Comscore Tracker

Resep Kue Pukis Ubi Ungu, Enak dan Mudah Dibuat

Rasanya manis dan gurih

Kue pukis merupakan salah satu jajanan tradisional Indonesia yang bisa kamu temukan dengan mudah di pasar atau warung.  Memiliki rasa yang manis dan gurih serta teksturnya yang empuk membuat kue tradisional satu ini bisa dinikmati oleh semua orang.

Kue pukis ternyata juga bisa lho, dikreasikan dengan menggunakan berbagai bahan yang ada. Salah satunya adalah dengan menggunakan ubi ungu. Meski dibuat dengan ubi ungu, kue pukis ini tetap memiliki rasa yang enak dan tekstur yang lembut.

Kalau penasaran dengan kue pukis ubi ungu ini, kamu bisa coba untuk membuat sendiri di rumah. Yuk, coba berkreasi dengan mengikuti resep di bawah ini!

Baca Juga: Resep Telur Kukus yang Enak dan Super Praktis, Gak Ribet Sama Sekali

1. Bahan-bahan yang diperlukan

Resep Kue Pukis Ubi Ungu, Enak dan Mudah Dibuatilustrasi bahan pukis (instagram.com/kranjangpasar.sby)

Bahan-bahan : 

  • 100 gram ubi ungu 
  • 500 gram tepung terigu protein sedang
  • 250 gram gula pasir
  • 3 butir telur
  • 1 sdt emulsifier
  • ½ sdt vanilla
  • ¼ sdt garam
  • 5 gram ragi instan
  • 500 ml santan 
  • 100 gram mentega
  • 3 lembar daun pandan

2. Campur ubi ungu dan santan

Resep Kue Pukis Ubi Ungu, Enak dan Mudah DibuatIlustrasi ubi ungu dihaluskan (cookpad.com/pipi)

 

Sebelum mencampurkan ubi ungu dan santan, kamu harus terlebih dahulu mengukus ubi ungu di panci kukus selama kurang lebih 30 menit agar matang sempurna. 

Setelah ubi ungu matang dan teksturnya empuk selanjutnya haluskan menggunakan blender. Kalau sudah benar-benar halus, taruh di wadah dan campurkan dengan santan yang sudah direbus bersama dengan daun pandan selama kurang lebih 3 menit  lalu aduk sampai merata.

 

3. Buat adonan pukis ubi ungu

Resep Kue Pukis Ubi Ungu, Enak dan Mudah DibuatIlustrasi membuat adonan (kingarthurbaking.com)

Siapkan mixer dan masukkan 3 butir telur, gula pasir, emulsifier, dan garam ke dalam mixer. Kocok bahan-bahan tersebut dengan kecepatan tinggi sampai berubah warna menjadi putih. Masukkan vanila lalu kocok lagi hingga merata.

Turunkan kecepatan mixer hingga kecepatan paling rendah, lalu masukkan ragi instan yang sebelumnya sudah dilarutkan, tepung terigu yang sudah diayak, serta campuran ubi ungu dan santan secara bertahap (tiga tahap). Matikan mixer dan masukkan mentega cair sedikit demi sedikit kemudian aduk dengan rata menggunakan spatula.

Setelah adonan berhasil dibuat, tutup menggunakan kain bersih atau plastik wrap. Diamkan adonan pukis ubi ungu selama 1 jam hingga mengembang.

 

4. Panggang adonan pukis ubi ungu

Resep Kue Pukis Ubi Ungu, Enak dan Mudah DibuatIlustrasi memanggang pukis (instagram.com/pukis_58)

Panaskan cetakan kue pukis yang sudah diolesi mentega  dengan api kecil selama 5 menit. Tuang adonan pukis ubi ungu setinggi ¾ cetakan lalu tutup.  Setelah matang, keluarkan pukis ubi ungu dari cetakan

5. Pukis ubi ungu siap dinikmati

Resep Kue Pukis Ubi Ungu, Enak dan Mudah DibuatIlustrasi sajian pukis ubi ungu (instagram.com/hobymami)

Pukis ubi ungu yang empuk sangat enak  dimakan selagi masih hangat, kamu juga bisa menambahkan berbagai macam topping sesuai dengan seleramu. Apalagi jika dinikmati dengan secangkir teh, pasti lebih nikmat.

Mudah, bukan, membuat pukis ubi ungu ini? Rasanya juga sudah pasti enak dan cocok dinikmati saat berbuka puasa. Yuk, dibuat!

 

Sanggar Sukma Photo Community Writer Sanggar Sukma

Mahasiswi

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Bandot Arywono

Berita Terkini Lainnya