Comscore Tracker

10 Senjata Terkuat yang Hadir Dalam Franchise Film MCU

Ada yang bisa menghancurkan alam semesta

Marvel Cinematic Universe telah membawa banyak hal selama hampir dua dekade terakhir. Film-film keren berhasil mereka buat yang merupakan adaptasi dari komik karya mendiang Stan Lee, menyajikan pertempuran yang luar biasa dan epik.

Menghadirkan beberapa pahlawan yang kuat dan bahkan penjahat yang lebih kuat, tetapi mereka bukan apa-apa tanpa senjata mereka.

Sepanjang rilisan filmnya, MCU telah banyak menghadirkan senjata yang digunakan oleh pahlawan dan penjahat. Tak jarang senjata-senjata ini memiliki kekuatan dahsyat yang bisa memiliki efek sangat besar. Berikut adalah 10 senjata terkuat yang hadir dalam franchise film MCU.

Baca Juga: 7 Film Gagal yang Diproduksi Oleh Marvel Studios Sebelum Era MCU

1. Nano Gauntlet

10 Senjata Terkuat yang Hadir Dalam Franchise Film MCUNano Gauntlet (dok. Marvel Studios/Avengers: Endgame)

Nano Gauntlet diciptakan oleh Tony Stark, Bruce Banner dan Rocket Raccoon setelah mereka melakukan perjalanan waktu untuk mengambil Infinity Stones dari masa lalu. Nano Gauntlet digunakan oleh Hulk untuk membawa semua korban jentikan Thanos kembali. Digunakan kembali oleh Iron Man untuk menghancurkan pasukan Thanos.

Nano Gauntlet dibuat untuk menampung dan mempersenjatai Infinity Stones untuk mengembalikan separuh populasi alam semesta. Banyak resiko yang muncul dari penggunaan Nano Gauntlet, hal itu karena teknologi nano yang kuat.

Meskipun tidak dapat menampung semua kekuatan Infinity Stones, Nano Gauntlet dapat beradaptasi dengan ukuran tangan penggunanya, membuatnya lebih fleksibel. 

2. Infinity Gauntlet

10 Senjata Terkuat yang Hadir Dalam Franchise Film MCUInfinity Gauntlet (dok. Marvel Studios/Avengers: Infinity War)

Dibuat oleh Dwarves of Nidavellir, Infinity Gauntlet pertama kali terlihat di post credit scene Avengers: Age of Ultron. Dibuat untuk Thanos, itu adalah sarung tangan besar yang dirancang untuk menampung dan mempersenjatai keenam Infinity Stones.

Terbuat dari logam Uru, Infinity Gauntlet sangat kuat untuk menampung Infinity Stones. Setelah keenam Infinity Stones, itu berarti bahwa kekuatan Infinity Stones dapat digunakan oleh penggunanya.

Infinity Gauntlet memberi pengguna kekuatan penuh atas reality, souls, minds, time, power dan space stone, menjadikan Thanos memiliki kekuatan tertinggi di alam semesta. Namun, sarung tangan itu tidak dapat menahan efek Snap yang hampir fatal karena hampir membunuh Thanos.

3. Ten Rings

10 Senjata Terkuat yang Hadir Dalam Franchise Film MCUTen Rings (dok. Marvel Studios/Shang-Chi and the Legend of the Ten Rings)

Masih menjadi misteri dari mana asal senjata ini, The Ten Rings dengan cepat menjadi salah satu senjata paling kuat di MCU. Setelah dimiliki oleh Xu Wenwu, dia menggunakan cincin itu untuk menaklukkan beberapa peradaban selama berabad-abad dan menemukan organisasi kejahatan terkenal dengan nama yang sama dengan senjatanya.

The Ten Rings mampu menghasilkan ledakan energi yang kuat dan menjadi perisai. Ketika dikombinasikan dengan keterampilan seni bela diri superior Wenwu dan Shang-Chi, cincin itu membantu penggunanya dalam hal pukulan, tendangan, dan gerakan. Cincin itu memberi pemiliknya kekuatan, kecepatan, dan umur panjang.

