Comscore Tracker

Waspada! Ini 7 Tanda Kamu Memiliki Jantung yang Lemah  

Dada sering terasa sakit bisa jadi tanda jantungmu lemah

Jantung merupakan organ utama yang mempunyai peran penting bagi tubuh. Jantung bertugas untuk memompa darah ke seluruh tubuh dengan menggunakan otot-otot jantung.

Namun, jika jantung melemah maka ia akan kehilangan fungsinya untuk memompa darah. Jantung lemah atau kardiomiopati membuat otot jantung melemah sehingga tidak dapat bekerja sebagaimana mestinya. 

Penyakit ini biasanya diturunkan dan diwariskan dari orang tuanya. Pada tahap awalnya gejala jantung lemah masih belum terlihat jelas, namun pada tahap selanjutnya jantung lemah memiliki beberapa ciri-ciri sebagai berikut. 

Baca Juga: Cara RS Telogorejo Ajak IDI Kotawaringin Barat Perkuat Layanan Bedah Jantung

1. Mudah lupa 

Waspada! Ini 7 Tanda Kamu Memiliki Jantung yang Lemah  ilustrasi seseorang sedang berpikir (pexels.com/Andrea Piacquadio)

Dikarena kurangnya asupan oksigen yang dibawa darah menuju otak bisa membuat daya ingat seseorang menjadi menurun.

Hal ini tidak hanya dialami oleh orang yang sudah lanjut usia saja, namun juga dapat dialami oleh anak muda.

2. Nafsu makan berkurang   

Waspada! Ini 7 Tanda Kamu Memiliki Jantung yang Lemah  ilustrasi menu sarapan (pexels.com/Helena Lopes)

Dilansir dari UCSF Health, dikarenakan asupan darah yang menuju organ pencernaan hanya sedikit, hal ini menyebabkan penderita sering terasa kenyang atau mual. Sejumlah penderita jantung lemah juga tidak memiliki nafsu untuk makan dan berat badan yang ideal.

3. Dada terasa sakit   

Waspada! Ini 7 Tanda Kamu Memiliki Jantung yang Lemah  ilustrasi seseorang sedang memeluk dadanya (unsplash.com/Romina Farías)

Dada yang terasa sakit biasanya dirasakan penderita setelah beraktivitas yang berat atau setelah memakan makanan yang berat. Hal ini merupakan ciri-ciri dari jantung lemah yang sangat perlu untuk diwaspadai. Hal ini juga dapat memicu penyakit jantung koroner.

Apabila nyeri dada terasa saat sedang beraktivitas berat tetapi hilang saat berhenti, hal itu menunjukkan terjadi angina, seperti yang dikutip pada British Hearth Foundation.

4. Sesak napas

Waspada! Ini 7 Tanda Kamu Memiliki Jantung yang Lemah  ilustrasi seseorang sedang mengambil bernafas (pexels.com/Kelvin Valerio)

Dilansir dari Mayo Clinic bahwa sesak napas saat berbaring atau saat beraktivitas merupakan pertanda jantung lemah. Penderita jantung lemah biasanya kerap mengalami sesak napas, khususnya usai menjalankan kegiatan yang berat.

Hal ini dikarenakan lemahnya kontraksi pada jantung sehingga darah kurang terpompa dengan baik dan akhirnya banyak darah yang menyesaki paru-paru hingga mengakibatkan penderita mudah mengalami sesak nafas.

5. Mudah lelah 

Waspada! Ini 7 Tanda Kamu Memiliki Jantung yang Lemah  ilustrasi seseorang sedang lelah (unsplash.com/Adrian Swancar)

Ketika jantung tidak bisa bekerja dengan baik maka oksigen yang dibawa oleh darah tidak dapat menyebar dengan baik ke seluruh jaringan dan organ tubuh, seperti yang dikutip pada UCSF Health.

Hal ini menyebabkan fungsi kerja organ tubuh dan jaringan menjadi menurun hal ini yang menyebabkan seseorang mudah lelah. Selain itu, penderita jantung lemah juga sangat mudah berkeringat bahkan pingsan.

6. Sakit kepala 

Waspada! Ini 7 Tanda Kamu Memiliki Jantung yang Lemah  ilustrasi seseorang mengalami sakit kepala (pexels.com/Andrea Piacquadio)

Sering sakit kepala kerap membuat orang tak sadar bahwa itu merupakan ciri-ciri mempunyai jantung yang lemah.

Kurangnya asupan oksigen yang dibawa darah menuju ke otak menjadi salah satu penyebab sakit kepala. Sementara kekurangan zat seperti sodium bisa membuat seseorang menjadi kurang fokus.

7. Pembengkakan 

Waspada! Ini 7 Tanda Kamu Memiliki Jantung yang Lemah  ilustrasi seseorang sedang menyentuh kakinya (pexels.com/Cats Coming)

Pembengkakan pada tangan ataupun kaki bisa menjadi salah satu ciri kamu mempunyai jantung yang lemah. Hal ini dikarenakan terhambatnya aliran darah yang menuju ke ginjal sehingga ginjal menghasilkan hormon yang menyebabkan retensi garam dan air, seperti yang telah dikutip oleh UCSF Health.

Banyak ciri-ciri jantung lemah lainnya yang perlu kamu waspadai. Apabila kamu mengalami ciri-ciri diatas segera periksakan ke dokter terdekat karena mempunyai jantung yang lemah bisa berakibat fatal hingga menuju kematian.

Baca Juga: 11 Makanan Tinggi Kolesterol, Yang Baik Dikonsumsi dan Harus Dihindari

Oktavia Isanur Maghfiroh Photo Community Writer Oktavia Isanur Maghfiroh

just do it! // find me @oktaviaa2510

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Bandot Arywono

Berita Terkini Lainnya