Comscore Tracker

Kenali Madu Manuka dan 3 Manfaatnya untuk Tubuh, Kulit Tambah Sehat

Bermanfaat juga untuk pencernaan dan pernapasan

Madu merupakan bahan makanan alami nan menyehatkan. Sejumlah riset telah banyak menyebut banyaknya khasiat dan kandungan madu yang bermanfaat bagi kesehatan maupun kecantikan. Salah satunya adalah madu Mānuka. Kamu sudah tahu? Kalau belum, yuk kenali seluk beluk dan manfaat madu tersebut berikut ini.

1. Kualitas madu dijaga para peternak lebah

Kenali Madu Manuka dan 3 Manfaatnya untuk Tubuh, Kulit Tambah SehatPeternak madu Manuka di Selandia Baru. (dok. New Zealand Trade and Enterprise)

Madu Mānuka dihasilkan dari spesies pohon berbunga Mānuka yang berasal dari Selandia Baru. Di negara itu, madu disarikan dan diproses dengan teliti untuk memastikan kandungannya tetap terjaga dan tersimpan baik jika dikonsumsi.

Ada 9.282 kaitiaki pī--istilah dalam Bahasa Maori untuk peternak lebah--resmi dan terdaftar di Selandia Baru. Mereka mendedikasikan waktu dan keahliannya merawat kesehatan lebah dan lingkungan di sekitarnya.

Peternak lebah tersebut memperhatikan kondisi tanah, iklim, serta teknologi yang diterapkan dalam setiap tahap produksi madu Mānuka.

2. Mutu dan kualitas dikontrol pemerintah Selandia Baru

Kenali Madu Manuka dan 3 Manfaatnya untuk Tubuh, Kulit Tambah SehatBunga pohon Manuka di Selandia Baru. (dok. New Zealand Trade and Enterprise)

Keunggulan tersebut membuat Selandia Baru menjadi satu-satunya negara di dunia yang memiliki madu Mānuka berkualitas dan ilmiah. Produk madu tersebut juga dites dan disahkan oleh Kementrian Industri Primer Selandia Baru sebelum diekspor. Oleh karena itu, di setiap kemasan madu Mānuka yang dijual terdapat label informasi pengesahan lembaga tersebut.

“Selandia Baru sangat menjaga komitmen dan kepatuhannya terhadap serangkaian tindakan untuk melindungi kualitas, integritas, dan kemurnian madunya. Standar ketat dari pemerintah, industri, serta internasional terus dipenuhi untuk memastikan produk madunya dijamin sebagai salah satu yang terbaik di dunia,” kata New Zealand Trade Commissioner untuk Indonesia, New Zealand Trade and Enterprise, Diana Permana dalam keterangan resmi yang diterima IDN Times.

Baca Juga: Khasiatnya Super! Ini 5 Fungsi Madu Manuka untuk Kecantikan Kulitmu

3. Terkandung antibakterial yang tinggi

Kenali Madu Manuka dan 3 Manfaatnya untuk Tubuh, Kulit Tambah Sehatunsplash.com/Alexander Mils

Bagaimana cara mengetahui madu Mānuka berkualitas baik? Hal itu bisa dilihat dari skor Unique Mānuka Factor (UMF) dan MGO (methylglyoxal) pada kemasannya.

UMF adalah penanda kualitas yang menyertifikasi kualitas dari madu Mānuka telah memenuhi standar ketat kemurnian dan kualitas. Jika tingkat UMF makin tinggi, kandungan antibakterial madu tersebut lebih tinggi. MGO adalah salah satu antibakterial pada madu tersebut. Semakin tinggi kandungan MGO, mutu madu akan tinggi juga.

Peringkat tersebut dibuat untuk menginformasikan kepada konsumen soal kualitas dari madu Mānuka. Jadi, harus teliti dalam memilih madu sebelum mengonsumsinya. Kalau bingung, bisa dilihat pada kemasannya.

4. Meminimalisir penyakit Maag dan gangguan pencernaan

Kenali Madu Manuka dan 3 Manfaatnya untuk Tubuh, Kulit Tambah Sehatfreepik.com

Maag atau rasa terbakar di ulu hati menjadi masalah pencernaan yang umum terjadi. Selain melalui pengobatan medis, penderita penyakit tersebut banyak disarankan untuk makan dalam porsi kecil sesering mungkin.

Penyakit Maag disebabkan bakteri Helicobacter pylori atau inflammatory bowel disease (IBD) atau peradangan pada saluran usus. Jika tidak dapat diatasi, penyakit tersebut bisa berkembang menjadi masalah lainnya yang lebih berbahaya. Seperti pendarahan di saluran pencernaan.

Dengan rutin mengonsumsi madu Mānuka, kandungan konsentrasi MGO yang tinggi, yakni UMF 15+, telah terbukti melalui uji klinis mampu membunuh bakteri tersebut. Madu itu mampu menciptakan lingkungan antimikroba yang menyerang bakteri di dalam usus besar tersebut.

5. Kandungannya mampu menangani ISPA

Kenali Madu Manuka dan 3 Manfaatnya untuk Tubuh, Kulit Tambah Sehatpennmedicine.org

Madu Mānuka, secara uji klinis juga telah terbukti sebagai alternatif obat antibiotik dalam perawatan cystic fibrosis, suatu infeksi pernapasan yang disebabkan bakteri mematikan.

Berdasarkan penelitian di Universitas Oxford, madu Mānuka mengandung hidrogen peroksida yang lebih efektif menangani infeksi saluran pernapasan (ISPA) atas Upper Respiratory Tract Infection (URTI).

6. Memelihara kualitas kesehatan kulit

Kenali Madu Manuka dan 3 Manfaatnya untuk Tubuh, Kulit Tambah SehatPexels/Min An

Rupanya madu Mānuka juga dapat digunakan dalam perawatan secara topikal (pemakaian luar) permukaan kulit. Madu tersebut bisa dimanfaatkan sebagai pelembab wajah yang berjerawat.

Senyawa kimia madu Mānuka yang bersifat anti peradangan dan memiliki pH rendah dapat memperbaiki kondisi kulit.

Penggunaan madu Mānuka juga baik untuk merawat kondisi kulit lain, seperti eksim, psoriasis, kulit lutut yang kering, dan bibir pecah-pecah.

Nah, sekarang sudah tahu kan, seluk beluk madu Mānuka dan beberapa manfaatnya bagi tubuh kita. Jangan lupa jaga kesehatan, ya.

Baca Juga: 5 Manfaat Madu Manuka bagi Kesehatan dan Kecantikan, Sudah Teruji!

https://www.youtube.com/embed/1YnMg0q3r60

Topic:

  • Dhana Kencana

Berita Terkini Lainnya