Mampu menangkis peluru, panah, dan senjata jarak dekat. Shang-Chi mampu menghasilkan ledakan yang sangat kuat, digunakan untuk membunuh Dweller-In-Darkness, makhluk dengan kekuatan kuno yang luar biasa. 

4. Stormbreaker

10 Senjata Terkuat yang Hadir Dalam Franchise Film MCUStormbreaker (dok. Marvel Studios/Avengers: Infinity War)

Awalnya dirancang sebagai senjata untuk Raja Asgard, Stormbreaker dirancang oleh Kurcaci dari Nidavellir. Setengah palu, setengah kapak perang, senjata ini ditempa oleh Eitri, Thor dan Rocket sebelum Groot menumbuhkan lengannya dan membentuknya menjadi pegangan.

Thor menggunakan Stormbreaker dalam pertempuran Wakanda dan melawan Thanos. Stormbreaker mampu menyalurkan dan memperkuat kekuatan badai Thor. Stormbreaker juga bisa memanggil Bifrost dan teleport Thor dan teman-temannya di seluruh alam semesta.

Stormbreaker cukup tajam untuk menusuk Thanos dan memenggalnya serta cukup kuat untuk menangkis ledakan langsung dari Infinity Stones. 

5. Necroswords

10 Senjata Terkuat yang Hadir Dalam Franchise Film MCUNecroswords (dok. Marvel Studios/Thor: Ragnarok)

Dewi kematian, Hela, adalah putri Odin dan saudara perempuan Thor. Hela membantu Odin menaklukkan Nine Realms  sebelum menjadi orang yang haus akan kekuasaan. Hela mampu menghasilkan aliran Necroswords yang tampaknya tak terbatas, pedang hitam yang terbuat dari bahan yang tidak diketahui.

Necroswords sangat tajam, mampu dengan mudah menembus tubuh Asgardian dan tubuh raksasa Surtur. Hela tampaknya bisa menghasilkan semua jenis senjata jarak dekat termasuk pedang, belati, tombak, dan kapak. Tampaknya sangat sedikit yang tidak dapat dirusak oleh Necroswords. 

Pedang ini kembali digunakan oleh Gorr the God Butcher dalam film Thor: Love and Thunder. Yang mana Necroswords memegang kendali atas apa yang dilakukan oleh Gorr.

6. Mjolnir

10 Senjata Terkuat yang Hadir Dalam Franchise Film MCUMjolnir (dok. Marvel Studios/Thor)

Palu legendaris yang dipegang oleh Thor, Mjolnir adalah teman terpercayanya sepanjang film Thor, dua film Avengers pertama dan ratusan tahun sebelumnya. Awalnya digunakan oleh Hela, Mjolnir ditempa oleh Kurcaci di Nidavellir dan hampir tidak bisa dihancurkan setelah mantera yang dibuat oleh Odin sendiri.

Mjolnir memberikan manipulasi listrik dan kekuatan serta daya tahan yang luar biasa kepada penggunanya. Hanya mereka yang layak yang bisa mendapatkan kekuatan dari Mjolnir.

Listrik dari Mjolnir mampu menundukkan Thanos, merusak Ultron dan menghancurkan Chitauri Leviathan. Kekuatan Mjolnir cukup untuk memukul mundur The Destroyer, Thanos, dan Laufey the Frost Giant. 

7. Chitauri Scepter

10 Senjata Terkuat yang Hadir Dalam Franchise Film MCUChitauri Scepter (dok. Marvel Studios/The Avengers)

Terlihat di dua film Avengers pertama, Chitauri Scepter adalah senjata yang diberikan kepada Loki oleh Thanos. Itu adalah simbol kekuatan dan Loki menggunakan senjata itu untuk memimpin Chitauri dalam serangan di New York City.

