Comscore Tracker

Paling Legit, Ini 10 Makanan Khas Batang Dengan Rasa "Menggigit" 

Belum afdol ke Batang kalo belum mencicipi yang satu ini!

Kota Batang merupakah salah satu kabupaten di Jawa Tengah. Kota yang berada di lintasan jalan Anyer - Panarukan atau yang akrab dikenal dengan nama Jalur Pantura. Sudah bukan rahasia lagi, jalur lintasan Anyer-Panarukan diramaikan dengan gerai - gerai yang menjual aneka makanan khas Batang.  Kira-kira apa aja sih makanan khas batang yang paling legit? Yuk, simak ulasannya!

1. Soto Tauto Khas Batang

Paling Legit, Ini 10 Makanan Khas Batang Dengan Rasa Menggigit instagram.com/eindahlestari

Soto Tauto sebagai makanan ikonik Batang menjadi salah satu pilihan makanan yang bisa dinikmati. Isian dari soto ini sendiri berupa sayur-sayuran seperti daun bawang, kol, dan juga soun sebagai pelengkap. Kuah soto yang kental dan medog membuat cita rasa soto ini semakin legit. Kamu wajib coba!

2. Surabi Kali Beluk

Paling Legit, Ini 10 Makanan Khas Batang Dengan Rasa Menggigit aslibatang.com/Surabi Kalibeluk

Perpaduan rasa manis dan gurih pada jajanan khas Batang ini membuat penikmatnya selalu dibayangi dengan kelezatannya.

Surabi ini memiliki tekstur yang lembut, serta aromanya yang menggiurkan. Jika kamu berkunjung ke Batang, jajanan ini sangat mudah ditemukan di sepanjang jalan Anyer-Panarukan.

3. Nasi Megono

Paling Legit, Ini 10 Makanan Khas Batang Dengan Rasa Menggigit id.pinterest.com

Nasi Megono merupakan kuliner khas Batang namun berasal dari Kota Pekalongan. Satu porsi hidangan ini sudah bisa membuat perutmu kenyang karena nasi dan variasi menu lauk pauk yang lengkap dan mencukupi. 

Nasi megono biasanya disajikan dengan tempe mendoan dan potongan kecil nangka muda serta ditaburkan dengan parutan kelapa di atasnya. Yummy, banget keliatannya!

4. Lontong Lamprak

Paling Legit, Ini 10 Makanan Khas Batang Dengan Rasa Menggigit indonesiatipnews.com/Lontong Lamprak

Makanan yang sudah melegenda di Kabupaten Batang ini merupakan hidangan yang selalu disajikan pada hari-hari perayaan besar,  lebaran misalnya.

Lontong Lamprak adalah jenis makanan yang cara penyajiannya cukup unik karena lontong didampingi dengan tahu rebus yang disiram dengan banyak kuah. Kuahnya sendiri memiliki cita rasa yang gurih dari santan dan sambal.

5. Soto Kebo khas Batang

Paling Legit, Ini 10 Makanan Khas Batang Dengan Rasa Menggigit instagram.com/christianz_wibisono

Makanan ini menempati urutan kelima hidangan khas Batang yang patut kamu coba! Sesuai dengan namanya, soto ini memakai daging kerbau sebagai bahan utamanya.

Sisi menarik lainnya, soto kebo khas Batang ini ternyata sudah sangat terkenal di setiap wilayah penjuru Indonesia. Wah, orang Batang pasti bangga!

Baca Juga: 5 Oleh-oleh Unik Khas Sumbawa yang Paling Digemari Wisatawan

6. Lodheh Cecek

Paling Legit, Ini 10 Makanan Khas Batang Dengan Rasa Menggigit fahmi-artcolection.blogspot.com

Makanan khas Batang berikutnya adalah lodheh cecek. Lodheh cecek dikenal sebagai menu sayur mayur berkuah yang biasanya disiramkan di atas nasi.

Namun, berbeda dengan lodheh cecek pada umumnya, makanan yang satu ini memakai nangka muda sebagai bahan utama. Terdengar unik namun soal rasa, lodheh cecek tidak diragukan.

7. Corobikang Khas Batang

Paling Legit, Ini 10 Makanan Khas Batang Dengan Rasa Menggigit Instagram.com/Monami_bakery

Makanan khas Batang yang satu ini adalah favorit dari pecinta hidangan manis. Jenis kue ini mirip dengan surabi namun berwarna-warni. Corobikang juga bisa dimakan langsung tanpa ditambahkan kuah santan seperti serabi.

 

8. Gethuk Iris

Paling Legit, Ini 10 Makanan Khas Batang Dengan Rasa Menggigit selerasa.com

Berbahan dasar dari singkong, gethuk iris menjadi cemilan khas yang sangat disukai. Olahan singkong memberikan cita rasa yang membuat nagih.

Gethuk iris sendiri merupakan singkong yang ditumbuk halus sampai kenyal kemudian ditaburi parutan kelapa yang sudah dibakar. Hmm, jadi ngiler!

9. Gethuk Mawur

Paling Legit, Ini 10 Makanan Khas Batang Dengan Rasa Menggigit inibaru.id/Getuk Mawur

Masih berbahan dasar singkong, gethuk mawur sedikit mirip dengan gethuk iris. Perbedaan dari kedua gethuk ini adalah cara pengolahannya.

Jika gethuk iris ditumbuk sampai halus, gethuk mawur ditumbuk sampai membentuk butiran-butiran yang kecil. Hidangan ini tentunya juga tak kalah enak dari cemilan tradisonal yang lain, lho!

10. Sotong Ireng

Paling Legit, Ini 10 Makanan Khas Batang Dengan Rasa Menggigit instagram.com/resty_ardyan

Makanan khas Batang terakhir ditutup dengan sajian sotong ireng. Kabupaten Batang merupakan kota yang terbentang dari Anyer sampai Panarukan, sehingga tak heran wilayah ini didominasi oleh pesisiran laut yang kerap menghasilkan berbagai olahan daging hewan laut.

Sotong Ireng ini misalnya. Yang unik dari sajian sotong ireng ini adalah proses pembuatannya. Orang Batang biasa memasak sotong ini dengan turut memasukan tintanya ke dalam panci masak sehingga cumi mengeluarkan tinta hitam. Setelah terbalurkan dengan tintanya, cumi bisa digoreng ataupun ditumis dengan bumbu sesuai selera.

Itulah aneka makanan khas Batang yang bisa jadi referensi ketika berkunjung ke Batang. Kamu pilih yang mana?

 

Penulis: Raisah Zakiah

Baca Juga: Kunjungi Kota Paser, Ini 10 Oleh-oleh yang Sayang jika Dilewatkan

Topic:

  • Bunga Semesta Int
  • Bandot Arywono

Berita Terkini Lainnya