Comscore Tracker

Resep Brownies Matcha, Padu Padan Rasa Manis dengan Aroma yang Khas

Manis khas brownies dan pahit khas matcha bikin nagih!

Brownies menjadi panganan manis favorit sebagian orang. Makanan ini umumnya kental dengan rasa coklat dan memiliki bentuk persegi yang menjadi ciri khas dari brownies. Termasuk ke dalam jenis dessert ini dikenal sebagai oleh-oleh yang sangat lezat dinikmati sebagai teman minum teh di waktu istrirahat atau menjadi suguhan tamu dan acara kumpul keluarga. 

Semakin berkembangnya jaman, dunia kuliner pun ikut berkembang dalam menciptakan variasi cita rasa termasuk brownies. Salah satunya matcha, rasa yang agak pahit dan segar ini bisa dipadukan dengan brownies untuk kalian yang menggemari rasa ini.

Brownies matcha ini juga bisa menjadi alternatif untuk menikmati brownies jika kamu bosan dengan rasa orisinilnya atau hanya sekedar mencicipi resep yang baru.

Mau tahu bagaimana resep Brownies matcha? Berikut langkah-langkah untuk membuat brownis matcha di bawah ini.

Baca Juga: Resep Nasi Goreng Sapi, Menu Dengan Cita Rasa Bumbu yang Meresap!

1. Bahan-bahan yang disiapkan

Resep Brownies Matcha, Padu Padan Rasa Manis dengan Aroma yang KhasIlustrasi persiapan bahan (pexels.com/Felicity Tai)

 

Bahan-bahan yang diperlukan untuk membuat brownis matcha adalah sebagai berikut:

  • 80 gram mentega
  • 80 gram cokelat putih
  • 2 butir telur
  • 180 gram gula pasir
  • 60 gram gula palm
  • 240 gram tepung terigu 
  • 1 sendok teh ekstra vanila
  • 2 sendok makan bubuk teh matcha

2. Campurkan bahan menjadi adonan

Resep Brownies Matcha, Padu Padan Rasa Manis dengan Aroma yang KhasMencampurkan bahan adonan (pexels.com/Daria Shevtsova)

Langkah pertama yang dilakukan sebelum mencampurkan semua adonan adalah memanaskan oven pada suhu 175 derajat celsius. Lalu lelehkan mentega atau butter dengan teknik double boil atau menaruh mentega di wadah kecil di atas panci dengan air mendidih. Kemudian campurkan cokelat putih ke wadah mentega yang sudah mencair, aduk hingga merata.

Di wadah lain, masukkan telur, gula dan vanila. Mixer merata hingga adonan berubah mengembang dan pucat. Lalu campurkan cairan mentega dan cokelat putih. Aduk menggunakan spatula dengan teknik lipat hingga tercampur. Tambahkan tepung terigu dan bubuk matcha ke dalam wadah adonan. Aduk kembali dengan cara teknik lipat. 

Setelah adonan tercampur merata, tempatkan di loyang brownis ukuran 20x20 atau sesuai selera. Anda bisa menambahkan cokelat putih chips, kacang almon, keju, atau yang lainnya sebagai tambahan topping (opsional). 

Lalu panggang adonan brownis selama 25 menit.

3. Sajikan brownies matcha

Resep Brownies Matcha, Padu Padan Rasa Manis dengan Aroma yang KhasIlustrasi sajian brownis matcha (instagram.com/buzzi_sweets)

Potong brownies yang telah dipanggang matang dengan bentuk kotak-kotak. Siapkan piring saji, anda bisa meletakkan brownis ke atasnya. Tambahkan juga taburan bubuk teh matcha ke bagian atas brownies dan satu semprot krim kocok di sebelahnya, selain juga dapat menambah estetika, rasanya pun semakin kaya dan legit.

Kamu juga dapat menaruh potongan brownis di wadah khusus brownies jika diperuntukkan sebagai hadiah atau sekedar pemberian oleh-oleh kepada tamu di rumahmu.

Padu padan rasa matcha yang kuat dan segar ini pasti membuat nyaman dan rileks selagi kamu menikmati tiap gigitannya.

Baca Juga: Resep Roti Srikaya yang Lembut, Isiannya Lumer di Mulut

meidy han Photo Community Writer meidy han

"Push yourself. Don't settle." -Will Traynor

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Bandot Arywono

Berita Terkini Lainnya