan usaha bisa berkembang dan dapat melayani lebih banyak customer.

Bakwan Sowan percaya bahwa konsisten dan persisten adalah kunci untuk bisnis bertahan dan berkembang.

5. Kuliner Online Favorit Dari Kota Malang - Bakso Ndeso Malang

7 Produk Juara eKuliner Awards 2021, Kreatif dan InovatifBakso Ndeso Malang. (Dok. Istimewa/Paxel)

Sudah memulai usaha di tahun 2012 dan sejak tahun 2020 mulai berjualan keluar kota.

Penjualan Bakso Ndeso Malang meningkat signifikan semenjak bekerjasama dengan Paxel. Pesan untuk pelaku kuliner lainnya, tetap semangat melewati masa pandemi dan tetap fokus agar usaha semakin berhasil.

6. Kuliner Online Favorit Dari Kota Denpasar - Babi Guling Karya Rebo

7 Produk Juara eKuliner Awards 2021, Kreatif dan InovatifBabi Guling Karya Rebo. (Dok. Istimewa/Paxel)

Babi Guling Karya Rebo berdiri sejak tahun 1991, dan memulai berjualan online di saat pandemi 2020.

Penjualan babi guling karya rebo meningkat hingga 40 persen semenjak berjualan online. Impian Babi Guling Karya Rebo adalah menciptakan produk baru yang dapat dijual online dan dikirimkan aman ke luar kota.

7. Kuliner Online Favorit Dari Kota Makassar - Bakso Ati Raja

7 Produk Juara eKuliner Awards 2021, Kreatif dan InovatifBakso Ati Raja. (Dok. Istimewa/Paxel)

Bakso Ati Raja sudah berdiri selama 15 tahun di Makassar dan mulai berjualan online di 5 tahun terakhir. Saat ini memiliki pelanggan luar kota terbanyak di Jabodetabek dan Surabaya.

Bakso Ati Raja memiliki impian agar usaha bisa lebih maju, penjualan online lebih banyak dan jangkauan luar kota bisa lebih luas lagi.

Baca Juga: Paxel dan Kemenparekraf Beri Penghargaan 13 UMKM Kuliner

Topic:

  • Bandot Arywono
  • Yogie Fadila

Berita Terkini Lainnya