Comscore Tracker

Rentan Ketularan Penyakit, Tim Medis Periksa Kesehatan Napi Lansia di Semarang 

Keluarga napi juga dipantau petugas

Semarang, IDN Times - Sejumlah petugas medis menggelar pemeriksaan kesehatan bagi para narapidana lansia yang menghuni Lapas Kelas IA Kedungpane Semarang. Cek kesehatan juga untuk memberikan terapi psikologi guna memulihkan mental mereka selama menghabiskan masa pidana.

Dari informasi pengelola Lapas Kedungpane, para narapidana juga mendapat vitamin serta diajak makan dengan gizi yang mencukupi oleh tim medis Klinik Pratama Lapas Kedungpane.

1. Napi lansia minta perhatian khusus selama di dalam penjara

Rentan Ketularan Penyakit, Tim Medis Periksa Kesehatan Napi Lansia di Semarang Unsplash/Laura Thonne

Joko, salah seorang narapidana lansia mengungkapkan, manfaat yang ia dapatkan dengan adanya layanan posyandu lansia di dalam lapas. 

"Kehidupan kami sangat diperhatikan, saya senang dengan lapas yang selalu mengedepankan layanan bagi kami yang sudah tua. Dan juga sangat butuh perhatian khusus," kata kakek berusia 61 tahun tersebut yang dipenjara 10 tahun akibat terjerat kasus pembunuhan.

Baca Juga: Corona Merebak, Napi Kedungpane Pakai Video Call untuk Hubungi Keluarganya

2. Pengelola Lapas Kedungpane cegah resiko penyakit yang dialami napi lansia

Rentan Ketularan Penyakit, Tim Medis Periksa Kesehatan Napi Lansia di Semarang Tim medis melakukan kontrol kesehatan bagi napi secara rutin. Dok Humas Lapas Kedungpane Semarang

Dadi Mulyadi, Kepala Lapas Kelas IA Kedungpane Semarang menyatakan para petugas posyandu juga sudah diperintahkan untuk mengecek kesehatan para narapidana lansia agar dapat mengetahui perkembangan kesehatan mereka. Selain itu juga diharapkan mampu memperpanjang usia harapan hidup bagi narapidana yang sudah sepuh. 

"Kita berharap bisa mencegah resiko munculnya penyakit yang parah. Apalagi kan napi-napi lansia lebih rentan terhadap penyakit," kata Dadi dalam keterangan resmi yang didapat IDN Times, Sabtu (24/10/2020). 

3. Tim medis akan rutin kontrol gula darah dan asam urat yang diderita para napi lansia

Rentan Ketularan Penyakit, Tim Medis Periksa Kesehatan Napi Lansia di Semarang Kegiatan cek kesehatan yang rutin digelar di Lapas Kedungpane. Dok Humas Lapas Kedungpane Semarang

Sedangkan menurut dr Maya, petugas medis di Klinik Pratama Lapas Kedungpane keberadaan posyandu lansia dimanfaatkan untuk memberikan pemeriksaan kesehatan multi dari kontrol tekanan darah, check-up gula darah, kadar kolesterol dan asam urat. 

"Mari kita semua selalu menjaga kesehatan dan menjalankan pola hidup sehat dengan selalu memperhatikan kebersihan diri maupun lingkungan," bebernya. 

Di sisi lain, pihaknya juga berupaya memberikan layanan kesehatan bagi para pembesuk narapidana. Terdapat tiga dokter umum dan satu dokter gigi untuk mengecek kesehatan rombongan keluarga yang membesuk ke Lapas Kedungpane. 

"Mereka datang selain buat menitipkan barang dan makanan untuk warga binaan bisa sekaligus memeriksakan kesehatannya," ujarnya. 

Baca Juga: Haru! Cinta Terhalang Jeruji Besi, Napi di Semarang Menikah di Lapas

Topic:

  • Fariz Fardianto
  • Bandot Arywono

Berita Terkini Lainnya