Comscore Tracker

Review Sate Kambing 29 Semarang, Kuliner Khas di Tengah Kota Lama

Cita rasanya otentik banget

Sate adalah kuliner asli Indonesia yang sudah terkenal hingga ke mancanegara. Kudapan yang terbuat dari potongan daging yang disusun dengan tusukan lidi ini umumnya terbuat dari daging ayam, kambing, sapi, atau kelinci.

IDN Times berkesempatan mencicipi salah satu sate kambing terenak di Semarang yang berlokasi di tengah kawasan wisata Kota Lama. Yuk, simak review selengkapnya!

1. Berdiri di antara deretan gedung tua

Review Sate Kambing 29 Semarang, Kuliner Khas di Tengah Kota LamaIDN Times/Dhana Kencana

Kedai Sate dan Gule Kambing 29 berlokasi di kawasan Kota Lama Semarang. Berdiri sejak tahun 1992, kedai ini sempat memiliki dua cabang yaitu di Jalan Teuku Umar dan dekat Stasiun Poncol Semarang.

Kini hanya tersisa dua, yaitu kedai utama di kawasan Kota Lama dan satu cabang di Jalan Teuku Umar. IDN Times mendatangi kedai Sate dan Gule Kambing 29 yang berada di kawasan Kota Lama, tepatnya di Jalan Letjen Suprapto No. 29.

2. Lokasinya mudah dicari, tepat di seberang gedung ikonik Kota Lama Semarang

Review Sate Kambing 29 Semarang, Kuliner Khas di Tengah Kota LamaIDN Times/Dhana Kencana

Gak sulit menemukan lokasi kedai Sate dan Gule Kambing 29 meski bangunannya terbilang menjorok ke dalam. Pasalnya, kedai ini tepat berada di seberang bangunan ikonik Kota Lama Semarang, yaitu Gereja Blenduk.

Di musim liburan, Sate dan Gule Kambing 29 sangat ramai pengunjung mengingat lokasinya yang strategis dan cita rasanya memang gak perlu diragukan lagi.

IDN Times berkunjung ke sana di musim liburan akhir tahun 2019. Pengunjungnya ramai, hampir semua meja terisi. Rata-rata pelanggan yang datang adalah rombongan keluarga yang baru sedang berkeliling di kawasan Heritage Kota Lama.

3. Interiornya bikin suasana makan makin seru

Review Sate Kambing 29 Semarang, Kuliner Khas di Tengah Kota LamaIDN Times/Dhana Kencana

Interior kuno masih dipertahankan oleh pemilik Sate dan Gule Kambing 29. Ada spot unik di dalam kedai yang bikin pengunjung makin terkesan, yaitu bagian dinding yang dipenuhi pigura berisi foto bangunan-bangunan bersejarah di Kota Semarang.

Sambil menikmati olahan daging kambing yang dimasak menjadi aneka menu lezat, pengunjung bisa menambah wawasan lewat deretan pigura tersebut. Ada foto Lawang Sewu, Tugu Muda tempo dulu, dan gedung bersejarah lainnya yang mungkin kini sudah beralih fungsi.

4. Sate Daging Mulus 1/2 porsi, Rp45 ribu

Review Sate Kambing 29 Semarang, Kuliner Khas di Tengah Kota LamaIDN Times/Dhana Kencana

IDN Times memesan setengah porsi sate daging mulus dan semangkok gule daging. Harga setengah porsi sate daging mulus adalah Rp45 ribu, berisi lima tusuk sate. Untuk satu porsi penuhnya berisi 10 tusuk dengan harga Rp80 ribu.

Yang menarik dari sate kambing di kedai 29 ini adalah tekstur lembutnya dan rempah kuat yang bikin aroma daging jadi makin sedap. Selain sate daging mulus, ada juga menu sate yang berisi kombinasi daging dan jeroan.

Sate daging mulus termasuk menu favorit di sini. Potongan dagingnya cukup besar dan tebal, bumbu rempahnya kuat terasa, gurih namun legit dengan tambahan kecap. Cita rasa kecap yang digunakan pun berbeda, paduan manis dan gurihnya sangat pas.

Dinikmati bersama potongan bawang merah, cabai, dan tomat yang tersaji di piring, rasa satenya jadi makin mantap dan bikin ingin nambah.

5. Gule Kambing, Rp50 ribu

Review Sate Kambing 29 Semarang, Kuliner Khas di Tengah Kota LamaIDN Times/Dhana Kencana

Jika biasanya masakan bersantan terasa agak enek, gak berlaku untuk gule daging di Sate dan Gule 29 Semarang. Gurihnya pas dengan kuah yang gak terlalu kental. Racikan bumbu dan rempahnya menghasilkan kuah yang gurih nan segar.

Seporsi gule daging ini dijual seharga Rp50 ribu, berisi potongan daging kambing utuh dengan ukuran cukup besar. Nasi putih disajikan terpisah, bisa dipesan dengan harga Rp5.000 per piringnya.

IDN Times memesan seporsi gule kambing ini tanpa nasi. Ajaibnya, sama sekali gak bikin enek menikmati semangkok besar gule ini. Untuk pelanggan yang ingin menyantapnya sebagai teman makan nasi, semangkok gule bisa untuk dua orang.

Sate dan Gule Kambing 29 menjadi salah satu tempat makan yang sangat direkomendasikan di kawasan wisata Kota Lama Semarang. Harganya sesuai kok dengan cita rasa otentik yang ditawarkan kedai ini. Tertarik mencoba?

https://www.youtube.com/embed/No9s7LgRYYk

Topic:

  • Bandot Arywono

Berita Terkini Lainnya