Sebagai tempat meletakkan Mind Stone, Chitauri Scepter bisa menembakkan ledakan yang sangat merusak, mampu menghancurkan mobil dalam satu tembakan. Terbuat dari logam asing yang tahan lama, Chitauri Scepter cukup kuat untuk menampung Infinity Stones dan menandingi Mjolnir dalam pertempuran jarak dekat.

Chitauri Scepter bisa mencuci otak hampir semua orang yang disentuhnya, hal ini terjadi ketika Loki mempengaruhi Hawkeye dan Dr Selvig untuk membantunya menjalankan rencananya. Itu adalah senjata mematikan dan manipulatif yang didukung oleh Infinity Stones.

8. Hadron Enforcer

10 Senjata Terkuat yang Hadir Dalam Franchise Film MCUHadron Enforcer (dok. Marvel Studios/The Guardians of the Galaxy)

Pertama kali muncul dalam film Guardians of the Galaxy, Hadron Enforcer adalah senjata yang dibuat oleh Rocket Racoon dalam upayanya untuk menyelamatkan Peter Quill dan Gamora dari Ravagers. Senjata itu kemudian digunakan dalam serangan terhadap Ronan the Accuser dan Kree.

Menurut Rocket Racoon, Hadron Enforcer memiliki kekuatan untuk menghancurkan bulan. Satu tembakannya terdiri dari banyak partikel hadron, tembakannya mampu merusak dan menghancurkan orang dan barang. Hadron Enforcer mampu menghancurkan Warhammer Ronan yang dipenuhi dengan kekuatan Power Stone.

9. Thanos Sword

10 Senjata Terkuat yang Hadir Dalam Franchise Film MCUThanos Sword (dok. Marvel Studios/Avengers: Endgame)

Jauh sebelum Thanos memperoleh Infinity Gauntlet dan menghancurkan alam semesta, dia menggunakan pedang besar bermata dua dalam usahanya untuk menaklukkan dunia dan mendapatkan Infinity Stones. Pedang itu hampir setinggi Thanos dengan dua bilah panjang yang terbuat dari logam.

Thanos adalah petarung yang terampil dengan pedangnya, mampu melawan Iron Man, Captain America, dan Thor sekaligus. Pedang itu menembus dada Thor serta menangkis pukulan dari Mjolnir dan Stormbreaker. Bilahnya juga sangat tajam, dengan pedangnya Thanos mampu menembus perisai vibranium milik Captain America. 

10. Black Panther Suit

10 Senjata Terkuat yang Hadir Dalam Franchise Film MCUBlack Panther Suit (dok. Marvel Studios/Black Panther)

Dibuat oleh Shuri, setelan Black Panther adalah setelan kuat yang dikenakan oleh Black Panther. Versi pertama dari setelan ini muncul dalam film Captain America: Civil War, namun versi baru yang diperkenalkan di film Black Panther terlihat lebih kuat.

Dipakai oleh T'Challa dan terbuat dari vibranium, logam yang hampir tidak bisa dihancurkan, setelan Black Panther benar-benar fleksibel dengan cakupan tubuh penuh dan cakar yang tajam. Namun, Shuri memodifikasi setelan tersebut untuk menyimpan energi kinetik dan menyebarkannya kembali, menghasilkan gelombang energi besar yang dapat dilepaskan ke musuh. 

Nah, di atas adalah daftar 10 senjata terkuat yang hadir dalam film MCU. Menarik untuk ditunggu akankah ada senjata yang lebih kuat yang muncul dalam film-film MCU lainnya.

Baca Juga: 8 Villain di MCU Yang Tercipta Karena Kesalahan Tony Stark

Bima Kristian Pranoto Photo Community Writer Bima Kristian Pranoto

Alumni Teknik Informatika Universitas Islam Riau Ig @17bimachristian

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Bandot Arywono

Berita Terkini Lainnya