Comscore Tracker

Resep Rempeyek Yutuk Khas Cilacap, Renyah, Gurih, Bikin Ketagihan 

Sajian dari seafood yang tinggi gizi 

Yutuk merupakan hewan yang sering dijumpai disekitar pesisir laut. Hewan ini masih satu kerabat dengan udang dan kepiting, jadi sangat baik untuk dikonsumsi karena mengandung gizi yang tinggi.

Seperti di Kabupaten Cilacap misalnya, di sana yutuk diolah menjadi makanan khas bernama rempeyek yutuk. Olahan ini memiliki cita rasa gurih, yang membuat siapa saja bakal ketagihan walaupun baru pertama kali mencobanya.

Nah, buat kamu yang penasaran dengan rasanya, namun tidak mau jauh-jauh ke Cilacap, kamu juga bisa mencoba membuatnya sendiri di rumah, lho. Berikut ini adalah resep dan cara membuatnya. 

1. Bahan-bahan yang digunakan 

Resep Rempeyek Yutuk Khas Cilacap, Renyah, Gurih, Bikin Ketagihan yutuk sebagai bahan utama rempeyek (instagram.com/ekacahyaningsih)

Bahan-bahan:

  • 500 gr yutuk yang sudah dibersihkan
  • 500 gr tepung terigu
  • 100 gr tepung kanji
  • 100 gr bawang putih
  • 15 gr lengkuas
  • 2 sdm ketumbar
  • 2 butir telur
  • 4 butir kemiri
  • Garam secukupnya
  • Minyak goreng secukupnya 

2. Membuat bumbu halus 

Resep Rempeyek Yutuk Khas Cilacap, Renyah, Gurih, Bikin Ketagihan Ilustrasi membuat bumbu halus (Instagram.com/savio_kitchen)

Langkah pertama siapkan semua bahan, kemudian buat bumbu halus dengan bahan bawang putih, lengkuas, ketumbar, kemiri, dan garam. Ulek semua bahan hingga halus, lalu sisihkan.

3. Campuran semua bahan adonan 

Resep Rempeyek Yutuk Khas Cilacap, Renyah, Gurih, Bikin Ketagihan ilustrasi campuran bahan rempeyek (instagram.com/dr_oliviaong)

Berikutnya, siapkan wadah untuk campuran adonan. Kemudian, masukkan tepung terigu dan kanji. Setelah itu, tambahkan 2 butir telur, lalu aduk hingga tercampur rata.

Jika adonan masih terlalu kental, bisa ditambahkan dengan air. Kemudian, masukkan bumbu halus ke dalamannya, lalu aduk rata.

4. Goreng adonan rempeyek yutuk 

Resep Rempeyek Yutuk Khas Cilacap, Renyah, Gurih, Bikin Ketagihan ilustrasi menggoreng (pixabay.com/ben-bryant)

Selanjutnya, siapkan wajan dan tuangkan minyak agak banyak hingga adonan terendam. Setelah dirasa cukup panas, kemudian tuangkan adonan rempeyek yutuk, dan goreng hingga yutuk berubah warna menjadi merah membara. 

5. Bisa langsung di sajikan atau bisa disimpan 

Resep Rempeyek Yutuk Khas Cilacap, Renyah, Gurih, Bikin Ketagihan rempeyek yutuk khas Cilacap (instagram.com/fredy_odot)

Setelah matang, kemudian angkat dan tiriskan. Tunggu beberapa saat hingga agak dingin, dan rempeyek yutuk pun siap untuk disantap. Jika kamu membuatnya lebih, bisa juga dimasukkan ke dalam toples untuk disimpan.

Cara membuat rempeyek yutuk ini, memang hampir sama dengan membuat rempeyek kacang dan rempeyek yang lainnya. Yang membedakan hanyalah toping yang digunakan yaitu menggunakan yutuk. Tunggu apalagi, yuk buruan coba!

Baca Juga: Resep Sop Bola-Bola Tahu, Penggugah Selera Makan Anak di Rumah

Gilang Khuatul Akhmal Photo Community Writer Gilang Khuatul Akhmal

IG: @gilang_ka24

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Bandot Arywono

Berita Terkini Lainnya