Comscore Tracker

5 Trik Ampuh Menghilangkan Lemak di Perut Secara Permanen, Bye Buncit!

Jadi percaya diri, deh

Perut buncit disebabkan karena lemak yang menumpuk di perut. Keadaan ini merusak penampilan dan berdampak buruk pada kesehatan. 

Dilansir dari POPSUGAR, Eric Bowling  personal trainer tersertifikasi NASM di Ultimate Performance menyatakan, diperlukan kombinasi dan strategi antara olahraga dan pengaturan pola makan agar lemak di perut dapat luntur.

Cara mengetahui apakah lemak di perut masih normal atau tidak yaitu, dengan mengukur lingkar pinggang. Lingkar pinggang tidak lebih dari 102 Cm untuk laki-laki, dan 88 Cm untuk perempuan.

Berikut lima trik ampuh menghilangkan lemak di perut secara permanen yang dapat kamu praktikan sehari-hari, yaitu

Baca Juga: 10 Makanan Enak Pengganti Nasi untuk Diet, Anti Perut Buncit!

1. Memperhatikan kalori yang masuk dan keluar

5 Trik Ampuh Menghilangkan Lemak di Perut Secara Permanen, Bye Buncit!ilustrasi makan (pexels.com/id-id/@edi-gabriel)

Agar tidak terjadi penimbunan lemak di perut maka perlu diperhatikan kalori dari makanan yang dikonsumsi. Kalori yang keluar harus lebih besar dari yang masuk atau disebut dengan defisit kalori. 

Walau disarankan untuk defisit kalori, pastikan jangan mengonsumsi makanan kurang dari 1200 kalori bagi wanita karena akan memengaruhi metabolisme tubuh. Direktur Nutrisi di Pritikin Longevity Center Kimberly Gomer, MS, RD, LDN juga menyatakan bahwa jika seseorang patuh terhadap defisit kalori maka dia tidak hanya bisa menghilangkan lemak di perut, melainkan di seluruh bagian tubuh.

2. Batasi mengonsumsi gula

5 Trik Ampuh Menghilangkan Lemak di Perut Secara Permanen, Bye Buncit!ilustrasi makanan kue (pexels.com/id-id/pavel-danilyuk)

Cara meluntur lemak di perut selanjutnya adalah membatasi konsumsi gula. Mengonsumsi gula berlebih tidak saja menambah berat tubuh tetapi juga penimbunan lemak di perut.

Selain itu gula dapat meningkatkan insulin dalam tubuh. Peningkatan insulin ini menyebabkan resistensi insulin.

Nah, gejala paling umum dari resistensi insulin ini adalah adanya penimbunan lemak di daerah perut.

Menurut ahli gizi teregistrasi Jeanette Kimszal, jika tidak ingin lemak tertimbun di perut batasi penggunaan gula yaitu, enam sendok teh atau 25 gram perhari. Mengurangi mengonsumsi gula penting untuk membasmi lemak di perut

3. Banyak mengonsumsi makanan berserat

5 Trik Ampuh Menghilangkan Lemak di Perut Secara Permanen, Bye Buncit!ilustrasi makanan berserat(pexels.com/id-id/iamtrangdoan

Banyak mengonsumsi makanan berserat dapat membantu menghilangkan lemak di perut. Seperti telah diketahui makanan berserat bersifat mengenyang. Jumlah yang disarankan oleh para ahli sekitar enam gram per hari.

Makanan berserat tinggi bisa didapat pada kacang-kacangan, sereal, sayuran hijau, roti gandum, buah-buahan segar, ubi, dan lain-lain.

4. Olahraga kardiovaskuler

5 Trik Ampuh Menghilangkan Lemak di Perut Secara Permanen, Bye Buncit!ilustrasi olahraga (pexels.com/id-id/olly)

Menghilangkan lemak di perut memang tidak mudah. Namun, ada cara yang dapat dilakukan untuk memberantasnya. Di antaranya dengan olahraga yang berhubungan dengan kardiovaskuler seperti, renang, tenis, lari, bulutangkis, dan basket. 

Selain olahraga kardiovaskuler ada juga beberapa gerakkan sederhana yang dapat membakar lemak perut yaitu, angkat beban dan yoga

5. Cukup istirahat

5 Trik Ampuh Menghilangkan Lemak di Perut Secara Permanen, Bye Buncit!ilustrasi tidur (pexels.com/id-id/jmark)

Cukup Istirahat juga penting dalam menghilangkan lemak di perut selain olahraga dan pola makan. Lakukan istirahat dengan tidur selama tujuh hingga delapan jam semalam.
Jika kamu tidak cukup tidur maka Stres akan meningkat.

Keadaan ini membuat cepat lelah, mudah lapar, dan kekurangan energi. Jika semua itu terjadi, maka efektivitas olahraga dan pengaturan pola makan yang telah dilakukan akan terganggu sehingga usahamu menghilangkan lemak di perut jadi sia-sia.

Penimbunan lemak di perut akan membuat kamu tidak percaya diri dengan penampilanmu. Dan tidak kalah penting perut buncit akibat lemak yang tertimbun akan berdampak buruk pada kesehatan, lo. 

Baca Juga: 12 Penyebab Perut Buncit pada Perempuan yang Harus Diwaspadai

A  Nitha Nahfiah Photo Community Writer A Nitha Nahfiah

ibu rumah tangga, dengan tiga putri, sarjana teknik sipil, berkarya dan memberi manfaat untuk banyak orang

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Bandot Arywono

Berita Terkini Lainnya