Comscore Tracker

8 Tips Sederhana Menjaga Kesehatan Mata

Simple sih, tapi kadang kita yang abai

Semarang, IDN Times - Mata adalah salah satu panca indera penting dalam tubuh kita. Penglihatan kita bergantung pada kesehatan mata. Oleh karena itu, kesehatan mata sangatlah penting.

Dinas Kesehatan Provinsi Jawa Tengah membagikan tips untuk memelihara kesehatan mata. Dari laman media sosial mereka, IDN Times merangkumnya untuk kalian. Yuk simak kiatnya berikut ini.

Baca Juga: Studi: 3 Penyakit Mata Ini Bisa Sebabkan Alzheimer & Demensia

1. Rutin memeriksakan mata

8 Tips Sederhana Menjaga Kesehatan Matatwitter.com/imalanroy

Setiap orang, mulai dari anak-anak hingga usia lanjut dianjurkan agar memeriksakan mata ke dokter spesialis mata setidaknya dua tahun sekali agar kesehatan mata bisa tetap terjaga.

2. Mengonsumsi makanan bergizi

8 Tips Sederhana Menjaga Kesehatan MataUnsplash.com/Dan Gold

Asupan makanan juga berpengaruh pada kesehatan mata. Maka, konsumsi atau makanlah makanan sehat yang mengandung nutrisi seperti vitamin A, C, dan E, zin, lutein, selenium, dan asam lemak omega-3. Beberapa kandungan tersebut sangat baik untuk menjaga kesehatan mata.

Nutrisi itu bisa kalian dapatkan dengan menginsumsi sayuran, ikan salmon, tuna, telur, kacang-kacangan, dan jeruk.

3. Jangan terlalu lama menatap layar elektronik

8 Tips Sederhana Menjaga Kesehatan Matawww.optometristsclinic.com

Apabila kalian bekerja di depan komputer atau laptop sepanjang hari, maka diusahakan setiap 20 menit untuk bisa mengalihkan pandangan mata sejauh 6 meter selama 20 detik. Hal itu berguna untuk mengurangi ketegangan pada mata.

Atau cara lain adalah mengistirahatkan mata selama 15 menit setiap dua jam sekali.

4. Menggunakan kacamata hitam

8 Tips Sederhana Menjaga Kesehatan Matamrfoureyes.co.nz

Mata yang sering atau kerap terkena sinar ultraviolet dapat mengalami katarak, degenerasi makula, korneo terbakar, dan bahkan sampai terjadi kanker mata. Oleh karena itu, sebaikanya kalian menggunakan kacamata hitam yang dapat memblokir sinar Ultra Violet A (UVA) dan Ultra Violet B (UVB).

Jangan lupa juga agar mengenakan topi ketika berjalan-jalan di siang hari agar tidak terlalu terpapar sinar matahari secara langsung.

5. Tidak merokok

8 Tips Sederhana Menjaga Kesehatan Mataunsplash.com/Антон Воробьев

Merokok ternyata dapat meningkatkan risiko penyakit katarak, degenerasi makula, dan kerusakan saraf optik yang mampu menyebabkan kebutaan serta merusak retina.

6. Membuang peralatan make-up lama

8 Tips Sederhana Menjaga Kesehatan Matabeautylish.com

Bakteri dapat dengan mudah tumbuh pada alat rias atau make-up yang berbentuk cair atau krim. Jadi, buang dan ganti make-up yang sudah usang. Atau paling tidak jika sudah tiga bulan digunakan maka harus diganti.

Selain itu juga perlu diingat agar tidak meminjamkan alat rias atau make-up dari dan kepada orang lain.

7. Rajin olahraga

8 Tips Sederhana Menjaga Kesehatan Matainstagram.com/cyclonesia

Dari sebuah penelitian mengungkapkan bahwa olahraga dapat mengurangi risiko kehilangan penglihatan akibat tekanan darah tinggi, diabetes, dan kdar kolesterol yang tinggi.

8. Jangan abai pada masalah di mata

8 Tips Sederhana Menjaga Kesehatan Matahellosehat.com

Cara menjaga kesehatan mata juga dapat dilakukan dengan tidak mengabaikan berbagai masalah pada mata. Jika mata kalian terasa seperti ada butiran pasir di mata, segera bilas dengan air bersih. Apabila mata terasa gatal atau terlihat merah, atasi dengan obat tetes mata atau kompres dingin.

Cara menjaga kesehatan mata juga dapat dilakukan dengan tidak mengabaikan berbagai masalah pada mata. Jika mata kalian terasa seperti ada butiran pasir di mata, segera bilas dengan air bersih. Apabila mata terasa gatal atau terlihat merah, atasi dengan obat tetes mata atau kompres dingin.

Baca Juga: 7 Nutrisi Penting yang Kamu Butuhkan untuk Menjaga Kesehatan Mata

Topic:

  • Dhana Kencana
  • Bandot Arywono

Just For You